1.2K
Save the child and you save the nation - L Ron Hubbard

Inilah 10 hak anak berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB tahun 1999:

1. Hak untuk bermain

courtesy: Trixy Community

Ada banyak orang dewasa yang hanya menyuruh anak-anak untuk belajar bahkan ada yang tega mempekerjakan mereka. Sebagai orang dewasa sudah seharusnya kita memberikan waktu bahkan memfasilitasi mereka untuk bermain.

2. Hak untuk mendapatkan pendidikan

courtesy: Sahabat Anak Grogol

Masih banyak anak di dunia, khususnya di Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan yang layak. Karena itu kita sebagai orang dewasa wajib memenuhi hak mereka RulaWoman. Sebenarnya ada banyak yayasan sosial yang bergerak untuk mengajarkan anak-anak marjinal yang tidak punya kesempatan untuk merasakan bangku sekolah. Ayo ikut terlibat di dalamnya dan membantu anak-anak memenuhi haknya, RulaWoman.

3. Hak untuk mendapatkan perlindungan

courtesy: Sahabat Anak

Jika RulaWoman mendapati ada anak kecil di sekitar RulaWoman yang mendapat perlakukan yang tidak sepantasnya, RulaWoman dapat melaporkan ke pihak yang berwajib karena mendapat perlindungan adalah salah satu hak anak.

4. Hak untuk mendapatkan nama (identitas)

courtesy: sahabat anak grogol

Banyak keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan tidak terlalu memperdulikan identitas anak mereka. Banyak lembaga yang ingin menyalurkan bantuan namun membutuhkan identitas jelas dari sang anak. Ayo bantu mereka mengetahui informasi untuk mendapatkan akta kelahiran atau identitas resmi untuk anak-anak mereka.

5. Hak untuk mendapatkan status kebangsaan

Ada banyak program pemerintah yang ditujukan untuk anak-anak, namun jika anak terebut belum memiliki identitas dan belum terdaftar sebagai warga negara akan susah bagi anak tersebut mendapatkan bantuan dari pemerintah.

6. Hak untuk mendapatkan makanan

Bukan hanya sembarangan makanan yang menjadi hak anak tapi makanan sehat dan bergizi. Maka dari itu tugas kita sebagai orang dewasa harus mengedukasi anak-anak untuk tidak jajan sembarangan. Makanan yang diberikan tidak perlu mahal yang penting bergizi, berimbang, beragam dan bersih.

7. Hak untuk mendapatkan akses kesehatan

Mendapatkan kesehatan pun haruslah kita perjuangkan. Karena dengan tubuh yang sehat, anak-anak bisa berkembang dengan baik.

8. Hak untuk mendapatkan rekreasi

courtesy: sahabat anak grogol

Berekreasi dan bermain itu berbeda ya RulaWoman. Tidak perlu mahal-mahal, ajak saja ke kebun binatang atau berenang, anak-anak pasti senang.

9. Hak untuk mendapatkan kesamaan

courtesy: sahabat anak grogol

Sebagai orang dewasa kita tidka boleh membedakan anak-anak, RulaWoman. Jangan melihat latar belakang anak tersebut kalau ingin mengasihi ya RulaWoman.

10. Hak untuk memiliki peran dalam pembangunan

Ayo mulai dengarkan pendapat anak-anak RulaWoman. Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari mendengarkan pendapat mereka lho. Karena ketulusan dan kemurnian anak-anaklah yang bisa membuat kita sadar akan hal-hal di sekitar kita.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Hak Anak yang Wajib Kita Tahu Sebagai Orang Dewasa. Sudahkah Kita Berupaya Memenuhinya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wesa Theslan Bhadrasana | @wesabhadrasana

an encourager who writes about art, children, food, friendship, love, music and women. instagram: @wesabhadrasana email: wesabhadrasana@gmail.com

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar