411
Kalau kamu tidak bisa memelihara kucing atau anjing, ikan jadi alternatif hewan peliharaan yang cocok buat kamu, nih. Berikut alasannya.

Tahukah kamu, tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Ikan Nasional? Omong-omong ikan, hewan yang tidak bisa hidup tanpa air ini termasuk salah satu yang langganan jadi hewan peliharaan. Meskipun pada umumnya kucing dan anjing menjadi peliharaan favorit banyak perempuan. Kucing mungkin memiliki kepribadian yang menjengkelkan seperti gemar mencakar atau suka buat onar saat malam hari, tetapi mereka bisa jadi teman yang baik ketika pemiliknya bersedih. Adapun anjing dikenal sebagai hewan paling loyal, mereka bisa menyambut tuannya dengan penuh kegembiraan setiap kali jam pulang.

Sayangnya, pada beberapa kondisi ada sebagian orang yang tidak bisa memelihara kedua binatang ini, misalnya alergi pada bulu. Jika hal ini pula yang menimpamu, pertimbangkan untuk memelihara ikan. Inilah beberapa alasan mengapa ikan akan jadi peliharaan yang pas buat kamu.

1. Kamu menyukai ketenangan

Image source: Howcast

Ikan tidak mengeong seperti kucing dan tidak pula menyalak seperti anjing, suara-suara yang berpotensi membuat rumah jadi berisik siang dan malam. Sementara ikan sebagai peliharaan, selalu berenang dengan tenang di dalam aquariumnya. Ini cocok bagi kamu yang memang tidak suka suara berisik.

2. Kamu tidak terlalu menyukai kontak fisik

Image source: The Spruce

Saat kucing dan anjing nyaman bersama pemiliknya, mereka akan membuntuti ke manapun dia pergi bahkan sampai ke kamar mandi sekalipun. Saat kucing berputar-putar di sekitar kaki, anjing gemar menjilat muka tuannya. Hal-hal ini tentu jadi gangguan buat kamu yang kurang suka dengan kontak fisik. Ikan yang hanya bisa hidup di dalam air tentu tidak akan ribut mengerubuti kamu.

3. Kamu menyukai kebersihan

Image source: luxurybusla

Butuh banyak kesabaran sampai akhirnya kucing buang kotoran pada tempatnya. Banyak pula kejadian kucing dan anjing yang mengobrak-abrik rumah ketika ditinggal pergi. Buat kamu yang suka kebersihan dan kerapian, tentu akan dibuat jengkel dengan kelakuan kucing dan anjing yang seperti ini. Beda dengan ikan, mereka tidak bisa lari patroli rumah. Tapi jangan lupa membersihkan akuarium dengan rajin.

4. Kamu sering memilih dekat-dekat akuarium

Image source: Touropia

Kamu mungkin tidak sadar bahwa sebenarnya kamu menyukai ikan. Coba ingat-ingat, mungkin saat main ke rumah teman, kamu suka dekat-dekat dengan ikan di akuarium di ruang tamunya. Atau, mungkin saat berkunjung ke kebun binatang, kamu paling tertarik di bagian akuarium besar yang penuh dengan berbagai macam ikan. Jika memang iya, ikan akan jadi peliharaan yang menyenangkan buat kamu.

5. Kamu sangat suka film Finding Nemo

Image source: independent

Satu lagi tanda kamu suka ikan, film favorit kamu adalah Finding Nemo dan juga tentu saja, Finding Dory.

BACA JUGA


Jarang Diketahui! Inilah 4 Kesalahan yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Ikan Salmon

Jarang Diketahui! Inilah 4 Kesalahan yang Paling Sering Terjadi Saat Memasak Ikan Salmon

Kamu pecinta salmon setidaknya harus mengetahui 4 hal berikut ini

Read more..

Kalau kamu memiliki kelima alasan ini, mungkin inilah saatnya kamu memelihara ikan. Jangan lupa pelajari juga cara merawat ikan yang baik dan benar, kamu bisa bertanya pada mereka yang berpengalaman. Penjual ikan hias, misalnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Mempertimbangkan Ikan Sebagai Hewan Peliharaan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

sangat informatif | reksadana