252
Seorang workaholic akan dilanda kecemasan ketika dilanda masalah dalam pekerjaan. Dan menjadi seorang workaholic punya dampak yang cukup serius bagi kesehatan.
photo credit: Huffington Post

Workaholic atau seseorang yang memberikan dirinya bekerja lebih keras daripada kebanayakan orang. Dengan kata lain kecanduan kerja. Bahkan seorang workaholic akan dilanda kecemasan ketika dilanda masalah dalam pekerjaan. Meski demikian, menjadi seorang workaholic punya dampak yang cukup serius bagi kesehatan. Stress, temperamen, dan juga membuat kamu tak punya kehidupan lain selain pekerjaan.

Apakah kamu seorang workaholic sejati, RulaWoman? Berikut tanda yang perlu kamu ketahui.

1. Kamu mengerahkan kemampuan lebih banyak daripada yang dilakukan orang kebanyakan

Ya dengan energi berlebih yang kamu miliki, kamu mengerjakan lebih banyak hal daripada apa yang orang lain kerjakan. Tak heran, kamu pun berhasil menyabet prestasi gemilang.

2. Hati dan pikiran kamu terpusat pada pekerjaan, tak peduli dimanapun kamu sedang berada

Meski sedang liburan atau justru saat terbaring sakit, salah satu hal yang sudah pasti jadi kekhawatiran kamu adalah soal pekerjaan. Bahkan kamu tidak rela untuk “meliburkan” diri tanpa mengecek email masuk. Hati dan pikiran kamu selalu terpusat pada satu hal, pekerjaan.

3. Tidak bisa berkata “tidak” pada pekerjaan

photo credit: PicQuery

Pekerjaan kamu menumpuk sejak pagi. Tapi apa mau dikata, kamu tak bisa menolak datangnya tugas baru. Bahkan hanya untuk berkata “sebentar” atau memberi pembelaan kalau kamu sedang menyelesaikan tugas yang tidak kalah urgent.

4. Ada perasaan bersalah ketika kamu tak mencapai target yang kamu tetapkan

Setiap hari kamu selalu punya goal. Tujuan hidupmu kamu bagi dalam goal harian, mingguan, bulanan, 6 bulanan, tahunan, 5 tahunan, dan seterusnya. Kamu merasa tertekan dan bersalah saat kamu tak mampu mencapai goal yang kamu harapkan.

5. Kehidupan kamu hanya seputar dunia pekerjaan, begitu pula dengan relasi yang kamu miliki’

Dengan kata lain bekerja adalah hobi kamu. Kamu pun tak punya kehidupan lain selain bekerja. Komunitas, relasi, lingkungan tempat dimana kamu berada selalu berhubungan dengan pekerjaan.

Bagaimana RulaWoman? Memberi “lebih” itu wajib, jika kamu juga ingin mendapatkan lebih. Tapi jangan lupa kamu hidup hanya sekali. Sayangi dirimu, bekerja keraslah, cari pengalaman sebanyak mungkin, tapi jangan lupa untuk membuat diri kamu bahagia ya, RulaWoman.

Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Apakah Kamu Seorang Workaholic Sejati? Cek Tandanya di Sini, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar