917
"Happy is the man who is living by his hobby." - George Bernard Shaw

Bekerja sesuai hobi? Tentu hal ini sangat didambakan oleh orang-orang. Banyak dari antara kita yang selama ini bekerja hanya sekedar untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak juga yang bahkan terjebak di pekerjaan yang tidak disukai sama sekali. Pernahkah terbesit di pikiranmu untuk menjadikan hobimu sebagai karir? Coba bayangkan bahagianya hidupmu mengerjakan apa yang kamu sukai dan mendapat penghasilan dari hal itu! Mungkin terdengar seperti surga, ya? Akan tetapi tunggu! Ada beberapa pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada dirimu sendiri sebelum mengalihkan hobimu menjadi sumber penghasilan! Yuk, simak di bawah ini:

1. Apakah kamu sudah cukup realistis dengan rencanamu?

Salah satu alasan orang-orang meninggalkan pekerjaan di perusahaannya adalah keinginan untuk menjadi their own boss atau sering disebut wirausahawan. Tapi, masih banyak yang mengira dengan menjadi wirausahawan dan melakukan hal yang selama ini mereka idamkan, mereka akan mendapatkan kebebasan. Padahal, ketika kamu membangun bisnismu sendiri jadwalmu akan semakin padat dengan perencanaan-perencanaan. Bahkan di saat luang, kamu akan terus memikirkan bagaimana bisnismu akan terus berjalan. Apalagi bila bisnis masih dalam tahap awal, jangan berharap kamu bisa berlibur sesukamu. Kamu malah harus mengerahkan energi dan pikiranmu di setiap waktu. Tentu jika bisnismu sudah lancar dan stabil, kamu bisa meningkatkan keseluruhan kualitas hidupmu. Namun hal itu tak bisa dicapai hanya semalam. Kamu harus realistis akan berapa lama kamu harus berjuang untuk meraih tujuanmu.

2. Relakah kamu untuk mulai dari bawah?

Kamu mungkin adalah seorang yang sangat menguasai hobimu. Namun ketika orang-orang mulai membayar untuk jasamu, kamu harus beradaptasi dengan standard yang baru. Jangan berharap kamu akan langsung sukses dengan skill yang kamu punya. Kamu harus terbuka dengan pengalaman-pengalaman baru melalui program magang maupun mentoring. Posisi yang kamu tinggalkan untuk hobimu mungkin cukup tinggi, tapi ketika kamu mulai dari awal, kamu tentu juga akan melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil dan teknis.

3. Apakah kamu benar-benar ingin merubah hobimu menjadi sebuah pekerjaan?

Hobi biasanya adalah hal-hal yang senang kamu lakukan di waktu luang untuk menyegarkan dirimu dari stressnya pekerjaan, jadi... apa yang akan terjadi bila hobimu menjadi pekerjaanmu? Apakah hal itu akan membuatmu bahagia dengan pekerjaanmu? Atau malah kamu menjadi tidak lagi menikmati hobimu seperti dulu? Mungkin saja yang terjadi adalah dilema antara keduanya. Contoh, diri saya sendiri. Saya sangat suka menggambar. Setiap saya membuat hasil karya untuk teman-teman dan keluarga, semua mendukung saya untuk menjadikan hobi saya ini sumber penghasilan. Namun, ketika saya mulai mendapat penghasilan dari hobi ini, dan memikirkan diri saya harus menghidupi diri saya lewat menggambar, hobi saya mulai menjadi sebuah beban bagi saya. Dan selagi menggambar pelan-pelan berubah menjadi tanggung jawab, saya malah berakhir menemukan hobi baru.

4. Siapkah kamu dengan naik turunnya perjalanan karirmu?

Seperti pekerjaan-pekerjaan lainnya, pasti akan terjadi pencapaian-pencapaian maupun kejatuhan. Semakin passionate kamu dengan pekerjaanmu, apapun yang terjadi akan semakin mempengaruhimu secara personal. Ketika kamu mengorbankan darah, keringat, dan air mata untuk membangun karir impianmu, tiap pencapaian akan membuat kamu sangat bahagia... Dan tentu saja, setiap kejatuhan dan kritik dapat membuatmu sangat frustasi.


Bekerja di perusahaan orang lain pastinya adalah jalan yang paling aman di hidupmu. Namun, membebaskan diri dari keamanan tersebut dan memulai perjalanan mencapai mimpi akan sangat memuaskan, penuh tantangan, dan kadang juga menakutkan. Namun ingat, jangan ada yang kamu sesali! Persiapkan dengan baik apapun yang kamu ingin raih dan nikmati segala prosesnya!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "4 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Merubah Hobimu Menjadi Pekerjaan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Michele Gracia | @michelegrc

Creative Writing & Visual Design Enthusiast. Self Love Practitioner. A mad part time blogger on www.gegegila.com. Occasionally release my narcissism on instagram @gegegrc.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar