2.3K
Setelah selesai interview, tak jarang kamu bertanya-tanya apakah wawancara yang kamu lakukan sukses. Berikut tanda yang perlu RulaWoman ketahui.

Setelah melakukan interview, biasanya perusahaan akan berjanji menghubungi RulaWoman jika memang kamu masuk “kriteria” yang diinginkan oleh perusahaan. Kamu pun bertanya-tanya apakah kamu berhasil melalui tahap wawancara dengan sukses. Agar tak buang waktu, berikut 7 tanda yang perlu RulaWoman ketahui kalau interview kamu berlanjut pada tawaran kerja.

1. Kamu ditanya kapan bisa mulai bekerja

photo credit: www.auser19milano.org

Di akhir interview, kamu ditanya kapan bisa mulai bekerja oleh pewawancara. Pertanyaan tersebut jadi lampu hijau kalau kamu diterima di perusahaan tersebut.

2. Bernegosiasi soal gaji

“Berapa gaji yang kamu inginkan?”
“Berapa gaji kamu di tempat sebelumnya?”

Pertanyaan seputar gaji menunjukkan kalau pihak perusahaan tertarik dan ingin mengetahu berapa ekspektasi standart gaji yang kamu harapkan, apakah sesuai atau tidak dengan kondisi di perusahaan.

3. Meminta kamu untuk mengikuti tes lanjutan

Biasanya di beberapa perusahaan, ada beberapa tahapan tes penerimaan karyawan baru. Ketika kamu diminta untuk mengikuti tes tahap berikutnya, hal itu berarti kamu telah lolos seleksi pada interview yang telah kamu jalani.

4. Interview dalam waktu lama

Interview dalam waktu lebih dari 30 menit menunjukkan bahwa perusahaan tertarik pada RulaWoman. Mereka ingin menggali dan mengetahui lebih detail mengenai RulaWoman. Pada tahap ini, jika kamu berhasil meyakinkan mereka, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

5. Pihak perusahaan fokus pada apa yang kamu sampaikan

Gestur dan bahasa tubuh lebih banyak “bicara” daripada kata-kata.

Perhatikan gestur dan bahasa tubuh pihak pewawancara. Apakah mereka fokus pada apa yang kamu sampaikan. Bentuk perhatian yang diberikan bisa berupa sikap antusiasme, mengangguk, tersenyum, atau bertanya lebih lanjut. Akan tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya, di mana pihak pewawancara tidak fokus pada apa yang kamu sampaikan, menguap, atau melihat jam, itu berarti mereka kurang tertarik padamu.

6. Pertanyaan bersifat teknis

photo credit: Stuttering Foundation

Pertanyaan bersifat teknis mengisyaratkan jika perusahaan ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara kerja kamu. Dan hal itu berarti kamu telah memenuhi kriteria mereka secara umum.

7. Memperkenalkan sistem kerja perusahaan

“Sistem kerja yang digunakan di sini adalah by project...”
“Setiap karyawan akan dievaluasi kinerjanya per tiga bulan sekali..”

Sinyal-sinyal tersebut menunjukkan kalau kamu sudah masuk kriteria dan mereka mengharapkan kamu untuk menyiapkan diri dengan sistem kerja dan budaya kerja perusahaan.

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Penantianmu Tak Sia-sia, Berikut 7 Tanda Interview Kamu Akan Berlanjut Pada Tawaran Kerja". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar