1.8K
Film atau sinetron kadang bisa mengajarkan sesuatu karena nilai moral dan pesan yang terselubung yang disisipkan dalam setiap episode. Serial drama Korea Goblin memang sudah berakhir sejak Januari 2017 lalu, namun ternyata ada pesan tentang hidup, cinta dan sifat laki-laki yang bisa kamu pahami dan mengerti loh dari film Goblin.

Termasuk terlambat memang, akhirnya didorong rasa penasaran, saya memutuskan untuk menonton secara keseluruhan film Goblin. Serial drama Korea yang berjudul asli Guardian : The Lonely and Great God ini langsung menyita hati dan pikiran saya, tidak hanya karena alur ceritanya yang manis, namun juga pesan cinta terselubung yang diungkap secara perlahan.

Tanpa sadar, kamu malah belajar lebih jauh lagi tentang cinta, hidup dan laki-laki dari film ini, sehingga kamu bisa lebih mengerti, rahasia kecil tentang hidup, cinta, dan bagaimana sih sikap laki-laki dalam menyikapi sebuah hubungan?

RulaWoman, inilah 12 hal tentang hidup, cinta dan sifat unik laki-laki yang bisa kamu mengerti dari film Goblin.

photo credit: Koreaboo.com


1. Laki-laki butuh waktu untuk jatuh cinta

Istilah cinta pada pandangan pertama atau setelah kencan pertama sepertinya terlalu naif. Alias nggak ada. Kamu adalah seseorang yang terlalu ge-er kalau menyangka hal ini bisa terjadi dengan mudah dan begitu saja.

Laki-laki butuh waktu untuk jatuh cinta, dan kala laki-laki sudah mencintai, keragu-raguan itu sudah tidak ada dan iapun tahu, kamu adalah cinta pertamanya.

2. Secerewet apapun kamu, seberisik apapun kamu, laki-laki yang mencintai kamu tidak akan pernah keberatan akan hal itu

Hal ini terlihat pada episode ketika Eun-Tak nggak sengaja terbawa ke Canada. Sebagai ABG yang nggak pernah keluar negeri dan mendadak ada di Canada, tingkah laku Eun Tak sangat lucu. Walau di depan Eun Tak, si Mas Goblin nggak banyak bicara, namun ia malah menuruti dan memperhatikannya dari jauh.

"The Physics of love" by Kim In-Yok
The size of a mass is not proportional to its volume. That little girl as small as a violet. That little girl that flutters like a flower petal. Pulls me with a mass greater than the Earth movement. I, like Newton's apple, I rolled over her without stopping, until I fell for her. With a thump..with a thump.. My heart keeps bouncing between the sky and the ground.. continued to swing like a pendulum. It was first love.."
poto credit: Goblin KTN

3. Dalam diamnya sekalipun, laki-laki yang mencintai kamu akan memperhatikan setiap katamu loh

Mulai dari kata-kata asal Eun Tak tentang cinta pertama yang nggak akan selamanya, sampai keinginan dia untuk menjadi produser di stasiun radio, semuanya diingat oleh Mas Goblin.

Tapi sebenarnya hal ini juga berlaku untuk laki-laki lain. Walau ia terlihat acuh padamu, tapi kalau kamu berarti baginya, ia akan hapal dengan hal-hal kecil yang menjadi perhatian kamu dan ingat dengan apa yang menjadi keingian kamu. Dan jangan tanya bagaimanakah supportnya habis-habisan untuk mendukung kamu dan melihat kamu berhasil adalah kebahagiaan tersendiri baginya.

4. Iya, laki-laki suka bohong, tapi untuk melindungi perempuan yang dicintainya dari kesedihan

Mas Goblin nggak pernah mau memberitahukan pada Eun Tak kalau saat ia menarik pedang itu dari jantungnya, maka ia akan hilang menjadi debu. Eun Tak mengetahuinya kemudian dari Grim Reaper. Namun Mas Goblin sengaja tidak pernah memberitahukannya pada Eun Tak semata karena ia tidak ingin menghapus kebahagiaan itu dari wajahnya, dan nggak ingin menyakitinya.

Seringkali laki-laki menjadi terlihat nggak jujur seperti ini, untuk melindungi kamu dari rasa sedih, sakit kecewa atau hal-hal yang membuat kamu marah. Film ini mengajarkan kalau kamu memang harus membiarkan dan percaya, kalau apapun yang ia, orang yang mencintai kamu lakukan, adalah untuk melindungi kamu dan untuk kebahagiaan kamu. Walau terkadang di mata kamu itu adalah hal yang salah.

Jangan lupa ya RulaWoman, bagi laki-laki, melihat kamu bahagia itulah yang membuatnya bahagia.

5. Perempuan itu adalah mahluk hidup yang sering berhalusinasi

Hal ini bisa kamu lihat di beberapa episode ketika Eun-Tak cemburu pada Mas Goblin dan terus mencecarnya tentang cinta pertama si Mas Goblin. Ia sudah memutuskan secara sepihak tentang pandangannya dan langsung kesal sendiri tanpa pernah memberikan kesempatan pada si Mas Goblin untuk menjelaskan.

Ini perempuan banget. Coba dipikirkan, seberapa sering kamu ber'halusinasi' dan berkesimpulan sendiri padahal pasangan kamu sama sekali nggak seperti yang kamu pikirkan atau bayangkan?

6. Kalau kamu adalah seseorang yang berarti, kapanpun kamu minta, laki-laki yang mencintai kamu akan selalu ada untuk kamu dan menjadikan kamu prioritasnya

photo credit theJakartapost

Bukan karena Eun-Tak bisa dengan mudah memanggil Mas Goblin hanya dengan meniup nyala api ya. Tapi bagaimana seseorang yang bisa kamu sebut pasangan selalu ada untuk kamu dan selalu ingin menjadi pahlawanmu, walaupun dia nggak punya kemampuan mengontrol cuaca, berpindah tempat dalam sekejap dan memiliki pedang Goblin.

Tapi ia selalu ada untukmu, dan selalu berusaha membuatmu bahagia. Keberadaannya adalah investasinya yang terbesar untuk kamu, dan ia dengan senang hati menghentikan semua pekerjaannya saat itu hanya untuk kamu.

Bahkan dia nggak akan merasa sungkan untuk meminta bantuan sahabatnya demi menjaga kamu untuknya.

7. Perempuan selalu butuh status, laki-laki nggak butuh karena dia tahu apa yang ada di hatinya itu siapa

Berulang kali Eun-Tak 'menagih janji' pada Mas Goblin tentang permintaannya memiliki kekasih. Padahal sebagai penonton kamu juga bisa melihat betapalah cintanya si Mas Goblin ini pada Eun Tak. Mulai dari kemarahannya yang timbul akibat Eun Tak berkencan dengan temannya si pemain baseball, atau kata-kata nyeplos yang Mas Goblin katakan kalau,"Kamu lupa ya pacar kamu Goblin." Atau beberapa kali kecemburuannya yang timbul.

Caranya memandang dan menunggui Eun Tak dengan senyum tipis dari kejauhan, caranya berjalan di sisi Eun Tak, dan semua cara yang ia lakukan untuk menyenangkan gadis itu mulai dari mengelus kepalanya seperti yang Eun Tak minta, dan lain-lain.

Sebagai perempuan, seringkali kamu nggak peka dengan hal-hal kecil yang sebenarnya berarti dan lebih nyata daripada status. Hanya saja, malah kamu yang sering lalai akan hal itu.

8. Laki-laki yang serius dan tahu apa yang ia inginkan, nggak mencari perempuan cantik

Wajah kadang menjadi sumber alasan seorang perempuan untuk tidak merasa cantik, nggak pede, minder dan lain-lain. Padahal cantik bukan selalunya menjadi alasan seorang laki-laki untuk jatuh cinta pada kamu. Kepribadian kamu, karakter kamu, dan sifat serta sikap kamu yang menjadikan diri kamu apa adanyalah yang mampu membuat seorang laki-laki untuk jatuh cinta pada kamu.

Kamu nggak butuh rumus apapun untuk membuat seorang laki-laki jatuh cinta pada kamu. Kamu hanya perlu percaya dan mencintai diri kamu sendiri terlebih dahulu sebelum ada laki-laki yang bisa mencintai kamu. Pertanyaannya adalah: apakah kamu tahu apa yang kamu inginkan? Dan apakah kamu cukup mencintai diri kamu sendiri?

9. Laki-laki juga bisa kok sakit dan sedih gara-gara cinta

Perempuan sering lupa, kalau laki-laki punya perasaan juga. Dan perasaannya ini seringkali nggak diungkap untuk konsumsi publik. Kalau kamu menontonnya di film, memang terlihat dan mungkin kamu malah bergumam, "Ah ini kan di film saja."

Tapi laki-laki juga punya hati kok RulaWoman. Banyak lagu cinta yang tercipta itu berdasar dari patah hati laki-laki yang mendalam, atau cintanya yang mendalam. Jadi, jangan pernah berpikir kalau hanya kamu saja yang bisa merasakan patah hati ya RulaWoman.

10. Cinta itu layak untuk ditunggu

Berhentilah bertanya kapan cinta itu datang, RulaWoman. Karena cinta itu layak ditunggu. Kebahagiaan yang akan kamu dapatkan ketika kamu jatuh cinta dan (akhirnya) menemukan seseorang yang benar-benar mencintai kamu, itu akan dengan mudah menghapus segala sedih kamu. Dan kamu akan mengerti, kesedihan bersamanya adalah juga bagian dari kebahagiaan kamu bersamanya.

Sehingga cinta itu, walau 100 tahun, 200 tahun akan sangat layak untuk ditunggu. Karena kamu tahu, kebahagiaan itu ada untuk kamu, dan nggak ada yang bisa menggantikan kebahagiaan itu karena cinta itu membahagiakan kamu.

photo credit:drama Goblin Kpopstarz.com

11. Pikiran boleh lupa, tapi hati kamu nggak akan pernah lupa

Kalau kamu percaya dengan reinkarnasi atau kehidupan kembali, pikiran kamu nggak akan ingat apa-apa. Tapi ternyata hati kamu nggak pernah lupa. Rasa sakit yang timbul tanpa sebab karena melihat seseorang atau ke suatu tempat, padahal otak kamu sendiripun bingung kenapa mendadak kamu merasa sedih, itu hati kamu yang bicara.

Kamu mungkin mengklaim sudah move on dan nggak cinta lagi sama mantan misalnya, tapi luka yang timbul akibat semua kenangan manis dan pahit itu masih ada loh RulaWoman. Nggak hilang sebegitu saja seperti pikiran yang dengan mudah melupakan. Dan cara terbaik untuk melenyapkan rasa sedih, marah dan kecewa itu adalah dengan mema'afkan.

Ini ternyata dalam adegan Kim Sun atau Sunny yang mendadak merasa sedih, atau si Mas Grim Reaper yang mendadak menangis kala pertama kali melihat Sunny, atau kala Eun Tak mendadak menangis hanya gara-gara hujan turun.

Eun-Tak mungkin dibuat lupa dengan sengaja tentang segala memorynya akan Mas Goblin, setelah ia menarik pedang itu dari jantungnya dan Goblin menghilang. Tapi hatinya nggak lupa akan cintanya dan cinta Goblin untuknya, dan janji Goblin padanya.

12. Destiny and faith

Kadang memang manusia seringkali memaksakan apa yang diinginkannya sehingga lupa ada kuasa yang lebih besar, yaitu takdir.

Often we tried so hard to reach something that seems within our hands, we forgot to let destiny takes controls in our life. 'Pemaksaan' diri terhadap yang 'seharusnya' terjadi inilah yang cenderung membuat manusia merasa kecewa, sedih, sakit, marah, dan lain-lain, yang justru mengambil hal-hal terbaik dari dirinya.

Percaya atau beriman pada Tuhan, adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan pada saat semuanya tidak berjalan seperti yang kamu inginkan. Pasrah, bukan berarti menyerah.

Jadi RulaWoman, untuk kamu yang masih merasa belum menemukan Mas Goblin untukmu, percayalah bahwa ada seseorang di luar sana yang mampu mencintai kamu apa adanya, dengan segala kekurangan dan kelebihan kamu. Percayalah bahwa kamu layak untuk dicintai, dan kebahagiaan itu ada untuk kamu.

Apabila kamu diminta untuk memilih antara cinta dan kesedihan, apa yang akan kamu pilih? Pilihkan Sadlove atau cinta yang ada kesedihannya. Karena kesedihan itu nggak akan menetap berlama-lama, dan bagaimana orang-orang hidup serta menjadikan setiap detik dari hidupnya itu berharga, itulah yang terpenting. Karena bahagia itu, ada karena cinta itu ada.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "12 Hal Tentang Cinta Dan Laki-laki Yang Bisa Kamu Pahami dan Mengerti dari film Goblin". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm a Wealth Assets Management, a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar