2.1K

Bertempat di Rock Paper Scissors, 6 Mei lalu Steve Wirawan, CEO dari Storial.co, mengadakan sebuah acara launching buku pertamanya yang berjudul 100 Golden Tips for Creativepreneur. Acara yang dipandu oleh Rino Soedarjo ini dihadiri oleh beberapa rekan Steve, penulis Storial dan rekan-rekan dari media. Steve sendiri mengatakan bahwa acara ini lebih ke acara perayaan akan terbitnya hasil gagasan dan ide yang Steve tuangkan ke dalam bukunya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari acara tersebut, berikut rangkumannya:

1. What on earth are you here for?

photo source: stmatthewgr.com

Sebelum menekuni Storial.co, Steve bekerja sebagai financial consultant di salah satu bank swasta dengan gaji dan jabatan yang cukup prestigious saat itu. Tapi Steve menyadari bahwa di dunia ini dia hidup bukan hanya untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Ada tujuan yang lebih mulia dari pada uang yang harus dia raih. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Steve memberanikan diri resign dari pekerjaannya dan mulai mendirikan Storial.co yang mempermudah banyak penulis dan pembaca bisa bertemu dan mendapatkan yang mereka inginkan. Dia percaya bahwa dia diciptakan di dunia ini adalah sebagai "pelayan" yang melayani tujuan mulia. Kalau Steve sudah menemukan untuk apa dia hidup di dunia ini, kamu bagaimana, RulaWoman?

2. Berani keluar dari zona nyaman

photo source: zerotoalpha.com

Keputusannya untuk keluar dari pekerjaannya yang menjanjikan bukanlah hal yang mudah. Karena Steve tentu tau dengan jelas akan ada hal-hal yang harus dikorbankan. Tapi Steve berani mengambil keputusan ini dan keluar dari zona nyamannya untuk melayani banyak orang. Jangan terlalu banyak berpikir sehingga tidak melakukan apa-apa.

3. Kerja keras

Photo source: pinterest.com

Dibutuhkan kerja keras untuk menjadi creativepreneur yang berhasil. Karena memimpin suatu perusahaan sendiri tidak semudah bekerja di dalam suatu perusahaan. Ada banyak pihak yang harus dipikirkan. Maka dari itu seorang creativepreneur tidak bisa bermalas-malasan. Ayo RulaWoman, kamu yang ingin menjadi creativepreneur sejati mulai gulung lengan bajumu dan bekerja lebih keras memberikan yang terbaik yang kamu punya.

4. Penasaran

photo source: clipartfest.com

Sewaktu kecil, ketika anak-anak kecil lain membaca komik atau novel, Steve malah memilih untuk membaca kamus. Kebiasaan uniknya ini timbul dari rasa penasaran. Sekarang, Steve bisa mempunya pengetahuan akan diksi yang banyak yang tidak banyak dimiliki oleh penulis lain. Rasa penasaran Steve akan banyak hal pun membawa Steve pada pengetahuan-pengetahuan baru yang dia pelajari.

5. Gunakan waktu luang dengan membaca

photo source: PrepScholar

Selain penasaran, Steve pun hobi sekali membaca. Dia selalu membawa tote bag berisi buku-buku yang sedang dia baca. Ketika ada waktu luang atau ketika dia harus menunggu, dia menggunakannya untuk membaca buku. Dalam bukunya diceritakan bahwa Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, menggunakan 80% waktunya untuk membaca dan berpikir. Dengan berpikir kamu sedang mempersiapkan sebuah rencana dengan matang.

6. Selalu berpikir bahwa akan ada jalan keluar untuk setiap masalah

photo source: dfunkd.com

Menjadi seorang creativepreneur pasti menghadapi banyak masalah yang tidak terduga. Tapi kamu harus menerapkan prinsip bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Seorang cretivepreneur haruslah mempunyai strategi-strategi kreatif dalam menjalankan usahanya. Dan hal ini tidak akan terwujud kalau kamu memiliki mental kalah.

7. Validating your passion

photo source: Andrewwoodinc.com

Terakhir, kalau kamu bingung harus memulai dari mana, cobalah cari tau apa passion-mu. Karena orang yang bekerja sesuai dengan passion-nya akan memiliki banyak energi dibanding orang yang tidak memiliki passion. Tapi kamu juga harus memvalidasi passionmu, RulaWoman. Pastikan passion-mu berguna untuk orang-orang di sekitarmu.

Itulah 7 hal yang bisa kamu pelajari dari acara perayaan terbitnya buku pertama Steve Wirawan. Buku 100 Golden Tips for Creativepreneur sudah bisa kamu beli di toko buku terdekat. Membaca buku-buku berkualitas adalah salah satu kebiasaan yag harus dimiliki oleh seorang creativepreneur. Dan buku 100 Golden Tips for Creativepreneur adalah salah satu buku wajib yang harus kamu baca, RulaWoman. Karena bukan hanya 7 atau 10 tips yang dapat menginspirasimu, melainkan 100! Go grab the book!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Pelajaran dari Perayaan Terbitnya 100 Golden Tips for Creativepreneur Karya Steve Wirawan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wesa Theslan Bhadrasana | @wesabhadrasana

an encourager who writes about art, children, food, friendship, love, music and women. instagram: @wesabhadrasana email: wesabhadrasana@gmail.com

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar