1.7K
Dalam rangka mendukung perkembangan seni kontemporer di Indonesia, Mobiliari Group dan Sampoerna Strategic menghadirkan Art Sampoerna: Flow Into Now, An Appreciation of Indonesia Contemporary Arts, pada tanggal 19 - 21 Mei 2017 berlokasi di The Atrium, Sampoerna Strategic Square, sebagai pameran seni kontemporer yang menggabungkan banyak jenis seni seperti fashion, arsitektur, seni rupa, fotografi dan seni lukis.

Art Sampoerna merupakan hasil kurasi Rizki A. Zaelani, salah satu kurator papan atas di Galeri Nasional, Jakarta. “Flow into Now” berkisah tentang “ruang” yang awalnya terinspirasi dari ide arsitektur dan mewujudkan sensasi “ruang” bagi pengunjung dengan menampilkan karya instalasi dari 49 seniman kontemporer, desainer mode, arsitek, dan fotografer kenamaan di Indonesia.


photo credit : ZettaMedia

“Art Sampoerna merupakan sarana apresiasi kami terhadap seni kontemporer Indonesia. Art Sampoerna juga disiapkan dengan standar internasional namun tetap mampu dinikmati oleh semua kalangan.” ungkap Ann Delny selaku Chief Marketing Officer dari Mobiliari Group.


photo credit : ZettaMedia

Selama Art Sampoerna berlangsung, terdapat beberapa program kegiatan yang terbuka untuk umum, seperti: Art Tour, Workshop, Art Class, dan Artist Talk. Program-program ini menyediakan kesempatan bagi pengunjung untuk terlibat aktif dalam kegiatan seni dan merasakan langsung pembuatan karya seni bersama dengan instruktur yang terlatih.


photo credit: ZettaMedia

“Kami sengaja menyajikan pameran yang berbeda seperti pada pameran pada umumnya. Apabila pameran kebanyakan hanya menyajikan karya seni untuk dinikmati pengunjung, di Art Sampoerna, yang kami inginkan adalah pengunjung ataupun penikmat seni terlibat secara aktif. Untuk itu, kami membuka Workshop sebagai sarana pengunjung untuk turut mengembangkan sense of arts mereka. Tujuannya adalah agar pengunjung lebih menikmati keindahan sebuah karya seni” Ujar Windi Salomo selaku Direktur Pameran.


Photo credit: ZettaMedia

“Sebagai kurator yang dipercaya untuk mengkurasi pameran Art Sampoerna, saya berharap karya yang ditampilkan pada pameran kali ini dapat diterima oleh semua orang. Karena pada dasarnya, karya seni tak perlu dimengerti, melainkan hanya untuk diterima.” tutup Rizki A. Zaelani

Photo credit: ZettaMedia

Kamu akan dimanjakan dengan ruangan yang luas yang penuh dengan design art yang memiliki keistimewaannya sendiri. Bahkan kamu yang nggak mengerti senipun akan berdecak kagum dan mulai mengerti indahnya art atau seni karya anak bangsa sendiri.

photo credit: ZettaMedia

Salah satu karya seni yang unik adalah lukisan augmented reality karya Panca DZ, di mana titik-titik biru dalam kanvas sebenarnya ada IT Coding yang disambungkan dengan aplikasi pada smart phone, sehingga ketika kamu melihat gambar dari smart phone yang memiliki aplikasinya, gambar burung atau bunga yang mengandung kode tersembunyi itu menjadi hidup dan melayang-layang di layar smart phone. Dan ini karya anak bangsa Indonesia loh.

Nah RulaWoman, untuk kamu yang masih bingung ingin pergi ke mana weekend ini, yuk ke Sampoerna Strategic untuk melihat Art Gallery yang sedang pameran di sana.

Ada juga 2 galerry asing yang menjadi sponsornya loh sehingga kamu juga bisa menikmati lukisan kontemporer karya negara tetangga setinglat internasional yang menyejukkan mata.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Art Sampoerna, Apresiasi Mobiliasri Group dan Sampoerna Strategic Untuk Seniman Kontemporer Kini Sudah Kamu Bisa Nikmati di Jakarta". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar