1.7K
Sering mengeluhkan pekerjaanmu? Wah jangan-jangan kamu memang salah profesi. Cek apakah kamu memiliki 7 tanda di bawah ini.

Seberapa besar rasa cinta terhadap pekerjaanmu sehari-hari, RulaWoman? Apa pun pekerjaan kita, pasti terkadang ada saja hambatan dan hal-hal yang tak diinginkan. Tapi sewajarnya, kita akan selalu mampu melewati serta mengatasinya dengan baik. Tapi lain halnya jika kamu bekerja pada bidang yang tidak sesuai minat atau passion-mu, besar kemungkinan kamu tidak akan pernah merasa nyaman berada pada posisi tersebut. Hal ini tentu tidak baik bagi perjalanan karirmu ke depannya, sebab secara tak langsung akan menghambat produktivitas kerjamu.

Mau tahu apa saja ya tanda kalau kamu sebenarnya sedang berada di profesi yang salah? Yuk, cek apakah kamu memiliki 7 tanda di bawah ini.


1. Kamu tidak menyukai pekerjaan tersebut dan kamu hanya bekerja demi rutinitas harian dan gaji bulanan

photo credit: huffingtonpost

Barangkali banyak orang yang telah mengalami hal serupa ini, RulaWoman. Terkadang, pekerjaan yang kita geluti bukanlah pekerjaan pada posisi yang kita inginkan. Tapi tuntutan hidup sehari-hari membuat kita masih bertahan pada bidang tersebut. Memang, tidak akan ada pekerjaan yang benar-benar seratus persen seru dan menyenangkan, tapi jika kamu sering kali merasa tidak menyukai profesimu, itu adalah salah satu tanda utama bahwa kamu sedang di posisi yang tak seharusnya.


2. Kamu sering merasa malas masuk kantor

photo credit: huffingtonpost

Berkaitan dengan poin pertama, karena kamu tidak terlalu menyukai pekerjaanmu, hal ini berimbas pada rasa malas untuk berangkat ke kantor. Penginnya ketemu weekend terus, atau menunggu saat-saat tanggal merah, cuti bersama, dan hari libur lainnya, sehingga kamu bisa rehat sejenak dari kehidupan kantor.


3. Pikiranmu tidak berada di tempat yang sama

Walau tubuhmu di kantor, pikiranmu tidak berada di sana. Kamu sering mengkhayal ke mana-mana, memikirkan banyak hal lain yang tidak ada hubungannya dengan kantor, serta sulit memusatkan konsentrasi pada apa yang sedang kamu kerjakan. Terlalu banyak melamun dan memikirkan hal lain sebenarnya tidak baik lho, RulaWoman. Bahkan mungkin bisa menghambatmu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh atasan. Akibatnya, bisa jadi pekerjaanmu akan menjadi pekerjaan yang asal selesai, RulaWoman!


4. Kamu kesulitan menjawab tiap kali ditanya mengenai perkembangan tugas yang sedang kamu kerjakan saat itu

photo credit: thebalance

Kamu sulit memberikan tanggung jawab atas sebuah tugas yang dilimpahkan padamu. Bukan karena kamu belum mengerjakannya, tapi karena kamu memang tidak begitu paham dan tidak terlalu menyukai pekerjaan tersebut. Dan, setiap kali ditanyakan mengenai perkembangan tugas itu, kamu harus putar otak dulu demi memberikan jawaban yang menurutmu bagus. Padahal, sejatinya, jika kamu memang mengerjakannya dengan senang hati, kamu akan menjadi orang pertama yang tahu bagaimana perkembangan tugasmu sendiri, dan tidak akan kesulitan ketika menjabarkan perkembangannya di hadapan atasan, bukan?


5. Malas bertemu atasan

Nah, ini juga merupakan salah satu pertanda bahwa kamu sedang di profesi yang salah, lho, RulaWoman. Sebagian orang mungkin merasa bahwa malas bertemu atasan adalah alasan pribadi, mungkin karena atasannya dikenal galak. Tapi ketika kamu memang mengerjakan seluruh pekerjaan yang dibebankan kepadamu dengan baik, dan tuntas, seharusnya tidak ada lagi ketakutan atau rasa malas untuk berhadapan dengan atasan!


6. Tidak memiliki ide-ide menarik mengenai bidang yang kamu geluti

Kamu menjadi pasif dan tidak memiliki ide yang visioner untuk mengembangkan bidang yang kamu geluti. Hal ini masih berhubungan dengan poin awal, yaitu karena kamu memang tidak menyukai pekerjaanmu, sehingga kamu malas memikirkannya, apalagi memproduksi ide-ide baru yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut. Berbeda halnya jika kamu memang berada di profesi yang tepat, kamu mungkin takkan segan-segan memikirkan atau menyumbangkan ide-ide baru demi mendukung kemajuan perusahaan.


7. Selalu ada keinginan untuk pindah

Ada keinginan yang sangat besar untuk pindah dari perusahaan tersebut sebab kamu merasa takkan memiliki masa depan yang jelas jika terus bertahan di tempat yang sama. Akan selalu ada saat-saat di mana kamu merasa sudah terlalu jenuh dan tidak kuat lagi bekerja di sana karena satu dan lain hal. Beberapa kali kamu akan mempertimbangkan untuk mencoba mencari pekerjaan lain yang mungkin lebih sesuai dengan bidang dan keinginanmu.

photo credit: qcmakeupacademy


Jika hal-hal di atas terus berlanjut, akan berdampak buruk bagi perkembangan dirimu sendiri, RulaWoman. Mungkin kamu tidak akan langsung menyadari bahwa profesi tersebut bukanlah karir yang cocok dengan dirimu, tapi ketika kamu mulai merasakan beberapa tanda-tanda di atas, ada baiknya kamu berpikir ulang mengenai pekerjaan yang telah kamu geluti selama ini. Sebab semakin lama kamu menghabiskan waktu untuk bertahan di tempat yang tak semestinya, maka akan semakin banyak juga usia yang terlewatkan, lho, RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Tanda Kamu Salah Profesi. Jangan-jangan Karir yang Kamu Geluti Sekarang Bukan Dunia Kamu Loh, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar