25.5K
- Beauty lies in the eye of beholder -

Itulah mengapa masing-masing orang memiliki persepsi tersendiri akan makna kecantikan. Di bawah ini adalah 9 nama perempuan tercantik sepanjang sejarah versi RULA. Kesembilan nama ini tidak serta merta mewakili seluruh perempuan cantik yang pernah ada di dunia. Akan tetapi inspirasi yang mereka bagi pada dunialah yang membuat mereka tak akan lekang oleh waktu. Siapa sajakah perempuan-perempuan cantik tersebut?

9
CLEOPATRA

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Cleopatra? Ia begitu lekat pada ingatan berkat karya modern Shakespeare yang mengisahkan kisah Cleopatra dengan Mark Antony. Yup, Cleopatra adalah bagian dari sejarah kuno Egypt yang lahir pada tahun 69 sebelum Masehi.

Pada masa tersebut, seluruh ranah politik umumnya didominasi oleh laki-laki. Tatanan tersebut tiba-tiba diguncang oleh kehadiran Cleopatra sang Ratu Mesir yang begitu cantik dan tidak takut untuk menggenggam tahta kekuasaan. Ia menjadi pasangan Julius Caesar, pemimpin kekaisaran Roma. Namun setelah Caesar dibunuh, Cleopatra berpasangan dengan Mark Antony. Sayangnya pada tahun 30 sebelum Masehi Mark Antony gagal menjadi kaisar Roma. Ia memutuskan untuk bunuh diri dan Cleopatra melakukan hal serupa.

Hingga kini, Cleopatra selalu diingat sebagai simbol kecantikan segala zaman. Rambut hitam legam panjang, kulit emas berkilau, hingga gaya fashion yang khas, dipadukan dengan skandal kekuasaan yang mematikan. Kisahnya akan selalu jadi roman yang tak pernah mati.

8
WANG ZHAO JUN

Beranjak ke tanah Tiongkok, tersebutlah nama Wang Zhao Jun. Ia adalah bagian dari legenda ‘Four Beauties’ yang melambangkan kekuasaan serta pengaruh para raja dan kaisar di masanya. Berkat kecantikan dan kemampuannya, Zhao Jun berhasil menuliskan namanya di sejarah Tiongkok hingga saat ini. Kemahsyurannya terkait dengan dinamika politis pada saat itu.

Dalam banyak referensi, dikatakan bahwa Zhao Jun adalah perempuan cantik yang bisa membuat burung berhenti mengepakkan sayapnya dan jatuh ke tanah. Frasa Zhao Jun sendiri berarti “drops birds” dalam bahasa mandarin. Sepanjang hidupnya, Wang Zhao Jun menjelajah ke beragam kekaisaran China yang begitu luas hingga akhirnya diminta menikah dengan anak dari Kaisar Gaozu.

Dengan rambut hitam legam dan kulit putih bagai pualam, kecantikan Zhao Jun membuat namanya selalu menjadi bagian dari sejarah Tiongkok. Faktanya, ia tidak hanya diingat sebagai lambang kecantikan fisik, namun sebagai sosok yang memiliki semangat untuk menyatukan berbagai macam perbedaan budaya, sekali pun harus mengorbankan kebutuhannya sendiri.

7
PHRYNE

Familiar dengan Aphrodite, RulaWoman? Aphrodite atau Venus adalah dewi tercantik di tanah dewa dewi Yunani. Kecantikannya menjadi legenda karena disebut-sebut menjadi salah satu pemicu perang Trojan yang mahsyur. Tahukah RulaWoman bahwa patung Dewi Aphrodite yang kita ketahui selama ini diukir berdasarkan figur perempuan bernama Phryne?

Pada masanya, Phryne begitu jelita bagaikan dewi Aphrodite hingga pemahat terkenal bernama Praxiteles menjadikannya muse untuk karya ‘The Aphrodite of Knidos Statue’. Phryne sendiri berprofesi sebagai hetaera (semacam geisha) yang terkenal dari tanah Athena. Ia perempuan terpelajar, berada, pandai memainkan alat musik, serta kerap berdiskusi tentang filsafat. Sayangnya, masyarakat Athena tidak menyukai gaya hidup Phryne yang mandiri dan bebas sebagai perempuan. Pada tahun 340 M, Phryne sempat akan dihukum, namun diselamatkan oleh seorang terpandang bernama Hypereides.

6
GRACE KELLY

Grace Kelly adalah seorang aktris Hollywood yang kemudian menjadi putri Monaco. Gayanya yang elegan dan glamor mampu menyihir seluruh pandangan mata yang ditujukan padanya. Suatu hari di Cannes Film Festival, ia bertemu Pangeran Monaco Ranier III. Pada jangka waktu 3 hari setelah bertemu dengan keluarga Grace Kelly, Pangeran Ranier III segera melamarnya. Kehidupan sebagai seorang puteri pun dimulai.

