3.5K
"Cara agar bahasa tidak hilang adalah dengan diajari di sekolah, di rumah dan semua orang harus mempromosikannya," – Anis Baswedan

Berapa banyak bahasa yang kamu kuasai, RulaWoman? Mungkin banyak orang yang bisa berbahasa asing seiring perkembangan zaman dan teknologi. Bahkan untuk bisa bekerja, rata-rata seseorang harus bisa menguasai setidaknya satu bahasa asing –umumnya bahasa Inggris. Tak jarang pula, ada yang menguasai lebih dari satu jenis bahasa asing. Tapi, menurutmu, seberapa banyak yang memahami bahasa daerahnya masing-masing sebaik mereka memahami bahasa asing, dan seberapa sering mereka menggunakan bahasa daerahnya?

Beberapa orang mungkin berpikir, apa untung ruginya belajar atau bahkan tidak mempelajari bahasa daerah sama sekali. Hal ini kemudian menjadi salah satu masalah yang cukup serius bagi negara kita, RulaWoman, sebab ada beberapa fakta mengejutkan tentang bahasa-bahasa daerah di Indonesia. Bahasa-bahasa daerah kita banyak yang nyaris –bahkan sudah punah, karena kehabisan penuturnya!

Mengapa harus belajar bahasa daerah?

Umumnya, di dalam mata pelajaran sekolah akan ada pelajaran bahasa daerah masing-masing. Kamu mungkin pernah merasa heran, mengapa semua sekolah mewajibkan hal tersebut. Sebenarnya, itu adalah salah satu usaha pemerintah untuk memajukan bahasa daerah juga, lho, RulaWoman. Inilah alasan mengapa kita sebaiknya mempelajari dan memahami bahasa daerah kita sendiri:

1. Meningkatkan rasa nasionalis dan rasa memiliki terhadap budaya serta daerah asal kita.

2. Mencegah punahnya bahasa daerah tertentu. Bayangkan jika anak cucumu nanti tidak tahu lagi sedikit pun bahasa dari daerah asal mereka, sebab sudah tidak ada lagi yang mampu menuturkan bahasa tersebut dengan baik. Alangkah menyedihkannya, Rulawoman!

3. Untuk tetap melestarikan budaya lokal. Belajar bahasa asing itu baik dan meningkatkan pengetahuan tentunya, tapi jangan sampai kita malah melupakan bahasa dari daerah kita sendiri.

4. Menjalin keakraban dengan orang-orang yang berasal dari kampung halaman yang sama.

5. Menarik wisatawan. Siapa bilang berkomunikasi dalam bahasa asing adalah satu-satunya hal hebat yang bisa kita lakukan di hadapan wisatawan mancanegara, RulaWoman? Kamu juga bisa mempraktikkan bahasa daerah atau bahkan menceritakan pada mereka dengan bangga, inilah bahasa daerahmu. Wisatawan asing pada umumnya menyukai hal-hal yang berhubungan dengan budaya, dan ini bisa menjadi peluang bagus untuk sekaligus memajukan pariwisata dalam negeri.

Fakta mengejutkan tentang bahasa-bahasa daerah di Indonesia

Photo Credit: www.kaskus.co.id

1. Penyebaran bahasa daerah kebanyakan berada di daerah Timur, tepatnya daerah Papua dan sekitarnya. Bahasa-bahasa ini semakin lama semakin sedikit penuturnya, dan masih terancam punah.

2. Bahkan di Nusa Tenggara Timur, bahasa Maku’a penuturnya hanya tersisa sebanyak kurang lebih 50 orang saja, RulaWoman!

3. Tapi selain semakin berkurangnya penutur sebagian bahasa daerah, ternyata masih ada 13 bahasa yang penuturnya berjumlah lebih dari 1 juta, di antaranya: Minangkabau, Batak, Sunda, Jawa, Melayu, Makassar, dan lain-lain.

4. Menurut penelitian, seorang anak yang mengenal/menguasai dua bahasa atau lebih akan memiliki kepribadian yang lebih baik ketimbang mereka yang hanya memahami satu bahasa saja.

5. Setiap tahunnya selalu ada bahasa daerah yang hilang, misalnya bahasa daerah Maluku Tengah: bahasa Hoti, Hulung, Serua, dan sebagainya.

6. Menurut data UNESCO, daerah yang paling terancam punah bahasanya adalah Halmahera.

7. Rata-rata orang yang berasal dari daerah kecil berpikir bahwa mereka akan memiliki peluang hidup dan perekonomian yang lebih baik jika bisa menguasai bahasa Indonesia, atau bahkan bahasa asing. Faktor inilah yang kemudian menyebabkan semakin kurangnya pemakaian bahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari.


Jika hal ini tetap dibiarkan, bukan tidak mungkin nanti beberapa tahun ke depan, bahasa daerah yang tersisa di negara kita jumlahnya bisa dihitung dengan jari, RulaWoman. Dan kitalah satu-satunya generasi yang bisa mulai untuk melestarikan bahasa-bahasa ini agar anak cucu kita kelak masih bisa mengenalnya dengan baik. Sebab, kalau bukan kita, siapa lagi?

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Fakta Mengejutkan Mengenai Bahasa Daerah di Indonesia yang Belum Kamu Ketahui". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar