346
Melunasi utang adalah kewajiban dan inilah langkah mudah menabung yang bisa kamu terapkan sehari-hari sehingga bisa lebih cepat melunasinya.

Bagi pengguna aktif Instagram di Indonesia, nama Angela Lee tentu sudah tidak asing lagi. Ia dikenal sebagai sebagai perempuan cantik dan modis yang tidak jaim, terbukti dari meme buatannya yang mengocok perut serta video parodi lagu yang unik berkat logatnya yang medok. Namun akhir-akhir ini bukan meme atau videonya yang jadi sorotan masyarakat, melainkan kasus utang yang membelitnya.

Bermula dari bisnis tas yang tidak berjalan lancar, alhasil ia harus menanggung utang mencapai 25 M. Melalui akun Instagramnya, Angela Lee sempat mengutarakan isi hatinya yang tentu saja merasa sedih. Namun ia bertekad untuk melunasi utang tersebut meskipun ada banyak orang yang menghalangi usahanya.

Nah, urusan utang-piutang memang tidak boleh dianggap sepele, nih, RulaWoman. Sekecil apapun uang yang kamu pinjam dari teman, kerabat, keluarga, maupun instansi resmi, kamu berkewajiban untuk mengembalikannya. Selain mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya dari hasil bekerja, menabung sedikit demi sedikit juga bisa jadi jalan tambahan untuk segara melunasi utang.

Langkah sederhana ini bisa kamu ikuti agar kegiatan menabung jadi lebih mudah, RulaWoman.

1. Bawa bekal makan siang hasil buatanmu sendiri setiap hari

Image source: The Sharpe

Harus diakui, pengeluaran terbesar manusia berasal dari kebutuhan makan. Membeli sepiring makanan di kantin atau restoran dekat kantor memang lebih praktis dibandingkan kamu masak sendiri. Namun dengan memasak di dapur sendiri untuk bekal makan siang, kamu bisa mengurangi biaya pengolahan makanan serta pelayanan pegawai restoran. Hitung-hitung sekaligus meningkatkan skill memasak, kamu bisa tabung uang sisa pembelian bumbu dan bahan-bahan makanan.

2. Kurangi beli air mineral, bawa sendiri air minummu dari rumah

Image source: waterbobble

Sama seperti halnya menabung yang sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, kebiasaan beli air mineral juga bisa membuat pengeluaranmu membengkak. Tentu akan lebih hemat jika kamu bawa bekal air minum dari rumah, sehingga kamu bisa skip air kemasan saat berada di luar rumah dan bahkan bisa skip menu minuman saat acara makan malam bersama teman-teman.

3. Sebisa mungkin gunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi

Image source: Shutterstock

Kamu mungkin memang harus mengerahkan tenaga ekstra untuk bangun pagi dan melakukan segala sesuatu di rumah secepat mungkin, tetapi dijamin kamu bakal lebih hemat bahan bakar. Aksi ini juga sekaligus menjadi dukunganmu dalam mengurangi kemacetan di jalan.

4. Bawa list belanjaan sebelum pergi ke pusat perbelanjaan

Image source: Eatwell101

Terutama bagi kamu si perempuan yang tidak tahan untuk bawa pulang barang-barang fancy yang kamu lihat dan temui saat berada di swalayan atau mall, adanya daftar belanjaan ini akan menjadi rem bagi terjadinya lapar mata. Pastikan kamu tidak mengkhianati apa yang sudah kamu tulis dan hanya beli barang-barang yang kamu butuhkan.

5. Jual koleksi barang-barang lama

Image source: Tribunnews

Untuk kamu yang generasi 90-an, sekarang banyak, loh, yang mencari mainan jadul. Kalau menurutmu, mainan lama yang menumpuk di kardus atau gudang itu tidak lagi terlalu menarik minatmu, coba jual saja secara online. Kamu juga bisa jual baju-baju lama atau sepatu yang sudah jarang kamu pakai. Jangan lupa cek kondisinya apakah masih bagus untuk dijual atau tidak.

6. Buat sendiri kopi latte-mu daripada lama-lama duduk di kafe

Image source: Shutterstock

Ngopi bareng teman di kafe memang sudah menjadi gaya hidup anak muda masa kini. Namun, bukan berarti kamu harus menyambangi satu per satu dari hari ke hari untuk menghabiskan waktu di sana. Kamu bisa coba bikin sendiri kopi kesukaanmu di rumah. Undang teman-teman agar makin seru.

7. Cat sendiri kukumu tanpa harus pergi ke salon

Image source: Shutterstock

Keindahan memang identik dengan perempuan. Maka wajar jika kamu melakukan perawatan tubuh di salon. Namun demi menjalani hidup hemat, kamu bisa melewatkan jadwal ke salon untuk manicure pedicure sendiri di rumah. Siapa tahu dari kebiasaan ini kamu malah bisa buka salon sendiri, loh.

BACA JUGA


RulaWoman, Inilah 5 Cara Menabung Versi Usia 25 Tahun

RulaWoman, Inilah 5 Cara Menabung Versi Usia 25 Tahun

MUDA MENABUNG, TUA BERUNTUNG - Slogan Menabung

Read more..

Itulah tujuh langkah sederhana menekan pengeluaran sehari-hari. Kamu bisa menabung lebih banyak sehingga bisa lebih cepat melunasi utang.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Angela Lee Terjerat Utang 25 M. Begini Langkah Sederhana Menabung Setiap Hari Agar Kamu Bisa Melunasi Utang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar