485
Mulai dari musik lokal, K-Pop, J-Pop, Billboard, banyak perempuan yang mengisi posisi vokal dalam band pop/rock. Kecantikan mereka tidak berkurang dan musik mereka asik didengarkan.

Saat disinggung tentang musik rock, biasanya yang terbayang adalah sekumpulan anak lelaki dengan tampilan serba hitam dan memainkan musik cadas. Namun di era keterbukaan dan kebebasan berpendapat seperti sekarang, musik rock bukan lagi jadi barang tabu bagi perempuan yang identik dengan kesan feminin. Justru gabungan dari dua hal yang berbeda tersebut menghasilkan musik yang tak kalah asik untuk didengarkan. Mulai dari performa musik lokal yang kerap masuk televisi nasional, K-Pop yang identik dengan group band dan koreografi, J-Pop yang mempelopori lahirnya K-Pop, sampai musik di tangga lagu Billboard, banyak perempuan yang mengisi posisi vokal dalam band alternative aliran pop/rock. Tujuh band pop/rock ini adalah beberapa di antaranya.

1. Cokelat

Photo credit: Find Music Lyrics

Cokelat merupakan salah satu pelopor lahirnya band dengan vokalis wanita yang terbentuk pada 25 Juni 1996. Lagunya yang berjudul Karma, Jauh, dan Luka Lama jadi hits pada masanya dan menduduki puncak tangga lagu. Pada Maret 2010 Cokelat kehilangan dua orang personel, Kikan dan Ervin. Posisi Kikan sebagai vokalis digantikan Sarah Hadju, finalis Indonesian Idol Musim Keempat, yang kemudian digantikan lagi oleh Jackline hingga saat ini.

2. Kotak

Photo credit: Find Music Lyrics

Band ini terbentuk tahun 2004 melalui ajang Dream Band yang beranggotakan Cella (gitar), Ices (bas), Pare (vokal), dan Posan (drum). Namun pada tahun 2007, Kotak harus rela ditinggal oleh Ices dan Pare. Kekosongan posisi pada bass dan vokal kemudian diisi Tantri dan Chua yang kemudian justru membawa kesuksesan di industri musik tanah air. Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan suara Tantri, kan?

3. Perfume

Photo credit: Fuse TV

Perfume adalah group band perempuan asal Jepang yang identik dengan electronic dance music. Mereka membentuk group ini sejak usia 11 tahun dan memutuskan untuk rekaman sendiri secara independen selama beberapa tahun. Akhirnya bakat mereka diketahui oleh penulis lagu sekaligus produser, Nakata, yang sekarang menulis semua lagu mereka. Kini mereka memiliki banyak hit single, lagu anime, iklan, bahkan lagu mereka juga pernah muncul dalam film Disney Cars 2, dan juga menjalani tur dunia. Suara Ayano Ōmoto, Yuka Kashino and Ayaka Nishiwaki yang—bagi orang Indonesia—terlalu imut berpadu dengan musik elektro serta koreografi yang apik.

4. Scandal

Photo credit: ameblo

Group band ini awalnya terdiri dari tiga perempuan dari Osaka. Mereka adalah Haruna, Mami dan Tomomi yang berasal dari sekolah seni dan atas saran guru mereka akhirnya membentuk band ini pada tahun 2006. Kemudian mereka merekrut Rina. Hingga kini Scandal telah memiliki 10 album dan banyak menjalani empat kali tur dunia.

5. Black Pink

Photo credit: Soompi

Pecinta K-Pop pasti tidak asing dengan band yang satu ini. Black Pink adalah girlband yang dibentuk oleh YG Entertainment setelah 2NE1 bubar. Mereka beranggotakan empat orang yaitu Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rosé. Berbeda dari kebanyakan girl band Korea Selatan yang identik dengan tarian serta lagu centil dan manja, Black Pink mengusung musik dan gerakan koreografi campuran antara feminin dan maskulin.

6. Evanescence

Photo credit: Evanescence

Band ini digawangi oleh Amy Lee pada tahun 1995 dan mengalami pergantian personil berkali-kali sejak saat itu. Lagu-lagu Evanescence hampir selalu menguarkan nuansa surga dan neraka dengan irama yang menyentak sekaligus membuat bulu kuduk berdiri. Single mereka yang berjudul Bring Me To Life menuai sukses pada pertengahan tahun 2000.

7. Echosmith

Photo credit: Substream Magazine

Sidney Sierota adalah perempuan yang mendapuk vokalis dan keyboardis dalam band Echosmith. Bersama saudaranya, Jamie, Noah, dan Graham Sierota, tahun 2014 silam mereka berhasil meraih Top 20 indie pop dengan lagunya yang berjudul Cool Kids yang merupakan salah satu lagu dalam album Talking Dream (2013). September 2017 nanti mereka akan merilis album baru dengan judul Inside A Dream, yang merupakan penampilan perdana mereka tanpa Jamie karena memutuskan keluar demi fokus pada istri dan anaknya.

Nah, terbukti, kan, perempuan juga tetap cantik dengan musik aliran pop/rock? Mereka justru membawa warna baru di dunia musik dan lagu-lagu mereka tetap asik didengarkan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Band Pop/Rock dengan Vokalis Perempuan. Bukti Si Feminin Tetap Cantik Bersanding dengan Aliran Musik Keras". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar