623
Walau kamu merasa kamu masih muda, tidak ada salahnya loh kalau kamu mulai peduli dengan kesehatan jantung kamu.

Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri. Organ paling penting dan sangat berpengaruh bagi tubuh manusia ini dapat terganggu kinerjanya jika kita tidak peduli dengan kondisi dan kesehatannya. Mulai dari kebiasaan buruk yang terjadi terus-menerus hingga membuat kinerja jantung melemah, asupan makanan yang tidak seimbang serta pengaruh dari organ tidak sehat lain.

Saat jantung mulai tidak bekerja dengan baik, akan sangat terasa nyeri di bagian dada. Dan saat itu terjadi, segala pencegahan yang ingin kita lakukan akan sia-sia. Semuanya sudah terlambat, nasi sudah menjadi bubur. Nah, 6 fakta berikut bisa bikin RulaWoman peduli dan sadar untuk tidak menunda-nunda menjaga kesehatan jantung.

1. Serangan Jantung Dapat Menyerang Siapa Saja

foto sumber: brunch.co.uk


RulaWoman nggak mau kan kalau kebiasaan buruk kamu menimbulkan masalah tersembunyi yang sebetulnya sangat berbahaya bagi tubuh? Satu masalah yang paling krusial ini adalah terjadinya serangan jantung. Serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak dan sering disebut gagal jantung. Sehat atau sakit, tua atau muda, memiliki kemungkinan yang sama untuk mengalami serangan jantung. Lakukan olahraga rutin seperti lari pagi untuk mengontrol detak jantungmu, RulaWoman.

2. Makanan Cepat Saji

Saat ini, makanan cepat saji atau junk food tersebar dimana-mana dan sangat mudah ditemukan. Makanan cepat saji dengan berbagai macam bentuk, jenis, warna dan nama yang unik memang membuat penasaran untuk segera dicoba. Tapi makanan cepat saji yang enak dan tampilan yang menarik saja tidak pernah menjamin makanan itu sehat untuk tubuh apalagi jantung, RulaWoman. Please, hindari makanan yang digoreng, cemilan bergaram dan daging. Konsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung seperti salmon, tomat, minyak zaitun, gandum, almond, dan apel

foto sumber: dailyhetaishi.com

3. Merokok

Semua orang tahu bahwa merokok sama sekali tidak ada untungnya bagi tubuh. Tapi banyak orang juga tetap tidak mempedulikan fakta tersebut padahal jelas-jelas dalam setiap iklan rokok di televisi atau reklame besar dipinggir jalan raya tertulis merokok berbahaya bagi tubuh dan jantung, apalagi RulaWoman yang sedang hamil, asap rokok yang masuk kedalam tubuh sangat membahayakan bagi janin. Kebiasan buruk ini harus segera dihentikan jika RulaWoman memang sayang dengan jantungmu.

4. Begadang

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya, begadang boleh saja, kalau ada perlunya.”

Lirik lagu dari Bang H. Rhoma Irama itu memang benar. Begadang sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan. Kondisi demikian dapat mempertinggi resiko terkena serangan jantung seperti point pertama diatas. Pola tidur yang kacau dan amat tidak beraturan tersebut juga dapat membuat kulitmu bermasalah, RulaWoman. Jam tidur yang ideal adalah 8 jam sehari, saat itulah kulit akan beregenerasi dan menghasilkan kulit yang sehat. Tentu diimbangi dengan minum air putih yang banyak ya, RulaWoman.

foto sumber: hetdaily.com

5. Gejala Penyakit Jantung

Ada beberapa gejala penyakit jantung yang tidak nampak yang sebetulnya juga patut untuk diperhatikan. Dan titik fokus tidak selalu berada pada dada, gejala tersebut akan dibarengi dengan rasa mual, rasa sesak nafas, tekanan pada dada, sakit di bahu kiri, lengan kiri, leher, rahang dan punggung, muntah, lemah, pusing, cegukan, susah bernafas dan berkeringat secara berlebih.

6. Malas Cek Kesehatan

Olahraga rutin sudah, minum air putih 8 gelas sehari sudah, makan makanan yang termasuk dalam menu 4 sehat 5 sempurna pun sudah,tapi malas untuk melakukan cek kesehatan. Itu ibarat sudah sekolah rajin tapi tidak lulus. Jangan pernah malas untuk melakukan check up kesehatan ya, RulaWoman. Karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh jika tidak memeriksakan diri ke dokter.

Nah RulaWoman, apakah kamu punya pengalaman sendiri yang kamu ingin bagi tentang kesehatan jantung kamu? Yuk di share di sini.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Fakta Berikut Bisa Bikin Kamu Mulai Peduli Sama Kesehatan Jantung". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Siti Yulianingsih | @styulians

A student of Accountancy STIE Ahmad Dahlan. A Staff of Finance PT Dapur Cokelat. A writer at Storial.co.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar