621
"If you don't have time to read, you don't have the time (or the tools) to write. Simple as that." - Stephen King.

RulaWoman pasti memiliki seorang penulis favorit yang setiap kali penulis itu merilis satu buku, tanpa berpikir panjang kamu akan langsung membeli bukunya. Penulis-penulis semacam itu, tidak langsung menjadi seorang penulis best seller, atau penulis favorit banyak orang begitu saja. Tidak. Karena sebelum menjadi penulis terkenal, mereka juga pernah melewati masa-masa menjadi seorang penulis pemula, atau penulis amatir.

Menjadi seorang penulis pemula juga dan mengantongi sebutan tersebut selama beberapa waktu juga tidak mudah, RulaWoman. Para penulis pemula melewati hal-hal seperti; tidak bisa menulis kalimat pembuka, kehilangan sensasi menulis, atau karena jarang membaca, para penulis pemula juga akan mengalami minat untuk melanjutkan cerita yang sudah mereka buat. Sehingga pada akhirnya, cerita mereka tidak selesai dan menggantung begitu saja.

Lalu, apakah ada cara-cara tertentu untuk para penulis pemula agar tetap bersemangat dalam menulis tulisan mereka? Inilah 10 hal para penulis pemula harus tahu ketika mengalami kebuntuan dan hilangnya semangat dalam menulis.


Ingat Alasan Kenapa Kamu Menulis

Ingat Alasan Kenapa Kamu Menulis - https://pixabay.com/static/uploads/photo/2015/04/12/17/22/once-upon-a-time-719174_960_720.jpg
https://pixabay.com/static/uploads/photo/2015/04/12/17/22/once-upon-a-time-719174_960_720.jpg

Ini perlu ketika RulaWoman merasa ingin berhenti menulis karena mungkin tidak menghasilkan atau apa.

Kadang ada beberapa orang yang berpendapat bahwa mereka tidak memiliki alasan tertentu kenapa terjun ke dunia tulis menulis. Mungkin beberapa orang setuju akan hal itu, tapi beberapa orang lainnya tidak. Karena setiap satu hal pasti memiliki alasan. Walaupun alasannya hanyalah karena tugas kuliah atau karena ingin satu buku yang ingin kamu baca dan satu-satunya cara untuk mendapatkan buku itu secara gratis adalah dengan menulis satu cerita yang cocok dengan tema buku itu.

Jadi, selalu ingat alasan kamu memulai menulis bisa jadi pendorong yang kuat setiap kali kamu merasa ingin berhenti. 


Stuck? Take a Stroll

Stuck? Take A Stroll - http://www.visitwales.com/~/media/13ea4d9ae2d74758b46edab7eeabd292.ashx?as=0&h=361&w=642
http://www.visitwales.com/~/media/13ea4d9ae2d74758b46edab7eeabd292.ashx?as=0&h=361&w=642

Ya, penulis juga manusia biasa yang kadang bisa mengalami kebuntuan. 

Penulis hebat juga pasti mengalami kebuntuan setiap kali menulis. Seperti tidak bisa menuliskan ceritanya karena alurnya menjadi berantakan, atau mungkin tidak tahu bagaimana mengakhiri kisahnya dan banyak lagi. Faktor kenapa kadang kamu mengalami kebuntuan seperti ini, bisa jadi karena pikiran RulaWoman terlalu penat, terlalu banyak yang dipikirkan dan berjalan-jalan adalah salah satu dari banyak hal yang bisa dilakukan ketika mengalami hal ini. 

Jalan-jalan di taman komplek dan melihat anak-anak tetangga bermain, bisa mengurangi kepenatan yang RulaWoman alami dan sumber inspirasi biasanya juga datang ketika kamu berjalan-jalan seperti ini.


Berlibur Bersama Teman

Berlibur Bersama Teman - http://wdy.h-cdn.co/assets/cm/15/09/54f0fbd48fba0_-_1-couple-vacation-tropical-lgn.jpg
http://wdy.h-cdn.co/assets/cm/15/09/54f0fbd48fba0_-_1-couple-vacation-tropical-lgn.jpg

Ini adalah bagian dari daftar sebelumnya. 

Kamu bisa mengajak teman-teman untuk berlibur ke luar kota ataupun luar Negeri dan meninggalkan segala hal yang rumit di belakang untuk sementara saja. Kalau budget RulaWoman belum memungkinkan untuk melakukan perjalanan ke luar kota/Negeri, kamu bisa melakukan point sebelumnya. 

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Hal yang Penulis Pemula Harus Ketahui Ketika Mengalami Kebuntuan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Kia F | @kiazakia6

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar