4.6K
Mungkin kamu pernah batal menikah, atau kamu kenal dengan seseorang yang batal pernikahannya. Tak ayal, pasti kesedihan yang melanda. Tetapi tahukan kamu kalau ada berkah yang tersembunyi dari batalnya suatu pernikahan?

Tidak ada yang pernah berkata kalau pembatalan pernikahan itu mudah. Memutuskan untuk menikah dengan seseroang juga bukanlah sesuatu yang mudah. Namun kalau ternyata memang pernikahan yang sudah direncanakan harus berakhir dengan pembatalan, apalagi pembatalannya atas keinginan pihak laki-laki, tidak ada yang bisa kamu lakukan, RulaWoman.

Namun kamu bisa melihat bahwa ternyata ada 7 berkah tersembunyi dari batalnya pernikahan kamu. Apa sajakah itu?

1. Kamu terlepas dari seseorang yang salah

Sederhana saja, kalau memang ia adalah orang yang benar untuk kamu, maka pernikahan ini nggak akan batal apapun alasannya. Dan sebenarnya kamu juga tahu, atau sedikitnya ada merasakan, kalau ada sesuatu tentang dirinya yang kamu nggak sreg. Entah karena rasa percaya dirinya yang rendah, atau hal lain mengenai sikap dan sifatnya yang sebenarnya nggak setara dengan kamu, maka ini akan jadi kendala yang mengganggu.

Terlihat sepele memang dan kamu siap membatin dalam hati kalau kamu memang bisa menerima dirinya apa adanya. Tapi kalau ternyata dia tidak? Maka artinya memang kamu terlepas dari orang yang salah.


photo credit: dailymail.com

2. Kamu terlepas dari seseorang yang tidak mencintai kamu.

Kamu tahu kan RulaWoman, pada saat kamu mencinta seseorang apapun akan kamu lakukan untuknya? Sebagai perempuan kamu harus tahu kalau kamu berharga, dan layak untuk diperjuangkan. Dan seseorang yang membatalkan pernikahan, artinya ia mundur sebelum mau berusaha dan memperjuangkan diri kamu.

Pernikahan bukanlah sesuatu yang mudah. Akan ada banyak kendala yang timbul selama kamu menjalaninya nanti. Kalau belum apa-apa saja ia sudah menyerah, bagaimana nanti kalau persoalan yang lebih besar dan lebih serius muncul?

3. Kamu memiliki kesempatan untuk instrospeksi diri dan boleh berlibur yang panjang tanpa ada yang memarahi

Batalnya pernikahan membuat kamu memiliki alasan untuk berlibur panjang. Kamu memiliki hak untuk bersedih dan melupakan semua dengan liburan atau berkesendirian. Namun setelah air matamu habis, mulainya berintrospeksi diri. Bukan tentang kesalahan yang sudah kamu buat, namun lebih ke apa sih yang sebenarnya kamu inginkan?

Mungkin selama ini kamu selalu mengutamakan dan mendahulukan kepentingan pasangan kamu, sehingga kamu melupakan tentang apa yang kamu inginkan sebenarnya untuk diri kamu sendiri. Dan ini sebenarya suatu hal yang memang biasa perempuan lakukan kala sudah jatuh cinta, yaitu mengutamakan orang lain selain dirinya sendiri. Sekarang, kamu bisa mengutamakan orang yang paling penting dalam hidup kamu, yaitu diri kamu sendiri.

photo credit: tico.com

4. Kamu jadi memiliki waktu untuk diri kamu sendiri

Perpisahan membuat diri kamu tidak lagi memikirkan orang lain. Nah kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan memikirkan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kamu akan semakin dekat dengan Tuhan, dan kamu menjadi seseorang yang baru serta memiliki persepsi yang berbeda.

Untuk itu, benahi dirimu, RulaWoman. Cari tahu apa yang menjadi kesukaan kamu dan apa yang membuatmu bahagia. Beri waktu hatimu untuk sembuh terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk menjalin hubungan lagi dengan siapapun. Dan yang terpenting, jangan terlalu terburu-buru mencari pengganti untukmu. Karena kamu hanya akan menjadikannya pelarian, dan menambah masalah.

5. Kamu malah semakin menggali potensi diri dan mengejar passion kamu

Jangan pikirkan laki-laki dahulu. Anggap saja kamu sedang libur dari dunia percintaan. Alihkan cintamu untuk hal lain, yaitu untuk karir kamu, dan passion kamu. Perbanyak ilmu dengan datang ke seminar-seminar yang kamu tahu akan membuat kamu menambah wawasan dan memperluas pergaulanmu.

Fokus pada penambahan kualitas diri, dan kenali diri kamu sendiri, apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kalau selama ini waktu kamu tersita untuk pasanganmu dan bagaimana kamu berusaha untuk memajukannya, maka kali ini kamu memiliki seluruh waktu untuk memajukan diri kamu sendiri.

photo credit: websterlawyers.com

Dan percayalah, cinta akan datang pada saat kamu siap, bukan pada saat yang kamu inginkan.

6. Kamu jadi semakin tahu apa yang kamu inginkan dari kriteria seorang laki-laki

Pastinya ada beberapa sikap dan sifat dari mantan kamu yang sebenarnya adalah pertanda kalau kamu nggak cocok. Perpisahan dari pernikahan yang batal ini akan memberikan pelajaran yang jelas berat untukmu, namun kamu jadi lebih tahu kriteria seperti apa laki-laki yang pantas mendampingi kamu.

Setiap orang memang memiliki karakter yang berbeda. Mungkin selama ini kamu juga termasuk seseorang yang nrimo dengan kondisi dan keadaan si mantan. Namun setelah batalnya pernikahan ini, pastinya kamu akan semakin lebih tegas dalam menentukan laki-laki idaman kamu agar kejadian ini tidak berulang, bukan?

7. Kamu semakin didekatkan pada Tuhan dan kepada jodohmu yang sebenarnya.

Ini mungkin terdengarnya klise, tapi percayalah bahwa Tuhan justru tengah menyelamatkan kamu karena rencanaNya pasti lebih baik dari bayanganmu. Dan setiap patah hati adalah jalan menuju pendekatan kamu pada jodoh kamu yang sebenarnya. Dan dalam kesedihan, tempat kamu mengadu yang paling tepat, adalah pada Tuhan. Karena hanya dalam kesedihanlah kamu bisa benar-benar berpasrah.

photo credit: F9vision.com

Cinta memang tidak selalunya enak, bahkan banyak misteri serta kekacauan yang mungkin timbul atas nama cinta. Namun cinta selalu layak untuk diperjuangkan dan ditunggu. Jadi jangan menyerah dan berhenti percaya akan cinta ya RulaWoman. Siapa tahu, laki-laki berikut yang akan kamu temui ketika kamu jalan-jalan hari ini, akan langsung jatuh cinta pada senyuman manismu.

Tersenyumlah dan cinta akan menghampirimu, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Batal Nikah Itu Berkah Loh RulaWoman. Inilah 7 Hal Tersembunyi Yang Ada Dibalik Batalnya Suatu Pernikahan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Maharani Adinata | @RaniAdinata

A genuine Scorpio with the love of music, books, chocolate cake and a cup of tea.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar