497
Don’t walk behind me; I may not lead. Don’t walk in front of me; I may not follow. Just walk beside me and be my friend. — Albert Camus

Traveling berdua tentu saja punya kelebihan tersendiri daripada kita hanya menjalani solo traveling. Jalan-jalan berdua berarti mempunyai kesempatan untuk berbagi. Berbagi kamar, berbagi makanan, dan termasuk pula berbagi ide tujuan liburan akan dibawa kemana. Sebelum memutuskan jalan bareng, pastikan terlebih dahulu 8 hal di bawah ini, RulaWoman;

1. Tidak perlu menebak, kenali dulu si Dia luar dan dalam

Kita pasti sudah tahu karakter teman jalan dari kesehariannya, apakah dia gampang emosi, apakah dia tipe follower yang ringan berkata 'terserah' jika ditanya sesuatu. Pastikan kita tahu apa saja kelemahannya, apakah suka meminjam uang, suka bangun siang, sangat hobi belanja. Yakinkan diri, bahwa segala kelemahannya itu masih bisa kita tolerir.

2. Karena Jalan berdua, turunkan ego untuk menguasai perjalanan

Setelah mengetahui destinasi tujuan tempat liburan, kita tentu saja punya banyak wish list tempat yang akan dikunjungi. Buatlah listing sebanyak-banyaknya untuk kemudian didiskusikan dengan travelmate kita. Jika kita tidak ingin berbagi, berpikirlah untuk memilih solo-trip.

3. Duduk bareng, buat list tempat yang akan dikunjungi bersama-sama

Source: Pixabay

Mintalah dia juga membuat wish list tempat ditujuan yang ingin ia kunjungi. Pilihlah tempat seru untuk membahas tempat tujuan yang kita berdua ingin kunjungi bersama-sama. Cocokkan dengan yang sudah kamu buat. Tempat yang sama-sama ditulis, menjadi tempat yang seharusnya dikunjungi. Namun, tempat yang hanya kamu atau dia yang menuliskan, diskusikan lah secara terbuka.

4. Merasakan gelisah? Jangan sungkan untuk menyampaikan apa yang kita mau

Ada kalanya, ketika teman kita sedang semangat untuk berbelanja, sementara kita tidak. Jangan sungkan untuk menyampaikan apa yang kita rasakan. Misal, "saya menunggu di resto A sambil mencicipi ini, ya?" atau hal lainnya sambil menunggu ia berbelanja.

5. Terbiasa bangun siang? Please ontime untuk menjaga mood si Dia

Tingkatkanlah toleransi ketika traveling berdua. Hal buruk dari kita cobalah untuk dikurangi. Sesederhana hobi bangun siang saja terkadang bisa merusak mood teman jalan kita. Be smart, ladies!

6. Bergantian membayar? pastikan tetap buat arus kas selama perjalanan

Source: Pixabay

Pastikan kita saling merekap pengeluaran selama perjalanan berlangsung. Bisa saja membuat kesepakatan di awal apakah dimulai dengan menyetorkan uang ke salah satu, atau bayar saling bergantian. Di akhir perjalanan, rekaplah biaya tersebut dan dibagi secara rata.

7. Setiap perjalanan tidak akan selalu sempurna, duduk bareng untuk ungkapkan uneg-uneg masing masing

Liburan usai, hati puas. Tapi tetap saja selama perjalanan pasti ada saja hal-hal yang terjadi di luar kehendak kita. Jangan sungkan untuk bertanya dan intropeksi diri untuk perbaikan jalan jalan selanjutnya.

Gimana? Masih ragu untuk jalan bareng sahabat? Kalau tidak sekarang, kapan lagi?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Lupa Diketahui, 7 Tips Traveling Tanpa Drama Bareng Sahabat". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Isnia Nuruldita | @alaniadita

Human Capital Enthusiast | Compensation & Benefit I Volounteer Of #OneDayFunDoingFun | Writing on www.alaniadita.com |

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar