1.1K
Selain sebagai penyedap cerita, film Jepang dan Korea juga kerap menyajikan satu film khusus yang bertema makanan.

Negara Jepang dan Korea Selatan dengan cerdas menyebarkan budaya mereka melalui film, dan sebenarnya kita pasti juga berharap di masa depan ada banyak film Indonesia yang memperkenalkan makanan-makanan khas dari Sabang sampai Merauke ke kancah internasional dengan cara cantik seperti yang mereka lakukan. Mereka kerap memasukkan adegan makan yang membuat para penonton lapar, ingin mencicipi rasanya, dan akhirnya menuntun pada ramainya restauran Jepang dan Korea di berbagai tempat di berbagai belahan dunia.

Selain sebagai penyedap cerita, ada pula film Jepang dan Korea yang khusus menjadikan makanan tradisional mereka sebagai tema utama. Bukan hanya bikin lapar, film-film ini juga bisa jadi guru bagi kamu yang ingin menjajal masak sendiri makanan Jepang dan Korea. Makanan itulah yang menggerakkan cerita dalam film-film tersebut sehingga banyak detil tentang cara pengolahannya yang bisa kamu pelajari. Untuk kamu yang hobi masak, film-film ini wajib masuk dalam daftar film yang kamu tonton berulang-ulang.

1. Sweet Bean (2015)

Photo credit: The Epoch Times

Ingat dengan dorayaki, kue kesukaan Doraemon? Nah, dalam film ini kamu akan tahu lebih banyak tentang cara pembuatan kue ini bersama dengan seorang bapak yang menjalankan gerai kecil dorayaki demi melunasi hutang, seorang nenek misterius yang pandai membuat selai kacang merah untuk dorayaki, dan seorang murid SMA yang tidak tertarik melanjutkan studinya.

2. Jiro Dreams of Sushi (2012)

Photo credit: Con El Morro Fino

Ini adalah film dokumenter yang menceritakan Jiro Ono, koki tertua di Jepang yang mendapatkan tiga bintang Michelin dan dianggap oleh banyak orang sebagai master sushi. Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibumbui dan dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, atau sayuran. Selain menyajikan detil pembuatan sushi, penonton juga diajak untuk peduli lingkungan laut, sebab tanpa ikan yang baik tidak akan ada sushi yang enak.

3. The Recipe (2010)

Photo credit: HanCinema

Seorang pekerja di industri pertelevisian mendadak jadi detektif setelah seorang narapidana yang dihukum mati mengucapkan kata doenjang sebagai kata-kata terakhirnya. Rupanya ada kisah panjang yang melibaktkan romansa cinta nan misterius dibalik doenjang tersebut. Doenjang adalah semacam sup pedas yang berisi sayuran, tahu, seafood, dan daging, biasa dimakan rakyat Korea selama musim dingin yang dingin.

4. Le Grande Chef 2 (2010)

Photo credit: HanCinema

Hampir mirip dengan serial film pertamanya, Le Grande Chef 2 juga menyajikan cerita tentang kompetisi memasak. Bedanya, film yang ini lebih fokus pada kimchi, yaitu semacam asinan khas Korea yang terbuat dari sayuran pedas dan bumbu. Bagi para penggemar drama Korea pasti sudah tidak asing dengan makanan ini, sebab kimchi hampir tidak pernah absen di dalamnya. Kimchi di negara asalnya sana memang selalu disajikan sebagai lauk bagi setiap makanan Korea.

BACA JUGA


Walau Diterjang Banyak Kritik, Temukan 7 Pesan Moral dari Film Transformers: The Last Knight!

Walau Diterjang Banyak Kritik, Temukan 7 Pesan Moral dari Film Transformers: The Last Knight!

Walau mendapatkan banyak kritikan dan rating yang rendah dari situs web penilaian film seperti IMDb, Rotten Tomatoes, dan Metacritic, film ...

Read more..

Itulah film Jepang dan Korea yang mengeksplorasi makanan tradisional mereka. Adakah yang sudah kamu tonton, RulaWoman?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "4 Film Tentang Makanan Ini Bukan Hanya Bikin Lapar tapi Juga Mengajarkan Kamu Cara Memasak Makanan Jepang dan Korea". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar