1.8K
Inilah fakta yang menunjukkan mengapa LinkedIn merupakan platform yang bermanfaat dan memengaruhi karirmu!

Platform untuk online CV bernama LinkedIn mungkin sudah sering kamu dengar namanya selama ini, RulaWoman. Seiring perkembangan teknologi, orang-orang sudah beralih menggunakan profil profesional yang lebih praktis untuk diakses. LinkedIn biasa digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan, merekrut pekerja, atau sekadar mengecek CV seseorang. Hingga kini pengguna LinkedIn sudah ratusan juta dari seluruh dunia, dan platform ini menjadi tren tersendiri dalam dunia kerja. Sebanyak kurang lebih 78% perekrut mengambil keputusan untuk merekrut atau tidak seorang pekerja, setelah melihat profil LinkedIn mereka.

Fakta-fakta LinkedIn

Photo credit: soulofjakarta

Sering dijadikan referensi untuk merekrut karyawan

Ketika sedang menerima banyak lamaran pekerjaan, seorang perekrut biasanya cenderung ingin tahu lebih banyak mengenai profil para pelamar tersebut, dan LinkedIn biasanya bisa membantu menambah informasi yang berguna bagi perekrut.

• Sarana untuk merekomendasikan seseorang

Selain itu, di LinkedIn kamu bisa merekomendasikan seseorang untuk pekerjaan tertentu, RulaWoman! Selain itu perekrut juga bisa melihat history pengalaman kerja si pemberi rekomendasi, sehingga bisa menambah keyakinan mereka akan rekomendasi yang diberikan tersebut.

• LinkedIn pertama kali diluncurkan pada 2003 dan kini telah diakuisisi oleh pihak Microsoft

Platform ini pertama diluncurkan pada tanggal 5 Mei 2003, dan hingga awal 2016 diperkirakan sudah memiliki 400 juta pengguna dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Asia sendiri, LinkedIn memiliki cukup banyak pengguna, lho, RulaWoman. Namun, baru-baru ini LinkedIn juga telah diakuisisi oleh Microsoft dengan dana kurang lebih 340 Triliun Rupiah. Meski begitu, CEO LinkedIn tetap Jeff Weiner, hanya saja, mereka harus melaporkan kinerja secara berkala kepada pihak Microsoft. Setelah terjadinya proses akuisisi ini diperkirakan kinerja LinkedIn juga akan lebih meningkat, sebab Microsoft akan mengusahakan agar LinkedIn bisa memiliki manfaat yang lebih banyak lagi bagi para pengguna setianya. Wah!

• Biasa digunakan untuk menampilkan CV pribadi serta portofolio seseorang

Di LinkedIn kita bisa melihat CV online seseorang dan semua portofolio yang dimilikinya. Hal ini cukup bermanfaat sehingga perekrut tidak perlu repot lagi mencari tahu lebih jauh, sebab semuanya telah tersedia dengan rapi di LinkedIn, RulaWoman.

Di samping itu, LinkedIn ternyata juga bisa membawa banyak pengaruh bagi perkembangan karir seseorang, lho, RulaWoman. Apa saja ya, kira-kira pengaruhnya?
Photo credit: squarespace

• Foto sangat berpengaruh di platform ini

Beberapa orang mungkin tidak akan menyadari hal ini, tapi foto sebenarnya sangat berpengaruh terhadap profil seseorang di LinkedIn. Berbeda dengan jejaring sosial lainnya, di LinkedIn biasanya seseorang menggunakan foto yang lebih formal hingga memberikan kesan yang lebih baik atau profesional. Foto merupakan kesan pertama bagi perekrut, jadi pastikan bahwa kamu menggunakan foto yang sopan di profil LinkedIn-mu yang, RulaWoman!

• Seorang perekrut juga akan memperhatikan pengalaman seseorang sebagai pertimbangan dalam pembuatan keputusan

Secara umum, pengalaman kerja memang termasuk salah satu pertimbangan bagi para perekrut dan LinkedIn memudahkan hal ini. Pastikan kamu meng-update pengalamanmu secara berkala di profil, agar memudahkan para perekrut untuk mempertimbangkan sebuah posisi untukmu di perusahaan mereka.

• Lewat LinkedIn, seluruh dunia bisa mengetahui potensimu, RulaWoman!

Dan jika kamu sudah menjabarkan seluruh pengalaman kerjamu serta durasinya, maka seluruh perusahaan yang tergabung di LinkedIn juga bisa mengetahui potensi dirimu yang sebenarnya, dan ini juga bisa memudahkanmu untuk mendapatkan posisi yang cocok dalam bekerja.

Photo Credit: workitdaily

• Membuat kegiatan mencari dan menyediakan lowongan pekerjaan menjadi lebih praktis

Jika dibandingkan dengan beberapa era sebelum LinkedIn, rasanya mencari kerja butuh proses yang panjang dan kadang melelahkan. Sebab, kamu harus mengantarkan surat lamaran dan CV-mu langsung ke perusahaan yang kamu tuju, bahkan mungkin terkadang menunggu beberapa lama untuk bisa interview. Dengan adanya platform seperti LinkedIn, kamu sebagai pencari kerja dan perusahaan sebagai pemberi lowongan bisa lebih menghemat waktu dan tenaga masing-masing. Sebab jika menurut pertimbangan perekrut pekerjaan itu memang cocok untukmu, maka kamu akan langsung dihubungi. Nah, semuanya pun menjadi lebih praktis!

• Berguna untuk menambah koneksi

Selain itu, LinkedIn juga berguna untuk menambah koneksi. Kamu bisa bergabung ke dalam grup yang memiliki minat dan potensi yang serupa denganmu, atau pun background pendidikan yang sama. Di sana, kamu bisa mengenal orang-orang baru dan berbagi dengan mereka.


Jadi, RulaWoman, jangan biarkan profil LinkedIn-mu terbangkalai, ya! Sebab profil ini bisa membantumu ketika sedang mengincar suatu posisi di sebuah perusahaan. Jangan lupa juga untuk menggunakan fitur-fitur yang disediakan semaksimal mungkin, agar proses pencarianmu menjadi lebih efektif dan kamu bisa menemukan pekerjaan yang sesuai!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Hal yang Kamu Harus Ketahui Tentang LinkedIn dan Bagaimana LinkedIn Bisa Memengaruhi Karirmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar