991
Sebenarnya perlu gak sih, balikan dengan mantan?

Mantan. Satu kata yang mampu membuat nafsu makan berkurang, sedih berkepanjangan, serta ilfil yang tak berkesudahan. Duh, apalagi jika rasa cinta itu tak kunjung hilang dan angin-angin harapan untuk bisa dekat kembali seperti datang tak tahu kapan akan berhenti. Pasti kesel dan gak enak banget 'kan, RulaWoman? Ada alasannya kenapa seseorang menjadi mantan dalam kehidupan kamu. Apapun itu, bukan berarti akhir dari dunia, bukan berarti juga sudah nggak ada pintu maaf yang terbuka.

Kemudian, si Dia ngajak balikan.

Apakah yang harus kamu lakukan? Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu berpikir untuk balikan dengan mantan :

1. Tegaskan penyebab dahulu memutuskan hubungan. Apakah karena orang ketiga, jarak yang memisahkan, restu orangtua, atau ada salah satu sikap yang tidak disukai pasangan.

Source: google.com

Fall in love with your heart but don't forget to take your brain with you. Pikirkan baik-baik RulaWoman, kalau kamu sulit mendapatkan restu dari orang tua, ada faktor agama yang menjadi penyebab perpisahan, percayalah, balikan sama mantan nggak akan membuat persoalan itu pergi.

2. Jika dua orang yang menjalin kasih tersebut merasa tidak ada yang bisa mengerti selain dia, balikan pasti menjadi jawaban paling final. Tapi bukan berarti balikan tanpa saling mengubah sifat dan sikap satu sama lain, ya.

Source: google.com

3. Keyakinan bahwa dia tidak akan tidak mengulangi kesalahan yang pernah dibuat dulu serta memperbaiki, memegang teguh komitmen dan memiliki tekad yang kuat untuk bisa bersama.

Source: google.com

It takes two to tango. Mungkin ada juga penyebab putusnya kamu adalah kesalahan kamu juga. Nah sejauh mana kamu ingin memperbaiki diri dan sejauh mana dia juga mau menerima kamu tanpa harus emosi? Bagaimanakah komitmen atau perjanjian baru yang kalian berdua mau lakukan demi kebahagiaan bersama? Namun yang lebih penting, apa benar kamu bahagia dengannya?

4. Balikan itu seperti membuka kembali buku yang pernah dibaca.

Itu artinya kita sudah sama-sama tahu kesalahan, sifat dan sikap masing-masing. Dengan alasan itu lah kita seharusnya tidak membuang-buang waktu untuk melewati masa ‘pdkt’ lagi. Tapi jangan lupa, akan ada masanya sifat buruknya yang membuat kalian putus terulang kembali. Di sini kamu akan kembali diuji. Kamu sudah siap belum menerimanya dengan segala kemungkinan sifat buruknya dan lagi-lagi kamu disakiti?

Source: google.com

5. “Aku gak bisa hidup tanpa dia.” Merupakan kalimat yang memiliki arti bahwa kedua belah pihak itu sebenarnya masih memiliki rasa ketergantungan yang tinggi dan saling membutuhkan satu sama lain.

Kenapa tidak kembali saja? Tapi apa benar kamu nggak bisa hidup tanpa dia? Toh sebenarnya kamu masih bisa bernafas dan dunia tetap terus berputar 'kan RulaWoman? Tentukan dulu, apakah kamu mau balikan karena memang masih cinta, atau ego semata yang memainkan emosi jiwa?



Itulah lima hal yang perlu diperhatikan jika mengharuskan balikan dengan mantan. Jangan sampai salah ambil keputusan, ya, RulaWoman!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Balikan Sama Mantan, Perlukah? Simak 5 Hal Berikut Ini Sebelum Kamu Jatuh Kepada Kesalahan yang Sama, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Siti Yulianingsih | @styulians

A student of Accountancy STIE Ahmad Dahlan. A Staff of Finance PT Dapur Cokelat. A writer at Storial.co.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar