553
Panggilan untuk interview kerja memang jadi momen yang mendebarkan, sebuah tes yang menentukan apakah kamu berpeluang untuk diterima bekerja di perusahaan yang kamu incar atau tidak.

Namun, karena terlalu bersemangat, seringkali RulaWoman melupakan bahwa interview adalah uji kecocokan antara kamu dengan perusahaan. Jadi disini kamu mempunyai hak untuk mewawancarai lebih dalam mengenai perusahaan tersebut. Biasanya, di akhir wawancara, interviewer akan mempersilahkan kamu untuk bertanya. Manfaatkan kesempatan itu RulaWoman! Jangan merasa sungkan untuk menanyakan lima hal di bawah ini yang bisa mengukur tingkat kecocokanmu dengan perusahaan . Kamu akan bersyukur di kemudian hari jika menanyakannya.

wp.quintcareers.com

1. Seperti apa budaya kerja yang ada di perusahaan ini?

Penting sekali untuk mengukur kadar kecocokan budaya perusahaan dengan nilai-nilaimu. Tidak harus mencari perusahaan yang 100% sesuai dengan karaktermu. Setidaknya, kamu harus tau apakah kamu mampu beradaptasi dengan budaya perusahaan tersebut atau tidak. Ingat, budaya cenderung melekat dan menetap dalam waktu yang lama, sehingga mencari kecocokan di awal akan sangat membantu kamu nantinya.

2. Bagaimana jenjang karier di perusahaan ini?

Selain kenyamanan, kamu juga harus memastikan apakah perusahaan menyediakan peluang berkarier yang cukup menantang bagimu. Jika jenjang kariermu jelas, kamu akan lebih termotivasi untuk memberikan performa terbaik saat bekerja

3. Bagaimana nantinya saya akan dinilai?

Masih berkaitan dengan jenjang karier, penilaian kerja juga sangat penting kamu tanyakan. Dengan mengetahui sistem penilaian, kamu akan meminimalisir “buruk sangka” terhadap rekan kerja yang mendapatkan promosi lebih dulu dari kamu. Kamu bisa menilai dirimu sendiri dengan penilaian kerja yang objektif.

4. Untuk melihat potensimu berkembang di perusahaan ini, tanyakan “Training apa saja yang akan saya dapatkan untuk pekerjaan ini?”

Kesempatan training merupakan nilai tambah besar bagi pekerjaanmu. Jika kamu belum siap untuk melanjutkan pendidikan akademik ke jenjang yang lebih tinggi, maka training akan mengisi kebutuhanmu terhadap ilmu dan keahlian baru. Training yang bagus merupakan investasi atau keuntungan yang sangat penting disamping gaji dan asuransi kesehatan.

5. Terakhir, pastikan hak-hak dasar kamu sebagai karyawan. Jika ada yang tidak jelas, jangan ragu untuk menanyakan

Jangan lupa untuk selalu mengecek kembali hak dasarmu sebagai karyawan seperti jatah cuti, jatah lembur, jobdesk, garis pemberian tugas, dan sebagainya. Tiap perusahaan menerapkan kebijakan yang berbeda terkait jatah cuti dan lembur. Pastikan hal-hal ini sebelum kamu menggerutu di kemudian hari.

RulaWoman, bersikap tenang dalam mencari kerja akan membuatmu lebih nyaman dalam bekerja nantinya. Kamu tidak akan merasa tertipu ataupun terjebak jika sudah mengetahui informasi pekerjaan tersebut. Selamat berusaha RulaWoman!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Agar Tidak Cepat Resign, Pastikan 5 Hal Ini Saat Interview Kerja, RulaWoman! ". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Olivinia Qonita | @oliviniaqonita

Introvert who put interest in health, research, community development and writing. She speaks through words.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar