2.6K
Jangan biarkan nyeri haid menganggu harimu. Cobalah 7 cara ini agar terbebas dari rasa sakit saat datang bulan.

Kamu sering merasa nyeri setiap kali haid atau menstruasi, RulaWoman? Tiap perempuan biasanya mengalami haid setiap bulannya, dan peristiwa ini sangat membawa pengaruh bagi tubuh; mulai dari pegal-pegal, sakit perut, nyeri, hingga masalah hormonal yang mengakibatkan sulitnya mengendalikan emosi. Tidak sedikit perempuan yang tidak bisa menahan nyeri haidnya, sehingga menganggu aktivitas sehari-hari. Nah, Jika kamu juga mengalaminya, 7 cara di bawah ini bisa kamu praktikan untuk terbebas dari rasa sakit saat datang bulan. Semua cara ini selain mudah juga sangat efektif loh RulaWoman. Namun sebelum itu kamu juga perlu tahu mengapa kamu sampai merasakan nyeri sata haid, normalkah?


Mengapa Ada Nyeri Saat Haid?

Secara umum, sebenarnya nyeri haid adalah sesuatu yang wajar karena adanya efek kontraksi otot. Setiap perempuan pasti pernah mengalami hal ini, RulaWoman. Meski tingkat nyeri berbeda pada tiap orang; ada yang biasa saja dan masih bisa ditahan, bahkan ada pula yang sampai menganggu kegiatan/aktivitas sehari-hari karena mengalami nyeri haid yang berlebihan. Biasanya, nyeri dirasakan di perut bagian bawah, pada hari pertama maupun kedua haid, dan juga di bagian punggung serta pinggang.

Mengatasi nyeri haid

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nyeri saat haid, di antaranya sebagai berikut:

photo credit: pinterest.com


1. Istirahatkan Badan

Ketika nyeri menyerang, cobalah rebahkan badanmu di sofa atau kasur, RulaWoman. Cara ini terkesan sederhana, tapi mampu membuat tubuhmu lebih santai dan mengurangi nyeri haid. Ketika haid, tubuhmu akan lebih gampang lelah, berikan waktu yang cukup agar tubuh bisa istirahat dan berangsur-angsur mengurangi nyeri.

Baca juga: Simak 5 Fakta Seputar Tidur yang Pasti Belum Kamu Ketahui, RulaWoman!

2. Mandi dengan Air hangat

photo credit: coolthings

Selain merebahkan diri di sofa atau kasur, mandi dengan air hangat juga mampu membuat ototmu menjadi lebih santai, RulaWoman. Saat otot sudah lebih rileks, pastinya nyeri-nyeri yang terasa pada tubuh juga akan berkurang.


3. Kunyit, Daun Sirih dan Gambir, Ramuan Tradisional Hilangkan Rasa Sakitmu

photo credit: vemale

Ada beberapa merk obat pereda nyeri haid yang beredar di pasaran. Mungkin terkadang kamu ragu untuk membeli dan mengonsumsinya karena pertimbangan tertentu, tapi tidak ada yang bisa mengalahkan kealamian obat atau ramuan tradisional, kan, RulaWoman? Nah, kamu bisa mencoba untuk mencampurkan tumbukan kunyit, gambir, dan daun sirih dengan air hangat, kemudian meminum air perasaannya beberapa hari menjelang jadwal haid, untuk mengurangi nyeri yang kamu rasakan.


4. Makanlah Makanan yang Bergizi

Selain kesehatan tubuh, makanan yang masuk ke dalam tubuhmu juga berpengaruh, RulaWoman. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang bergizi dan baik bagi tubuh. Beberapa contoh makanan yang bisa kamu konsumsi adalah jenis kacang-kacangan, ubi, dan juga buah-buahan tentunya.

Baca juga: Makanan Organik Ternyata Enak Loh! {Burgreens Organic Eatery}

5. Kompres Perut dengan Air Hangat

photo credit: zona1000

Kamu bisa mengompres bagian perut yang terasa nyeri dengan menggunakan air hangat atau bisa juga dengan meletakkan botol yang berisi air hangat agar rahim menjadi lebih rileks.


6. Lakukan Pijatan Kecil

Bila masih terasa nyeri, tak ada salahnya melakukan pijatan kecil pada bagian-bagian perut. Lakukan dengan pelan selama beberapa detik saja, untuk meredakan efek nyeri yang terjadi pada tubuh.


7. Olahraga

Jangan takut untuk olahraga ketika sedang haid, RulaWoman. Alih-alih menjadi semakin sakit, olahraga justru bisa membantu tubuh agar menjadi lebih sehat dan sedikit banyaknya mampu mengurangi nyeri yang kamu rasakan di periode awal haid.

Baca juga: 10 Makanan Sehat ini Sangat Ampuh untuk Mencegah Penyakit Jantung Loh RulaWoman

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika terserang nyeri atau kram saat haid, RulaWoman. Bila kamu merasakan sakit yang sepertinya tidak wajar dan tidak biasanya, segera berkonsultasi dengan doktermu. Sebab, kesehatan tubuh, terutama pada bagian vital, adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan, lho!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Cara Hilangkan Nyeri Haid Berlebihan Dengan Cepat dan Aman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar