128
Akhir tahun itu selain liburan juga shopping time!

Akhir tahun adalah kabar baik untuk kamu, terutama yang doyan belanja. Sebab apa? Ada banyak event diskon menarik mulai dari black Friday, harbolnas, natal, hingga diskon akhir tahun! Belum lagi kalau ada cuci gudang, hmm seakan belanja apapun bisa! Tapi, jangan sampai diskon-diskon tersebut membuat kamu kalap dan belanja hal-hal yang sebenernya kamu nggak perlu-perlu amat. Bisa-bisa, tanpa terasa, tabungan kamu makin tipis saja. Nggak seru dong, awal tahun baru tapi kamu sudah krisis. Nah makanya sebelum kamu belanja, coba yuk ditimbang-timbang lagi, apakah hal tersebut benar kamu butuhkan atau tidak. Nah, untuk membantu kamu mempertimbangkan, RULA punya tips nih untuk kamu. Simak ya!

1. Prioritas

photo credit: shutterstock

Skala prioritas itu tidak hanya berlaku pada urusan kantor dan tugas kuliah loh RulaWoman. Urusan belanja juga perlu skala prioritas. Nah mumpung ada event diskon gini, kamu harus memanfaatkannya untuk bisa lebih ekonomis, bukan malah boros ya. Jadi sebelum beli, kamu tentukan dulu barang-barang apa saja yang sekiranya urgent kamu beli, diruntut hingga barang yang sebenernya kurang perlu tapi kamu pengen punya. Misal kamu sudah punya lip tint merek A tapi pingin punya merek C, gitu. Nah setelah itu, kamu bisa cari-cari diskon yang cocok untuk item barang yang kamu maksud. Syukur-syukur kalau bisa dapat yang bermerek pula. Jadi jangan sampai, karena barang yang sebenarnya kamu tidak butuh sedang diskon, kamu membelinya dan justru barang yang kamu butuhkan nggak kebeli. Nggak efektif RulaWoman.

2. Budget

photo credit: shutterstock

Oke, ini adalah hal yang paling penting. Setelah kamu menyusun skala prioritas, sekarang kamu lihat budget kamu. Jangan masukkan semua budget kamu untuk belanja ya RulaWoman, mentang-mentang sedang diskon. Jadi tetap sisihkan untuk ditabung. Setelah menentukkan budget, kamu bisa menentukkan budget spesifik untuk produk yang akan kamu beli. Kamu bisa survey dulu, kira-kira barang yang kamu mau itu kisaran harganya berapa. Oh ya meskipun diskon, jangan menyiapkan budget-nya pas dengan diskon ya. Tetap lebihkan agar bila diskonnya telah habis, kamu tetap bisa beli dan tidak merusak buying list kamu.

3. Kualitas

photo credit: shutterstock

Meskipun sedang diskon besar, kamu jangan asal beli barang ya. Apalagi yang di online shop gitu. Kamu juga harus memperhatikan kualitas barang itu RulaWoman. Misal karena labelnya barang import dan sedang diskon, kamu tanpa pikir panjang langsung beli. Padahal umur barang tersebut tidak tahan lama alias gampang rusak. Kan sayang uang yang kamu keluarkan. Makanya kamu tetap harus mengecek kualitasnya ya. Salah satunya dengan meminta review atau rekomendasi teman atau kenalan kamu yang pernah membeli barang tersebut. Atau kamu juga bisa lihat testimoninya. Pokoknya jangan asal comot ya RulaWoman.

4. Cocok


photo credit: shutterstock

Biasanya karena sedang diskon dan barangnya bagus, kamu akan langsung beli. Tapi setelah dicoba ternyata tidak cocok dan bukan kamu banget. No ya RulaWoman. Sebelum membeli, kamu juga harus cek kecocokkan barang itu di kamu. Misal untuk produk kosmetik dari Korea yang sedang diskon, kamu harus tahu barang itu komposisinya apa dan cocok nggak untuk kamu. Jangan hanya termakan diskon dan barang Korea, membuat kamu langsung iya dan membayarnya. Hal tersebut juga berlaku untuk baju dan sepatu ya. Coba cocokkan dengan wardrobe yang kamu punya. Jangan-jangan nggak cocok dan nggak ada yang matching. Kan sayang RulaWoman.

BACA JUGA


Sering Kalap Berbelanja Online? 5 Tips Ini Bisa Kamu Pakai untuk Mendapatkan Harga Terbaik!

Sering Kalap Berbelanja Online? 5 Tips Ini Bisa Kamu Pakai untuk Mendapatkan Harga Terbaik!

Untuk kamu yang hobi berbelanja online dan ingin mendapatkan kebutuhan dengan harga terbaik

Read more..

Nah itu dia RulaWoman beberapa tips belanja agar kamu tidak kalap. Ingat ya, uang kamu bukan hanya untuk belanja dan jangan tergoda dengan diskon besar-besaran ya. Be wise and happy shopping!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Akhir Tahun Memang Surganya Diskon, RulaWoman. Tapi, Jangan Sampai Kamu Kalap Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar