199
Simak rangkuman singkat perjalanan Shafa Fadli di kancah musik tanah air hingga merilis dua single lagunya pada hari Sabtu, 6 Januari 2018.

Politikus yang juga memiliki ketertarikan pada bidang kesusastraan, Fadli Zon, dikaruniai dua orang anak perempuan dari pernikahannya dengan Katharine Grace. Putri sulungnya, Shafa Sabila Fadli, beberapa waktu lalu muncul ke permukaan karena berita yang sensasional. Mulai dari tuduhan adanya penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi sampai fotonya yang dianggap terlalu seksi untuk gadis seusianya, semuanya mengundang hujatan dari publik.

Lupakan sejenak berita-berita miring seputar Shafa dan simak dulu kabar terbarunya yang tengah debut di dunia hiburan tanah air. Rupanya bakat seni dari sang ayah menurun kepadanya. Jika Fadli Zon dikenal sebagai penyair yang telah menerbitkan beberapa buku puisi, ternyata Shafa lebih memilih jalur musik. Belum lama ini, Shafa merilis dua single lagu berjudul Kita Jalin Rasa dan Hope.

Keputusan Shafa untuk terjun ke dunia musik ternyata bukan tiba-tiba atau aji mumpung karena sudah sejak lama ia mempersiapkan diri. Berikut rangkuman singkat perjalanannya hingga merilis dua single lagunya.

1. Shafa lahir di Jakarta, 19 Maret 1998

Image source: hai grid id

Jadi, saat ini usianya 19 tahun dan akan segera menuju usia 20 tahun dalam waktu dua bulan lagi. Pada usia yang semuda ini, Shafa termasuk remaja yang jago dandan dan padu padan outfit serta tidak menampik ketertarikannya pada petualangan alam.

2. Menguji kemampuan vokal dengan mengikuti berbagai kompetisi

Image source: Youtube/Fadli Zon

Melihat sepak terjangnya di banyak kompetisi, kemampuan vokalnya bisa dibilang mumpuni. Shafa meraih juara II Kompetisi Vokalis Terbaik se-Bekasi pada tahun 2011 serta menjadi finalis Singing Competition Tingkat Nasional 2010 yang diadakan oleh Sekolah Musik Purwacaraka. Kabarnya, ia pun pernah mengikuti kompetisi First Vietnam International Choir Festival and Competition di Hoi An, Vietnam pada tahun 2011 dan Kompetisi Choir di Vienna, Austria pada tahun 2012.

3. Piawai bermain musik

Image source: Kapanlagi Plus

Shafa tidak hanya jago menyanyi tetapi juga piawai memainkan piano dan biola. Ia sering ikut ambil bagian dalam pertunjukan-pertunjukan yang dilakukan oleh Purwacaraka sejak tahun 2009.

4. Mempersiapkan dengan matang karirnya di bidang seni dengan mengikuti sekolah musim panas di Amerika

Image source: POPBELA

Shafa memang serius dalam menekuni hobinya. Ia rajin berlatih menyanyi dan alat musik ke beberapa guru profesional seperti Catharina Leimena, guru vokal profesional dan terkemuka di Indonesia. Sejak tahun 2013 sampai tahun 2016, Shafa juga mengikuti Stagedoor Manor Camp di Loch Sheldrake, New York setiap libur musim panas. Stagedoor Manor merupakan lembaga pendidikan yang telah banyak menghasilkan aktor dan aktris terbaik dunia, seperti Natalie Portman, Robert Downey Jr, hingga Lea Michelle. Maka tak heran, ia pun pernah dipercaya untuk bermain peran dalam pentas musikal Les Miserables, Evita, Miss Saigon, dan Nine.

5. Pernah menggelar konser

Image source: Youtube/Fadli Zon

Gadis yang suka main bola ini juga pernah menggelar konser mini pada 11 Oktober 2014 di Rumah Budaya Fadli Zon di nagari Aie Angek, Tanah Datar, Sumatera Barat. Lalu pada tahun 2016, ia menggelar konser tunggal bertajuk A Tribute to Homeland di Gedung Kesenian Jakarta.

Selain itu, Shafa juga pernah tampil dalam acara doa dan konser mengenang maestro biola Indonesia, mendiang Idrus Sardi, di Rumah Kreatif Fadli Zon, Bumi Cimanggis, Depok pada 6 Juni 2014. Saat itu membuka konser dengan menyumbangkan dua buah lagu pada acara yang dihadiri Santi Sardi, Lukman Sardi, Maylaffayza Wiguna, dan Rafika Duri tersebut. Sebelumnya, ia juga tampil menyanyi pada konferensi internasional mengenai human trafficking di Bali pada 2013 yang dihadiri oleh Miss Universe saat itu.

6. Mengusung genre musik yang anti-mainstream

Image source: Liputan6

Berbeda dari kebanyakan penyanyi muda yang biasanya mengangkat musik pop, RnB, atau jazz, Shafa justru membawakan genre musik seriosa dan ballad. Ia bertekad untuk mempopulerkan seriosa dan memotivasi anak muda untuk berani menyanyikan genre musik yang berbeda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Shafa baru saja merilis dua single bertajuk Kita Jalin Rasa dan Hope pada 6 Januari lalu. Nah, kedua lagu tersebut merupakan kategori lagu seriosa.

Acara launching-nya diselenggarakan di Grand Kemang, Jakarta dan dihadiri oleh beberapa musisi, seniman, hingga politisi seperti Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, musisi Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Yoes Rizal (pelukis), Abrory (penyair) dan beberapa rekan politisi Fadli Zon.

Setelah kenal lebih dekat dengan Shafa, cek video klip lagunya berikut ini biar kamu nggak penasaran. Lagu Kita Jalin Rasa berikut ini diciptakan oleh sang bunda, Katharine Grace aka Grace Fadli.

Courtesy: Youtube channel Shafa Sabila Fadli

Nah, bagaimana menurutmu lagu seriosa yang dinyanyikan oleh Shafa ini, RulaWoman?

BACA JUGA


Tentang Lagu 'Istana Tanpa Pangeran', Bahagia itu Datangnya dari Kamu

Tentang Lagu 'Istana Tanpa Pangeran', Bahagia itu Datangnya dari Kamu

Punya pasangan dulu, baru merasa bahagia. Atau bahagia dulu, dengan atau tanpa pasangan. Mana yang menurut kamu lebih tepat, RulaWoman

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Fadli Zon Ini Ternyata Bersuara Merdu dan Rilis Single Baru. Kenalan Sama Shafa Fadli Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar