842
Freedom is being YOU without anyone's permission. – anonymous

Kemarin kita baru saja merayakan dirgahayu Republik Indonesia yang ke-71, dan itu artinya sudah 71 tahun kita hidup sebagai bangsa yang merdeka, RulaWoman! Walau sekarang kita tidak lagi mengangkat senjata dan berperang melawan penjajahan, tapi perjuangan tidak seketika selesai pada hari pertama kemerdekaan di bulan Agustus 71 tahun silam, lho! Di atas negara yang merdeka ini, kamu juga harus memastikan bahwa dirimu merupakan sosok yang merdeka. Merdeka tidak harus bebas sebebas-bebasnya, tapi setidaknya kamu punya pendirian atas dirimu sendiri.

Kira-kira bagaimana ya ciri-ciri sosok perempuan yang merdeka itu, RulaWoman?

Photo credit: www.pexels.com

1. Menjadi diri sendiri

Apakah selama ini kamu yakin bahwa kamu sudah menjadi dirimu sendiri, RulaWoman? Atau kamu masih berusaha menjadi sosok yang diinginkan orang lain? Nah, kemerdekaan kecil bermula dari dalam dirimu sendiri, mulailah dengan menjadi dirimu sendiri sebagaimana adanya –dengan segala hal yang baik dan buruknya, sebab setiap orang pasti punya kelemahan dan kelebihan. Jadi, kamu tidak usah takut untuk menunjukkan siapa dirimu di hadapan orang lain, ya!

2. Tidak mengatur/diatur pasangan secara berlebihan

Selain tidak merdeka dari diri sendiri, mengatur atau diatur pasangan secara berlebihan menandakan bahwa hubunganmu sudah tidak sehat, RulaWoman. Pasanganmu memang berhak mengetahui apa yang kamu lakukan atau ke mana kamu pergi, dan sebaliknya, tapi bukan berarti kalian harus saling mengendalikan kehidupan masing-masing, ya. Sebab tiap orang berhak menentukan arah hidupnya sendiri.

3. Jujur mulai dari hal kecil

Poin ini adalah salah satu yang sangat sulit dimulai, RulaWoman. Jujurlah dimulai dari dalam dirimu sendiri, misalnya dengan tidak membenarkan tindakan-tindakanmu yang salah, tidak bersikap mau menang sendiri, atau malah menyalahkan temanmu yang benar. Sebuah kejujuran lebih baik daripada banyak kebohongan, RulaWoman. Sebab kejujuran kerap kali bisa menyelesaikan masalah, dan sebaliknya, kebohongan hanya akan membuat masalahmu menjadi semakin berlarut-larut!

Photo credit: www.pexels.com

4. Punya rencana masa depan/to do list yang matang

Salah satu ciri perempuan yang merdeka adalah dengan merencanakan sesuatu yang matang bagi masa depanmu. Buatlah to do list atau susunan rencana apa saja yang akan kamu lakukan, hal apa saja yang ingin kamu capai, apa yang akan kamu lakukan untuk mencapainya dalam beberapa tahun ke depan. Ketika kamu sudah memiliki rencana untuk kehidupanmu, kamu akan tahu mau melangkah ke arah mana. Biasakan untuk membuat poin-poin rencana walau hanya coretan kasar, setidaknya dengan begitu, hidupmu selama beberapa tahun akan tertata lebih rapi.

5. Terus berjuang untuk kemajuan bangsa dan diri sendiri

Berjuang untuk bangsa dan negara tak harus dilakukan dengan hal-hal besar saja, kok, RulaWoman! Kamu juga bisa berbuat banyak untuk bangsa dan negara tercinta, walau kamu bukan seorang atlet olimpiade. Hihi. Sebab, mendukung kemajuan bangsa bisa dilakukan dengan cara apa pun; termasuk dengan mendukung atau membeli produk-produk lokal, membagi ilmu dengan mengajar anak jalanan setiap akhir pekan juga bisa kamu lakukan, atau memajukan kesenian serta bahasa daerah agar tidak tenggelam terlindas kemajuan zaman!

Photo credit: www.pexels.com

Pada akhirnya, perempuan yang merdeka adalah mereka yang punya sikap dan tidak takut untuk menjadi dirinya sendiri dalam keadaan apa pun, RulaWoman. Dengan menjadi merdeka dari dalam diri sendiri, maka kamu juga akan lebih mampu memaknai arti kemerdekaan sebagai sebuah bangsa Indonesia!


Freedom is never given; it is won. - A. Philip Randolph

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Menjadi Sosok yang Benar-Benar Merdeka, Pastikan Kamu Sudah Melakukan 5 Hal ini, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar