1.8K
"There is no cure for love other than marriage." Níl leigheas ar an ngrá ach pós adh - Irish Saying

Saat umur sudah menginjak kepala dua, seperti saya, salah satu hal yang menjadi bahan pikiran aalah pernikahan. Mulai dari banyaknya pernikahan teman SMP, SMA, kuliah, yang harus dihadiri. Dilanjutkan mengenai baju apa yang akan dipakai ke acara pernikahan mereka. Lalu galau antara memberikan hadiah atau uang. Hingga berpikir "Kapan ya giliran saya menikah?." Kamu juga begitu tidak, RulaWoman? Berhubung saya tidak pacaran, tapi saya juga ingin tahu seperti apa seru dan tidak serunya menikah itu. Maka saya rasa salah satu cara mengetahuinya ialah dengan membaca novel.

Novel memang fiksi, namun segala kejadian pada novel tersebut pastinya terinspirasi dari kehidupan nyata bukan? Ya mirip seperti sinetron, yang sebenarnya buatan, tapi kok ya mirip kehidupan. Hehe. Setidaknya, begitu yang saya percaya. Lanjut mengenai pernikahan. Biasanya orang menikah setelah pacaran, ya mulai dari yang pacarannya sebentar sampan yang bertahun-tahun. Kerennya, kisah-kisah di novel yang akan saya jelaskan sama sekali tidak melalui pacaran. Waduh! Terus bagaimana ya? Hayo, apakah RulaWoman berpikir novel di bawah ini akan bercerita tentang ta'aruf alias berkenalan dengan calon pasangan secara Islam. Hehehe. Bukan juga kok. Nah, sudah penasaran belum RulaWoman? Saya saja yang jadi pembaca senyum-senyum dan ketawa sendiri saat membaca, maka saya mau ajak RulaWoman semua untuk ikut senyum-senyum hehe.

1. Cinta Masa Lalu by Nima Mumtaz

Sinopsis

Dalam kamus Dave, perempuan tak lebih dari koleksi di atas ranjang. Dengan statusnya sebagai pewaris takhta Arkhan Grup, segala hal semudah menjentikkan jari. Pertemuan dengan Viona, yang sialnya adalah sepupu dari salah satu gadis koleksinya, mengubah arti dunia Dave dalam sekejap.

Bagi Viona, malapetaka, musibah, dan kesialan adalah nama lain dari om-om brengsek yang dia benci---Dave. Karena impian, cita-cita, dan masa depannya sudah hancur. Dan sumber kekacauan itu adalah Dave.

Sayangnya, takdir kembali mempertemukan mereka setelah Viona jauh berlari.

Apakah Viona harus terus melarikan diri?

Dapatkah Dave menebus semua kesalahannya?

Bisakah cinta hadir dari masa lalu yang kelubu?




Hem, sebenarnya gambaran ceritanya seperti apa sudah terlihat sih ya di sinopsis. Ya gitu, dulunya terlibat skandal salu tiba-tiba dikemudian hari bertemu lagi. RulaWoman, mau tahu apa yang bikin saya sebagai pembaca gregetan? Jawabannya adalah, emosi karakter utamanya. Saat saya membaca, saya bingung sendiri ini kapan saling suka deh dua karakter utamanya. Gemas saya jadinya, kan mau happy ending. Tapi justru disitu letak kerennya. Karena jika yang terjadi pada tokoh utama perempuan terjadi pada RulaWoman di kehidupan nyata, saya yakin baik saya maupun RulaWoman semua akan berkelakuan sama seperti tokoh tersebut.

Saat awal-awal membaca, saya cukup serius. Namun semakin menyentuh bab-bab akhir buku mulailah saya senyum-senyum khas pembaca yang larut dalam cerita. Ceritanya romantis terutama pada bab-bab akhir buku. Saya rasa cerita dalam novel ini merupakan perpaduan unik antara logis dan romantis. Kadang ada saja bagian cerita dimana saya pikir "Ih, ini Viona kenapa marah-marah mulu, iya aja kenapa." Padahal ya kembali lagi, kalau yang dihadapi Viona itu dihadapi saya juga, saya rasa reaksi saya pun sebelas dua belas, alias sama.

2. The Unplanned Love by Jenny Thalia Faurine

Coba ya, RulaWoman bayangkan ada laki-laki ganteng dan mapan dating ke hadapan untuk menawarkan masa depan?

Fantastis ya? Berasa drama korea gitu kan ya?

Cerita antara Aruna dan Seta di novel ini benar-benar diliar dugaan saya. RulaWoman semua harus tahu apa yang Seta lakukan sampan Aruna mengganti nama Seta menjadi Setan. Hihihi. Saya juga bingung sih yang Seta lakukan itu antara romantis dan sakit jiwa. Eh, tunggu! RulaWoman jangan bayangkan orang gila di pinggir jalan ya. 'Sakit jiwa' yang saya maksud agak lain. Disbanding novel pertama, novel kedua yang saya sarankan ini cutup mengejutkan. Jalan ceritanya benar benar fresh dan original. Bukan crispy ya, kalau itu mah ayam. Saya rasa saya belum pernah membaca jalan cerita mendebarkan namun diakhiri dengan penjelasan logis seperti dalam novel ini. Saya berikan sedikit spoiler untuk RulaWoman semua yang cantik. Saat saya membaca, saya ikut berdebar tatkala Seta dengan gigih mengikuti Aruna kemana-mana. Kalau saya jadi Aruna juga saya sudah terbang ke langit ke tujuh kali ya. Namun saya khawatir, bagaimana cerita ini akan berakhir. Akan mengecewakan jika nantinya selesai dengan jalan cerita yang tidak masuk aka dan terkesan dipaksakan karena memang yang Seta lakukan benar-benar tidak masuk rasio. Ternyata, sampai akhir cerita saya malas terrena virus sneyum-senyum. Hehe.

3. A Wedding After Story by Merry Maeta Sari

Sinopsis

Menikah dengan orang yang disayangi dan menyayangi kita pasti menjadi impian semua orang. Tapi apa yang terjadi kalau kita menikah dengan orang yang tidak kenal? Demi membahagiakan orangtua, kita harus melakukannya. Itulah yang dialami oleh Aga dan Aira. Sempat kabur dari akad nikah yang kemudian digagalkan oleh keluarga, mau tidak mau pernikahan harus dilangsungkan. Ternyata pernikahan tidak seburuk yang mereka pikirkan, walaupun banyak kejadian-kejadian aneh, lucu, membahagiakan dan sedih. Kehadiran orang di masa lalu juga mewarnai pernikahan mereka.







Cerita yang bab pertamanya diawali dengan menikahnya dua orang bernama Aga dan Aira ini sangat memuaskan saya sebagai pembaca. Lalu yang lebih seru adalah bagaimana mereka menjalani kehidupan setelah mengungkapkan janji sehidup semati. Aduh, lucunya itu loh RulaWoman. Sudah tidak terhitung kapan saya senyum-senyum atau terkikik geli sendiri. Hal-Hal yang dilalui dua tokor utama saya rasa tidak seperti pernikahan kebanyakan orang, namun tetap dalam bingkai cerita yang masuk akal. Duh, saya jadi bingung harus menulis apa lagi. Sekarang saja saya sudah senyum-senyum mengingat jalan ceritanya. Yaudah, kalau RulaWoman penasaran dibaca aja deh ya.


Catatan: Tiga novel tersebut saya baca sekali lapa tanpa berhenti dalam 3 hari berturut-turut.

Sumber Gambar: www.elexmedia.id


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3 Novel tentang Pernikahan yang Anti-Mainstream dan Kamu Nggak akan Sangka Jalan Ceritanya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dian Ratna Mahita | @drmahita

An alumni of Business Administration major who loves to read, learn to write, and having a dream to be a businesswoman slash lecturer.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar