1K
Saat orang lain membuatmu merasa kecil dan tidak berarti karena pekerjaan yang kamu jalani saat ini, sebaiknya kamu tidak usah terlalu memikirkan perkataan mereka. Ini alasannya.

Keberadaan manusia didefinisikan berdasarkan apa yang mereka kerjakan dalam hidupnya. Maka tidak mengherankan semua orang menginginkan karir yang bagus, bagus untuk dikerjakan sekaligus bagus di kantong. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa diambil, tetapi pandangan orang selalu berbeda. Perbedaan memang niscaya dan inilah yang kemudian selalu memunculkan perdebatan di antara orang-orang.

Kamu yang baru lulus kuliah, boleh saja menapaki karir di bidang broadcasting, perusahaan start-up, atau pendidikan. Kamu juga boleh saja membangun bisnis kuliner, kosmetik, lini fashion, atau toko online. Kamu pun diperbolehkan mengambil jalur indie, modelling, seni peran, maupun cabang seni yang lain. Kamu bahkan tak masalah mengambil pekerjaan yang melenceng jauh dari jurusanmu di bangku kuliah. Namun percayalah, di luar sana akan selalu ada orang-orang yang memandang sebelah mata pekerjaanmu. Mereka mungkin akan membuatmu merasa kecil dan tidak berarti. Oleh karenanya, kamu tidak usah terlalu memikirkan perkataan mereka. Ini alasannya.

1. Semakin didengar, semakin menjauhkanmu dari karir impian yang membawa kesuksesan

Photo credit: Frisuren und Haarschnitt

Orang-orang yang melontarkan perkataan buruk tentang kamu dan pekerjaanmu seperti sedang melempar tali kekang. Jika kamu menerima tali tersebut berarti kamu mengizinkan mereka untuk membelenggu semangat dan kreativitasmu dalam berkarya. Kamu akan selalu takut menjadi bahan olokan orang lain sehingga kamu ragu melangkah. Alhasil, karirmu hanya jalan di tempat dan membuat perkataan buruk mereka jadi nyata.

2. Sukses tidak dibangun secara instan

Photo credit: News Prepper

Hanya mi instan yang bisa dinikmati tanpa menunggu waktu lama. Kamu yang baru saja memasuki gerbang dunia kerja memiliki kondisi seperti bayi yang baru lahir. Untuk bisa berjalan, seorang bayi melalui banyak tahap. Awalnya belajar tengkurap, lalu menyangga kepala, merangkak, barulah mulai berjalan dan berlari. Jika kamu menyerah di tahap pertama, kamu tidak akan sampai di tahap berlari hingga sukses dalam berkarir.

3. Suara sumbang akan selalu ada

Photo credit: The Mighty

Ada berbagai tipe orang di dunia ini. Salah satunya adalah orang yang tidak percaya bahwa kamu bisa meraih sukses di masa depan. Pada orang yang seperti ini, hanya satu hal yang perlu kamu lakukan, tulikan telinga. Buktikan bahwa kamu bisa mencapai sukses dengan karir yang sedang kamu bangun saat ini.

4. Hidup terlalu singkat untuk mendengarkan hal-hal negatif

Photo credit: masterfile

Disadari atau tidak, hidup ini sangat singkat. Selagi masih bisa berkarya, sebaiknya kamu fokus pada karir impianmu saat ini daripada memperhatikan kata-kata yang bernada negatif. Selain pekerjaanmu yang menumpuk, juga ada banyak hal lain yang lebih bermanfaat daripada mendengar olok-olok orang lain. Lagipula kata-kata negatif akan berdampak buruk pada kesehatan mental. Jadi baiknya abaikan dan teruslah melangkah.

5. Apa yang baik untuk orang lain, belum tentu baik untuk dirimu

Photo credit: Pinterest

Mereka mungkin berdalih lebih tahu dari kamu, termasuk pekerjaanmu yang menurut mereka tidak memiliki prospek masa depan. Tetapi setiap orang memiliki ukuran sepatu yang berbeda, kan? Sepatu yang pas di kaki orang lain, belum tentu pas di kakimu. Hal ini juga berlaku dalam pekerjaan.

6. Kamu yang lebih tahu tentang dirimu sendiri daripada orang lain

Photo credit: Pinterest

Orang lain bisa saja memberikan bermacam-macam saran kepadamu. Namun hanya dirimu sendiri yang tahu tentang apa yang paling kamu inginkan. Untuk mendapatkannya, kamu jugalah yang paling tahu apa yang kamu butuhkan. Ingatlah bahwa kamu adalah pribadi yang bebas merdeka tanpa disetir oleh pendapat buruk orang lain.

7. Ini hidupmu, bukan hidup mereka

Photo credit: Flickr

Inilah yang paling penting. Ketahuilah bahwa pada akhirnya kamulah yang menjalani hidupmu, bukan mereka. Saat jatuh, kamulah yang merasakan sakitnya. Saat melewati halang rintang, kamulah yang merasakan kesulitannya. Buat dirimu juga mendapatkan hasil yang baik dari jerih payah tersebut sehingga kamu bisa merasakan bahagia.

Nah, RulaWoman, tetaplah fokus pada hal yang kamu yakini sampai karir impian dan cita-citamu terwujud!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Mendengarkan Mereka Yang Mengecilkan Kamu Saat Kamu Baru Membangun Karir". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar