Banyak orang beranggapan bahwa untuk menjadi seorang public relations harus pandai berbicara. Sebagian orang yang merasa dirinya introvert jadi enggan untuk memilih jurusan ini ketika kuliah. Tahukah RulaWoman, bahwa sebagian besar orang yang menjadi public speaker adalah orang-orang yang memiliki sifat introvert? Bagaimana mungkin mereka yang tadinya pendiam dan tidak mudah bergaul bisa menjadi orang yang berani tampil di depan khalayak umum? 6 tips ini mungkin jawabannya.


1. Asah Skill Public Speaking

1. Asah Skill Public Speaking - https://pixabay.com/en/microphone-mic-dynamic-audio-398738/
https://pixabay.com/en/microphone-mic-dynamic-audio-398738/

Menjadi orang yang pandai berbicara bisa diasah lho. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah kemampuan berbicara di depan publik, salah satunya dengan mengikuti seminar atau workshop. Kamu juga bisa mengikuti kursus public speaking.


2. Jangan Malu dan Takut Bertemu Orang Baru

2. Jangan Malu Dan Takut Bertemu Orang Baru - https://pixabay.com/en/office-meeting-business-partners-336368/
https://pixabay.com/en/office-meeting-business-partners-336368/

Jangan malu dan takut kalau kamu harus datang ke sebuah acara seminar, workshop atau conference sendirian. Jangan terpaku pada temanmu yang tidak mau diajak pergi. Kamu gak perlu khawatir akan benar-benar sendirian, karena kamu bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama denganmu.


3. Networking Is Not About Collecting Contacts. Networking Is About Planting Relations.

3. Networking Is Not About Collecting Contacts. Networking Is About Planting Relations. -

Perbanyaklah pertemanan dan pergaulan kamu. Ketika menghadiri sebuah event dimana bisa menjaring pertemanan, manfaatkanlah situasi tersebut sebaik mungkin. Jangan hanya sekedar tukar-menukar kontak setelah itu tidak pernah berkabar lagi. Teruslah jalin silaturahmi karena siapa tau kamu bisa bekerja sama dengannya suatu hari nanti.


4. Kata Siapa Jadi PR Harus Bermodalkan Paras Cantik dan Menawan?

4. Kata Siapa Jadi PR Harus Bermodalkan Paras Cantik Dan Menawan? -

Kebanyakan orang berpendapat bahwa untuk menjadi seorang public relations kamu harus mempunyai paras cantik dan menawan, tinggi menjulang bak model professional dan harus fashionable. Ingat! Cantik saja tidak cukup jika tidak berwawasan luas. Berpenampilan menarik memang penting tapi tidak artinya jika kamu sebagai PR tidak mampu bernegosiasi, menjalin kerjasama dengan stakeholder dan cepat tanggap jika perusahaan dimana tempat kamu bekerja terjadi masalah.


5. Belajar Mengungkapkan Isi Hatimu

5. Belajar Mengungkapkan Isi Hatimu -

RulaWoman pasti pernah merasa ingin mengajukan pendapat tapi takut untuk mengatakannya? Dengan alasan, pendapatmu tidak akan didengar atau pendapatmu tidak bagus daripada teman-temanmu. Mulai sekarang coba deh belajar buat berani mengungkapkan isi hatimu. Berani untuk berkontribusi menyumbangkan ide dan gagasan kamu. Tidak ada pendapat atau ide yang buruk kok! Contoh kecil untuk berani mengeluarkan suara pendapat kamu adalah dengan berani menegur anak kecil maupun orang dewasa jika mereka membuang sampah sembarangan.


6. Belajar Menjadi Seorang PR Melalui Organisasi atau Komunitas

6. Belajar Menjadi Seorang PR Melalui Organisasi Atau Komunitas -

Sebelum terjun ke dunia profesional, RulaWoman bisa belajar menjadi seorang PR yang nyata melalui organisasi atau komunitas yang ada di dalam kampus maupun luar kampus. Coba cari organisasi atau komunitas yang sesuai dengan minat kamu. Apa yang kamu lakukan di komunitas gak beda jauh kok dengan apa yang dilakuin oleh seorang praktisi PR di dunia profesional.


RulaWoman, kamu bisa jadi apapun sesuai apa yang kamu inginkan jika kamu yakin bahwa kamu memang bisa dan pantas untuk itu. Jangan dengarkan apa kata orang lain. Ketahuilah isi hatimu. Masa depanmu, kamu yang menentukan bukan orang lain. Terus belajar dan perbaiki diri agar apa yang RulaWoman inginkan bisa terwujud. Tetap semangat!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Tips Bagi Introvert yang Ingin Berkarir Sebagai Public Relations". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


AYU WIDYA PRATIWI | @ayuwidyapr

part time student - full time volunteer

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar