2.7K
Rambut adalah mahkota perempuan! Karena itu, jangan sepelekan perawatan rambutmu, RulaWoman. Inilah beberapa jenis vitamin yang bermanfaat untuk menyehatkan mahkotamu!

Seberapa jauh pentingnya rambut bagimu, RulaWoman? Rambut adalah mahkota perempuan, katanya. Jadi, tidak salah kalau banyak perempuan yang ingin merawat rambutnya sebaik mungkin agar menjadi sehat dan mudah rontok atau bahkan menjadi kering bahkan kusam. Sebab rambut yang bermasalah tentu akan menganggu penampilan, dan hal tersebut biasanya sangat dihindari. Tapi tahu nggak, RulaWoman, bahwa perawatan rambut itu bisa dilakukan lewat banyak cara, salah satunya adalah dengan menggunakan vitamin-vitamin rambut.

Memang, vitamin biasanya digunakan sesuai kebutuhan dan tergantung bagaimana tipe rambutmu sendiri, dan selain vitamin berbahan kimia buatan pabrik, banyak juga bahan-bahan alami yang bisa kamu coba!

Secara umum inilah 7 jenis vitamin yang bisa kamu manfaatkan agar rambutmu menjadi sehat dan terawat!

1. Parfum Rambut

Photo Credit: cosmopolitan

Parfum rambut berbentuk spray sudah cukup banyak beredar di pasaran. Mungkin kamu hanya tahu bahwa parfum rambut berguna untuk memberikan sensasi segar dan wangi pada rambut, tapi sebenarnya sebagian produk parfum rambut juga berguna untuk membuat rambut menjadi lebih kuat, mudah disisir, mencegahnya rusak akibat penggunaan hair dryer, dan sebagainya.

2. Hair tonic

Photo credit: newsrepublica

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan produk ini, RulaWoman. Sama seperti poin di atas, hair tonic juga sudah banyak beredar di pasaran, bahkan lebih ramai dari produk parfum rambut. Bagi kamu yang rambutnya sering rontok, cocok banget nih pakai hair tonic, sebab hair tonic fungsi utamanya adalah membuat rambut jadi tumbuh subur. Selain itu, akar rambutmu juga akan lebih kuat, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi pada kerontokan.

3. Serum

Berbeda dengan hair tonic, serum rambut biasanya digunakan untuk rambut yang sulit diatur. Dengan penggunaan serum, rambutmu akan kembali lembut dan terlindung juga dari sinar matahari berlebihan yang bisa merusak kesehatan rambut.

4. Conditioner

Produk conditioner biasanya lebih banyak lagi di jual di pasaran. Hampir setiap merk shampo memiliki pilihan conditioner-nya masing-masing. Tapi apa sih sebenarnya fungsi dari conditioner ini? Manfaat utama dari conditioner pada umumnya adalah menjaga kelembapan rambut. Dengan kata lain, conditioner membuat rambut tidak mudah kering. Tapi awas, RulaWoman, sebab penggunaan berlebihan juga membuat conditioner berefek tidak baik pada kesehatan rambut, lho!

Photo credit: Huffington Post

5. Lidah buaya

Kurang lebih sama dengan manfaat bahan-bahan di atas, lidah buaya adalah bahan alami yang berguna untuk melembapkan rambut, serta menghindarkannya dari ketombe serta kebotakan. Pada dasarnya, tanaman lidah buaya bisa dikatakan sebagai conditioner versi lebih alami. Jika kamu merasa tidak yakin dengan produk buatan pabrik yang dijual di pasaran, kamu bisa memilih menggunakan bahan-bahan alami sehingga meminimalisir efek negatif terhadap rambut.

6. Madu

Kata siapa madu tidak bisa digunakan untuk perawatan rambut, RulaWoman? Madu merupakan salah satu bahan yang bisa banget kita manfaatkan untuk melindungi akar rambut, dan membuatnya tampak berkilau. Selain itu, madu yang dicampurkan dengan telur konon katanya bisa mengatasi masalah rambut bercabang, lho! Kamu tertarik mencoba?

Photo Credit: Fashionlady India

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan yang memiliki sepaket manfaat, RulaWoman. Selain untuk mengatasi rambut berketombe, minyak zaitun ini juga biasa digunakan untuk mengatasi kutu rambut, rambut beruban, rambut bercabang, rambut kering, rambut rontok, bahkan menyuburkan rambut bayi. Penggunaannya juga terkadang dimanfaatkan sebagai pengganti shampoo bayi, lho! Biasanya penggunaan minyak zaitun ini juga dicampurkan dengan bahan-bahan lain, misalnya telur. Kandungan protein tinggilah yang kemudian membuat minyak zaitun menjadi sangat bermanfaat untuk menghasilkan rambut kuat dan sehat!


Itulah beberapa jenis vitamin yang bisa kamu coba, RulaWoman. Bagaimanapun penampilan akan lebih menarik jika kamu memiliki rambut sehat dan kuat, serta tidak rontoh atau mengalami masalah rambut lainnya. Tapi jangan lupa untuk tetap berhati-hati dalam penggunaan bahan-bahan yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya, ya. Berkonsultasilah kepada ahli yang lebih paham sehingga kamu tidak melakukan kesalahan dalam perawatan, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Jenis Vitamin Inilah yang Bisa Kamu Coba Agar Rambut Jadi Sehat dan Terawat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar