1.2K
Sedang dalam masa diet? Hati-hati dalam memilih makanan yang akan aku konsumsi, RulaWoman! Inilah beberapa makanan yang salah untuk diet!

Ketika dalam masa diet, makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Selain mengonsumsi makanan sehat, tentu kita juga harus menghindari makanan-makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diet. Yap! Diet tentu membuat kita mau tak mau menjadi lebih teliti dalam memilih makanan, agar jenis makanan yang masuk tidak menumpuk lemak dalam tubuh, dan yang terpenting adalah memilih makanan bernutrisi.

Tapi, apakah makanan yang selama ini kamu konsumsi benar-benar baik dan bermanfaat untuk menunjang program dietmu? Nah, inilah beberapa makanan yang salah dan sebaiknya tidak kamu konsumsi saat dalam masa diet! Apa saja, ya? Yuk, simak di bawah ini!

Photo credit: Pexels

1. Kentang goreng

Memang benar adanya, bahwa kentang termasuk makanan yang baik dikonsumsi saat diet, RulaWoman. Kentang bisa membuat perut menjadi sama kenyangnya dengan mengonsumsi nasi, jadi kentang banyak dimasukkan ke dalam daftar menu makanan diet. Tapi, kentang goreng tidak termasuk di dalamnya! Sebab, ketika sedang menjalani diet, kamu sebaiknya mengonsumsi kentang yang direbus, atau dikukus. Kentang goreng hanya akan mengantarkan kandungan minyak berlebihan ke dalam tubuh, RulaWoman.

2. Jus buah kalengan

Jus buah juga merupakan menu yang sehat. Tapi yang jelas, ada baiknya kamu memilih jus buah segar ketimbang jus buah kalengan yang dijual di pasaran. Sebab, produk kalengan biasanya mengandung pemanis buatan atau bahkan bahan pengawet, yang tentu kurang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Photo Credit: Aliexpress

3. Buah bagus dikonsumsi saat diet? Awas, buah berikut ini adalah pengecualian!

Buah saat diet adalah salah satu hal yang baik, tapi hindari konsumsi nanas dan alpukat, ya, RulaWoman! Sebabnya, nanas adalah buah yang kadar kalori dan gulanya terlalu banyak, sehingga tidak baik untuk program dietmu. Sedangkan alpukat sendiri sebenarnya baik untuk kesehatan jantung, dan tentu mengandung nutrisi, tapi sama seperti nanas, buah yang satu ini juga mengandung kalori dan gula yang tinggi!

Photo Credit: Taste

4. Salad for diet? Yeay, but big no untuk salad tuna mayo!

Biasanya di dalam salad ada juga campuran mayo. Jika salad tuna yang kalorinya sudah cukup tinggi, digabung dengan mayo yang juga berkalori tinggi, maka hal ini tidak akan bagus untuk dietmu, RulaWoman! Jadi, ada baiknya kamu menghindari menu ini ketika diet.

Photo CreditL Kompas

5. Sarapan dengan roti tawar?

Roti gandum lebih dianjurkan ketika diet, ketimbang roti tawar. Keduanya memberikan rasa kenyang yang sama, tapi roti gandum mengandung gula yang lebih sedikit, sedangkan seratnya sendiri lebih banyak daripada roti tawar. Selain itu, jarang sekali orang mengonsumsi roti tawar tanpa isi, biasanya roti tawar dikombinasikan dengan cokelat, keju, dan sebagainya. Nah, isian roti ini juga merupakan hal-hal yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat diet, RulaWoman! Jadi, menu sarapanmu bisa diganti dengan roti gandum, yang selain lebih sehat, juga memberikan rasa kenyang! Hihi.

6. Hati ayam

Kamu penyuka ayam, terutama bagian jeroan, RulaWoman? Awas, hati ayam termasuk hal yang sepatutnya dihindari saat sedang diet, sebab dalam hati atau jeroan ayam terkandung lemak yang cukup tinggi. Biasanya, terdapat 50 kalori di dalam 1 ons hati ayam yang siap makan. Bisa terbayang, kan, ada berapa kalori dalam satu kali sajian hati ayam yang lezat ini? Wah!

7. Mie instan

Photo Credit: Youtube

Mungkin kamu seringnya berpikir, bahwa saat diet yang terpenting adalah menghindari makan nasi, dan menggantinya dengan makanan lain yang kelihatannya lebih ‘ringan’. Mie instan juga termasuk pilihan makanan yang kerap dikonsumsi sebab proses memasaknya juga lebih cepat, dan praktis. Meski mie instan seringkali terasa tidak terlalu mengenyangkan seperti nasi, tapi bahan kimia dan pengawetnya cukup menjadi alasan agar makanan ini dihindari saat diet! Selain itu, tingkat kalori mie instan (baik yang goreng maupun yang rebus) ternyata tiga kali lipat dibanding seporsi nasi, lho, RulaWoman! Selain saat diet, sebaiknya juga kamu menghindari untuk konsumsi mie instan terlalu sering, sebab banyak kandungan di dalamnya yang memang kurang baik untuk kesehatan tubuh.


Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat menjalani masa diet, RulaWoman. Beberapa di antaranya memang boleh dikonsumsi, namun kamu hanya harus lebih teliti ketika memasaknya. Sebab cara memasak juga berpengaruh lho, terhadap makanan yang akan kamu makan, dan tentunya akan berpengaruh juga pada program dietmu!

Jadi, stay healthy and happy dengan tetap mengonsumsi makanan sehat, agar dietmu tidak berantakan, ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Awas RulaWoman! Ternyata 7 Makanan ini Adalah Menu Makanan yang Salah Untuk Diet". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar