1.8K
Sleep is that golden chain that ties health and our bodies together. - Thomas Dekker

Kamu sering merasa sulit tidur malam, padahal harus segera bangun lebih pagi keesokan harinya, RulaWoman? Selain mengurangi kafein, kamu juga bisa mencoba mendengarkan lagu-lagu tertentu yang bisa membuat kantuk lebih cepat datang dan tidur menjadi lebih nyenyak, lho. Di samping kedua hal ini, ada juga banyak cara lain yang bisa kamu praktikkan dalam keseharianmu.

Nah, apa saja ya kira-kira hal yang bisa membuat tidurmu lebih nyenyak dan nyaman?

Yuk, simak di bawah ini!

1. Mendengarkan lagu pengantar tidur

Selain memilih playlist sendiri, kamu juga bisa mengatur playlist-playlist pengantar tidur di beberapa aplikasi music streaming yang bisa kamu unduh langsung di ponsel pintarmu! Nah, ternyata ada banyak cara yang bisa memudahkan kita! Dan tidak hanya musik klasik yang bisa membuat mata mengantuk lebih awal, sebab ada beberapa lagu pop yang tak kalah asyik didengarkan sebagai pengantar tidur. Lagu-lagu yang diyakini bisa membuat mata lebih cepat mengantuk adalah lagu dengan irama lembut dan membuat pikiran menjadi lebih santai.

2. Hindari kafein dan alkohol

Hampir semua orang mengetahui bahwa kafein bisa membuat kita terjaga lebih lama, RulaWoman! Jadi, hindari kafein serta minuman yang mengandung alkohol sebelum tidur malam.

3. Jangan terlalu kenyang

Usahakan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang ringan dan tidak membuat perut terlalu kenyang. Makanan yang terlalu berat akan membuatmu terlalu kekenyangan hingga akhirnya tidak bisa tidur dengan nyaman.

4. Pastikan kasur terasa nyaman

Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah kondisi kamar, terutama kasur tempat kamu tidur. Pastikan kasurnya sudah terasa nyaman –sprei serta sarung bantal yang bersih, rapi, dan wangi. Sebab kondisi kasur yang tidak nyaman bisa juga menjadi salah satu sebab ketidaknyamanan tidur malammu, RulaWoman.

5. Atur cahaya ruangan

Matikan lampu dan biarkan ruangan dalam keadaan gelap. Sebabnya, lampu yang menyala bisa mengganggu tidur dan menghambat metabolism. Selain itu, cahaya lampu ternyata akan membuatmu lebih sering terjaga sepanjang malam!

6. Perhatikan suhu ruangan/kamar

Selain lampu ruangan, suhu ruangan juga berpengaruh lho, RulaWoman. Atur suhu pendingin ruangan sesuai keinginan dan kenyamanan tubuhmu. Jangan sampai suhu menjadi sangat dingin dan malah membuatmu kedinginan. Selain itu, jangan lupa menggunakan selimut atau kaos kaki jika terasa perlu.

7. Rileks

Tenangkan pikiran dan jangan memikirkan hal-hal yang membuatmu lelah. Ketika tubuh dan pikiran sudah terasa rileks, biasanya kantuk akan datang lebih cepat.

8. Berhenti memainkan gawai

Beberapa waktu sebelum tidur, kamu bisa menghentikan semua interaksi yang berhubungan dengan gawai. Berikan istirahat untuk mata dan pikiranmu sejenak sebelum benar-benar tertidur. Gawai seperti ponsel, tablet, laptop, dan lainnya hanya akan menghambat kenyamana tidurmu, sebab benda-benda ini memaksa mata terus bekerja.

9. Membaca buku

Jika kamu merasa bosan menunggu kantuk, membaca beberapa lembar dari buku favoritmu juga bisa dilakukan, RulaWoman! Biasanya membaca dalam keadaan tenang juga bisa membuat mata lebih cepat mengantuk.

10. Membiasakan diri dengan pola tidur yang teratur

Hal utama yang bisa kamu lakukan agar tidurmu lebih teratur dan nyenyak adalah mengatur pola tidur. Hanya kamu yang bisa tahu apa kebiasaan tubuhmu dan bagaimana pola tidur yang baik untuk dirimu sendiri. Biasakan dirimu untuk taat pada pola tidur yang teratur; tidak tidur terlalu malam, tidur yang cukup, tidak bangun terlalu siang, dan sebagainya. Dan jika ingin, kamu bisa berolahraga secara rutin, sebab hal ini juga sering disarankan oleh para ahli, RulaWoman. Berolahraga membantu tubuhmu mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari!


Itulah beberapa kiat yang bisa kamu lakukan untuk membuat kantuk lebih cepat singgah serta tidur lebih nyaman. Pada akhirnya, yang bisa kita lakukan adalah tetap menjaga pola hidup yang sehat, agar tubuh kita bekerja dan beristirahat sesuai porsinya, RulaWoman.

Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan kita sendiri, siapa lagi?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Hal Ini Bisa Membuat Kantuk Datang Lebih Cepat dan Tidurmu Menjadi Lebih Nyenyak". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?