1.4K
Berikut adalah kebaikan-kebaikan vitamin E bagi tubuh, yang meskipun antara fakta dan mitos, tetap dipercayai banyak orang.

Banyak produk kecantikan yang menyebut-nyebut nama vitamin E ke dalam komposisinya untuk menarik perhatian pembeli. Mulai dari produk shampoo sampai krim untuk kulit. Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dan mengandung antioksidan yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Nah, berikut kebaikan-kebaikan vitamin E bagi tubuh, yang meskipun antara fakta dan mitos, tetap dipercayai banyak orang.

1. Menghasilkan kulit yang bening dan mencegah kulit kering

Photo credit: Instagram Sandra Dewi

Vitamin E populer sebagai vitamin yang bagus untuk kulit. Ia melawan bekas jerawat serta memudarkan bekas luka atau bintik hitam. Makanan yang dipercaya baik untuk kulit bening ini adalah almond, alpukat, brokoli, dan zaitun. Vitamin E juga dipercaya untuk mengatasinya kulit kasar, kering, dan bersisik yang sering bikin malu. Konon bisa dilakukan dengan cara mencampur beberapa minyak kapsul vitamin E dengan lotion atau langsung membuka kapsul dan menggosoknya di atas tangan lalu memijatnya selama lima menit setiap malam sebelum tidur.

2. Meningkatkan konsentrasi

Photo credit: Top Stories Online

Vitamin E yang terdapat dalam kacang-kacangan, terutama walnuts atau kenari, diyakini dapat meningkatkan konsentrasi sehingga seseorang mudah fokus pada sesuatu. Ada kemungkinan juga bahwa Vitamin E dalam kacang dapat membantu mencegah penurunan kognitif dan menurunkan kemungkinan penyakit Alzheimer.

3. Menguatkan kuku yang rapuh

Photo credit: CheDonna

Meskipun tidak banyak bukti ilmiah yang menilai keefektifan vitamin E pada pertumbuhan kuku, namun banyak orang yang merekomendasikannya. Vitamin E diyakini meningkatkan ketebalan kuku, mencegah serta menangani kuku pecah. Bisa diminum dalam bentuk kapsul, menerapkannya langsung pada kuku, atau merendam kuku dengan dua sampai tiga kapsul vitamin E dalam mangkuk kecil dengan tambahan minyak zaitun atau minyak kelapa.

4. Membuat rambut tumbuh lebih cepat

Photo credit: Ko-te

Hal ini juga tak banyak bukti ilmiah, namun vitamin E dipercaya memiliki senyawa antioksidan yang membantu memperbaiki folikel rambut rusak dan mencegah korosi jaringan di kulit kepala. Dengan demikian rambut tumbuh lebih cepat dan tidak mudah rontok. Saran pemakaiannya biasanya dengan mencampur dua kapsul vitamin E dan dua sendok makan minyak zaitun hangat lalu gunakan untuk memijat rambut sekitar 30 menit sebelum mandi pagi.

5. Menghilangkan stretch marks

Photo credit: HealthTap

Menurut banyak orang, vitamin E juga bisa menghilangkan stretch mark karena senyawa antioksidannya merangsang tubuh untuk membuat sel kulit baru serta mendorong elastisitas kulit untuk mencegah stretch mark baru. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencampur lima atau enam kapsul vitamin E bersama lemon untuk kemudian digunakan untuk memijat daerah stretch mark.

6. Melembabkan bibir yang kering

Photo credit: Pinterest

Minyak vitamin E adalah pelembab alami bagi bibir kering dan pecah-pecah. Kemanjurannya mungkin mengalahkan lip gloss. Cukup dengan mengoleskan isi kapsul vitamin E ke bibir sesuai kebutuhan. Ada pula yang menambahkan satu sendok makan madu untuk campurannya.

7. Mencegah penuaan dini

Photo credit: Livestrong

Saat kulit terkena radikal bebas, molekul ini melemahkan dan menghancurkan sel, seperti besi yang akhirnya berkarat. Vitamin E dipercaya dapat memperbaru sel yang ‘karatan’ ini sehingga mencegah penuaan dini.

BACA JUGA


Selain Untuk Kesehatan, Vitamin E Juga Baik Untuk Kecantikan Kamu RulaWoman.

Selain Untuk Kesehatan, Vitamin E Juga Baik Untuk Kecantikan Kamu RulaWoman.

Banyak terkandung dalam buah dan sayur-sayuran ternyata vitamin E tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan kamu

Read more..

Itulah 7 kebaikan vitamin E yang dipercayai banyak orang. Kini kamu bisa mempraktikkannya untuk membuktikan apakah hal itu benar atau tidak. Tak lupa, selain makanan yang telah disebutkan di atas, vitamin E juga terkandung dalam tomat, biji bunga matahari, mangga, bayam, kiwi, dan hazelnut.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Antara Fakta dan Mitos, Inilah 7 Hal Tentang Vitamin E yang Harus Kamu Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar