2.5K
Tale as old as time, song as old as rhyme, Beauty and the Beast.
photo credit: impawards

Beauty and the Beast bisa jadi adalah satu dari banyak dongeng ‘happily ever after’ versi Disney yang ceritanya melekat di hati banyak anak perempuan dan mungkin RulaWoman masih begitu ingat dengan ceritanya.

Tahun ini, RulaWoman kembali bisa menyaksikan kisah fantasy-romance and heartwarrming ala Belle dan Beast melalui versi live-action-nya, lho, setelah hampir 26 tahun sejak animasi pertamanya dirilis tahun 1991. Tapi, bagaimana kalau kita mengintip beberapa fun-facts tentang Beauty and the Beast sebelum menyaksikan film yang dibintangi oleh Emma Watson, Stevens, dan Luke Evans ini? Siap? Okay, ini dia!

1. Crew yang terlibat dalam produksi film terdiri atas 600 orang Disney animator dan artist

Para kru bahkan membutuhkan waktu empat tahun untuk menggambar dan mewarnai keseluruhan ilustrasi yang ada sebelum menggunakan teknologi komputer modern waktu itu. Beauty and the Beast merupakan film Disney kedua yang diproduksi menggunakan CAPS (Computer Animation Production System) sebuah software yang dikembangkan oleh Pixar untuk Disney. Scene di mana Belle dan Beast berdansa di ballroom adalah scene yang menggunakan teknologi ini. Untuk adegan ini saja, para kru butuh waktu selama enam bulan, RulaWoman.

photo credit: vinylmationkingdom

2. Walt Disney sudah mempertimbangkan untuk memproduksi film Beauty and the Beast dua kali

Pertama pada tahun 1930 dan kedua pada tahun 1950. Tapi, studio menyerah karena para penulisnya berpikir cerita ini begitu sulit untuk dikembangkan. Apa RulaWoman tahu kalau sebenarnya ide cerita ini sudah pernah dibuat versi live-action-nya oleh filmmaker Perancis, Jean Cocteau, jauh sebelum Disney pada akhirnya merilis versi animasinya tahun 1991?

3. Film ini adalah film animasi Disney pertama yang berhasil mendapatkan nominasi Best Picture di Oscar tahun 1992

Walaupun tidak membawa pulang penghargaan itu, tapi film arahan Don Hahn ini berhasil meraih Piala Oscar untuk kategori Best Music, Original Score dan Best Music, Original Song untuk lagu “Beauty and the Beast”. Namun, sebenarnya tidak hanya lagu itu saja yang mendapatkan nominasi, karena ada dua lagu lain yang juga dinominasikan untuk kategori yang sama yakni “Belle” dan “Be Our Guest”.

4. Film ini juga merupakan film animasi pertama yang berhasil meraih keuntungan lebih dari $100 million di box office dan $424 million keuntungan di seluruh dunia.

Mungkin itulah mengapa Beauty and the Beast disebut-sebut sebagai film animasi Disney yang cukup bergengsi.

5. Belle adalah Disney Princess kedua setelah Cinderella yang bukan keturunan keluarga kerajaan.

Sementara di tempat ketiga ditempati oleh Tiana dari The Princess and The Frog.

6. Karakter Belle terinspirasi dari karakter yang diperankan oleh Katharine Hepburn untuk film Little Women, Jo March.

Yaitu seorang perempuan yang berani dan keras kepala, tapi cerdas juga mandiri. Yang kemudian, melahirkan sosok Belle ini dan mampu menyelamatkan Beast.

Screenwriter film ini, Linda Woolverton menyatakan, “I wanted a woman of the ‘90s someone who wanted to do something other than wait for her prince to come.”

7. Angela Lansbury, yang berperan sebagai Mrs. Potts hampir tidak bisa datang untuk rekaman lagu “Beauty and the Beast” karena ancaman bom yang diterima dalam penerbangan dan kemudian menyebabkan pesawat yang ditumpanginya harus melakukan pendaratan darurat dan tidak terbang selama beberapa jam.

Saat tiba, Angela Lansbury berpikir tidak bisa merekam lagu ballad yang menjadi judul lagu untuk film ini, tapi ternyata “Beauty and the Beast" berhasil terekam dalam satu kali percobaan.

8. Belle adalah satu-satunya penduduk kota yang mengenakan pakaian berwarna biru, dengan tujuan untuk menekankan perbedaan Belle dengan penduduk kota lainnya sampai ia bertemu dengan Beast yang juga 'berbeda'.

Tapi, tidak hanya dari pakaian yang membuat karakater Belle berbeda. Dari tatanan rambutnya yang diikat juga menggambarkan kalau sosok Belle memang berbeda.

photo credit: a.dilcdn.com

9. Adegan Beast yang 'tewas' sebelum transformasinya kembali menjadi manusia begitu mengharukan.

Alasannya adalah karena Paige O’hara yang berperan menjadi pengisi suara Belle, benar-benar menangis di dalam booth recording ketika membawakan adegan itu, yang membuat crew sempat menanyakan keadaan si artis.

10. Adegan terakhir, di mana Belle dan Beast berdansa setelah tranformasi Beast ke bentuk manusianya, sebenarnya bukan animasi baru yang dibuat untuk film ini.

Tetapi itu adalah adegan yang sama yang diambil dari film Disney Princess lainnya, Sleeping Beauty, saat Aurora dan Prince Phillip berdansa.

photo credit: disney

11. Dedikasi film Beauty and the Beast tahun 1991 ini ditujukan untuk Howard Ashman, yang menulis lagu “Beauty and the Beast”.

Dedikasi yang diletakkan di credit akhir scene film tertulis, “To our friend Howard, who gave a mermaid her voice and beast his soul. We will be forever grateful.” Karena sebenarnya, tidak hanya di film ini, Howard Ashman juga menulis lagu untuk film Disney lain, yaitu The Little Mermaid. Well, dedikasi ini cukup mengharukan, RulaWoman, mengingat Howard Ashman meninggal karena AIDS di usia 40 tahun dan belum sempat menyaksikan keseluruhan akhir film sampai akhirnya lagu “Beauty and the Beast” memenangkan Oscar.

Itulah 11 fun-facts dari film Beauty and the Beast yang tanggal 17 Maret 2017 ini dirilis dan RulaWoman bisa mulai menyaksikannya di seluruh bioskop tanah air. Bagaimana RulaWoman, sudah siap untuk menyaksikan versi live-action film bersejarah ini?

photo credit: lumiere

BACA JUGA


Untuk Kamu Yang Masih Ingin Percaya Pada Tulusnya Cinta, Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Menonton film Galih dan Ratna

Untuk Kamu Yang Masih Ingin Percaya Pada Tulusnya Cinta, Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Menonton film Galih dan Ratna

Mencari pasangan memang kadang meletihkan. Apalagi dengan banyaknya pengalaman php yang pahit dan putus cinta yang nggak nyaman, membuat ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "11 Fakta Beauty and The Beast yang Perlu RulaWoman Ketahui Sebelum Filmnya Tayang Bulan Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zakia Na'im | @kiazakia6

Bagaimana menurutmu?