Kisah Grace Kelly yang cantik dan menemukan happy ending nya sebagai seorang puteri menjadi bagian dari kisah yang dielukan semua orang. Sayangnya di tahun 1982 sebuah kecelakaan mobil merenggut nyawa puteri kecintaan Monaco tersebut. Hingga kini, senyum, kecantikan, dan selera fashion Grace Kelly Princess of Monaco tetap diingat oleh kita semua.

5
MARILYN MONROE

Marilyn Monroe adalah simbol kecantikan old Hollywood nan glamor. Rambut pirang dan gayanya yang aduhai membuat ia selalu disejajarkan dengan perempuan-perempuan tercantik sepanjang masa. Keahliannya yang memukau di depan kamera terus diingat banyak orang. Bahkan serial TV berjudul ‘SMASH’ yang diperankan Katharine McPhee sengaja dibuat berdasarkan inspirasi kisahnya. Marilyn Monroe memiliki nama asli Norma Jeane Mortenson. Ia mengawali karirnya sebagai seorang model dan tak pernah luput dari kontroversi. Meski demikian, tak ada yang bisa menyangkal karismanya yang begitu otentik.

4
PUTRI AMEERA AL - TAWEEL

Putri Ameera menikah dengan Pangeran Al Waleed dari Saudi Arabia yang merupakan keponakan dari Raja Arab Saudi saat itu, yakni Raja Abdullah bin Abdul Aziz. Ia adalah sedikit dari sosok perempuan Saudi yang memiliki pemikiran progresif dan berperspektif gender.

Selain memiliki kecantikan yang luar biasa, Putri Ameera adalah seorang perempuan yang percaya bahwa menempuh pendidikan adalah suatu hal penting. Ia merupakan lulusan Business Administration University of New Haven dengan predikat Magna cum Laude dan mendapat banyak kesempatan untuk berbicara di berbagai media internasional seperti NBC, CNN, The Huffingtonpost, hingga Time Magazine, tentang hak-hak perempuan. Putri Ameera pernah menjabat sebagai Wakil Direktur Al Waleed bin Talal Foundation, sebuah organisasi non-profit internasional yang didirikan oleh suaminya. Organisasi ini bergerak di bidang kesejahteraan masyarakat, Wah, sudah cantik seorang philantropist pula, RulaWoman!

3
ANGGUN C SASMI

Siapa dari kita yang tidak mengenal Anggun C Sasmi? Penyanyi dari Indonesia yang go international ini mempunyai kecantikan asli khas Indonesia. Wajah dan tubuh yang eksotis berhasil memukau banyak orang di seluruh dunia, tapi suara khas lah yang membuat Anggun C Sasmi menjadi legenda.

Tahukah RulaWoman bahwa seorang Anggun C Sasmi sekali pun pernah dibilang tidak cantik? Untungnya ia percaya bahwa kecantikan itu tidak selamanya dinilai dari fisik. Menurut sebuah sumber, Anggun C Sasmi meyakni bahwa kecantikan bisa didapat dengan menjadi sehat, menjaga asupan gizi, dan menjadi natural. Wah, kita praktikkan tips darinya, yuk!

2
BEYONCE

Masih ingat dengan performa Beyonce bersama Bruno Mars dan Coldplay di Halftime Show Super Bowl 2016 kemarin? Queen B memang tidak pernah ada matinya! Dengan tubuh molek dan kecantikan khas African- American, pemegang 6 Grammy Awards, 12 MTV Video Music Awards dan Millennium Award ini memang sukses menjadi inspirasi banyak perempuan di luar sana. Termasuk RULA.

1
YOU!

Ya, kamu RulaWoman!

Pasalnya, ada banyak sekali perempuan cantik yang hidup dari masa ke masa. Betul, banyak dari mereka terekam sejarah karena jejak politik yang menghimpit, jerat budaya yang membatasi, hingga cinta yang membutakan nan tragis. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa perempuan kerap jadi objek dari momentum besar dalam sejarah. Tapi RulaWoman, banyak juga perempuan yang menjadikan anugerah kecantikan dari Tuhan sebagai pendukung dari talenta yang dimilikinya. Termasuk kamu.

Pada akhirnya, memiliki persepsi diri yang baik harus dimulai dengan cara yang sederhana. Love yourself first dan jangan lupa bahagia akan pemberian yang Tuhan berikan. Maka hal terbaik yang bisa RulaWoman lakukan saat ini adalah dengan menghargai dan mencintai diri sendiri.

Nah, sudahkan RulaWoman berkaca dan tersenyum pada diri?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Perempuan Tercantik Sepanjang Masa Versi RULA. Siapa Saja ?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nike Nadia | @nikenadia

ISFJ | Le fondeur social initiative for girls @helpnona | Co Editor RULA.co.id , the viral content media for women | Volunteer at heart ♡| IG : @nike_nadia * Twitter : @nikknad

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar