879
"Mencegah itu lebih baik daripada mengobati"

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini tidak memandang usia. Bukan hanya kalangan usia lanjut tetapi anak muda juga kini rentan dengan penyakit jantung. Sebagai contoh adalah penyanyi Mike Mohede yang baru-baru ini dikabarkan meninggal karena penyakit jantung di usia 32 tahun dan aktris cantik Irene Justin yang juga dikabarkan meninggal karena penyakit ini padahal dia baru berusia 22 tahun.

Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk menghindari resiko penyakit jantung. Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa RulaWoman coba untuk mencegah penyakit jantung

1. Mengkonsumsi makanan omega 3

Menurut para ahli kandungan omega 3 dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Untuk menjaga kesehatan jantung, disarankan RulaWoman mengkonsumsi ikan minimal dua kali dalam seminggu. Kandungan omega 3 juga banyak terdapat pada tumbuhan seperti kacang-kacangan seperti kacang tanah, walnut, mete, kacang tanah dan kacang kenari.

2. Konsumsi Asam Folat

Asam folat merupakan salah satu dari beberapa vitamin B yang berperan sangat penting bagi tubuh. Asam folat berfungsi sebagai kofaktor enzim dalam sintesis deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA) yang berperan dalam replikasi sel. Selain itu Asam folat juga mampu menyusutkan kadar omosistein dalam darah, satu jenis asam amino yang berpontensi meningkatkan resiko penyakit jantung.

Kandungan makanan yang mengandung asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau seperti daun singkong, daun papaya, kacang panjang, daun melinjo, kangkung, sawi serta ada juga sebagian jenis polong-polongan yang mengandung asam folat. Nah buat RulaWoman yang kurang suka dengan sayuran, mulai sekarang ayo dibiasakan untuk makan sayur agar jantungnya tetap sehat.

3. Buah Strawberry

Buah strawberry merupakan buah yang mengandung antiperadangan dan antioksidan yang mampu mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

countryliving.com

4. Konsumsi Serat Larut

Konsumsi asupan serat larut dapat berperan dalam menurunkan penyakit jantung dengan cara mengikat kolesterol jahat (LDL). Jenis makanan ini bisa RulaWoman peroleh dari beras merah, roti gandum, buah-buahan yang dikonsumsi dengan kulitnya seperti pir, apel dan jambu biji maupun polong-polongan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai dan kacang merah berkulit ari.

5. Konsumsi buah delima

Tahukan RulaWoman bahwa mengkonsumsi buah delima dapat mengurangi resiko penyakit jantung? Ternyata dalam 100 gram biji delima yang dimakan secara langsung mengandung kalium 259 mg/gr yang merupakan komponen penting bagi kesehatan jantung. Pada sebuah penelitian menyebutkan, tidak adanya kemunculan penyakit jantung iskemia pada 45 orang penderita jantung iskemia yang diberi buah ini selama 3 dengan takaran 8 ons jus delima setiap harinya.

health.kompas.com

6. Saos tomat

Saos tomat yang merupakan salah satu pelengkap makanan ini ternyata juga mampu menurangi resiko penyakit jantung lho RulaWoman. Kandungan kalium yang terdapat didalamnya dapat mengurangi resiko penyakit ini. Caranya RulaWoman bisa memakan 10 sdm saos tomat dalam seminggu. Tapi ingat ya harus pilih saos tomat yang bagus dan sehat jangan sembarang.

7. Konsumsi Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksida yang baik. Selain bagus untuk kulit wajah, ternyata buah ini juga mampu mencegah terjadinya oksidasi pada hati. Kandungan asam folat pada buah ini juga memiliki fungsi untuk menghilangkan zat-zat berbahaya penyebab rusaknya dinding pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung serta diabetes. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin, RulaWoman mampu mencegah terjadinya penyakit jantung.

ketikketik.com

8. Buah Manggis

Buah manggis memang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Dengan mengkonsumi buah manggis dapat mengembalikan elastisitas pembuluh darah melalui antimikorbial dan antioksidan yang akhirnya resiko penyakit jantung akan berkurang.

pixabay.com

9. Buah Melon

Buah melon adalah salah satu buah yang mengandung antikoagulan yang disebut adenosine. Kandungan ini berperan untuk menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah melon secara rutin, RulaWoman dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga memperkecil timbulnya jantung.

10. Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan salah satu makanan yang mungkin banyak tidak disukai karena bau yang kurang enak saat dikonsumsi. Tapi tahukah RulaWoman? Dari hasil studi klinis yang dilakukan pada 3 gram minyak ikan yang diberikan setiap hari pada pasien hypertensive, menunjukan bahwa kandungan omega 3 fatty acid, terutama kandungan asam Eicosapentaenoic (EPA) dan juga Docosahexaenoic acid (DHA) yang terkandung di dalam minyak ikan mampu menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Nah bagaimana dengan info di atas RulaWoman? Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan jantung kamu ya RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "10 Makanan Sehat ini Sangat Ampuh untuk Mencegah Penyakit Jantung Loh RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arvika I Resvita ES | @arvikaresvita

Part time to music and writing. Singing cover. An amateur author of fiction stories IG: arvi.resvita

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar