496
"Bila saya memintamu untuk menyebutkan semua hal yang kamu cintai, berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyebut dirimu sendiri?"

Pertanyaan ini benar-benar menampar diri saya, apalagi pertanyaan itu saya baca di saat kepercayaan diri saya berada di titik terendah. Sedihnya, saya tahu bukan cuma saya saja yang self esteemnya hancur-hancuran, tapi banyak! Saya yakin masih banyak yang mengalami problema ini. Jujur, mencintai diri sendiri adalah tantangan yang sangat sulit dan saya pun masih berjuang dalam mempraktekkannya sehari-hari. Ketahuilah, perjalanan menuju self compassion pasti tidak akan dilalui dengan mulus, bahkan terkadang seakan seluruh dunia tidak mendukung kita untuk meraih hal itu. Dalam artikel ini, saya akan mengupas apa saja hal-hal yang pernah dan wajib dialami oleh orang-orang yang sulit untuk mencintai dan menerima diri apa adanya!

Banyak sekali kata-kata negatif yang kita dengar sejak kecil...

(sumber: Giphy.com)

Kadang bukan cuma kata-kata, seringkali perlakuan dan reaksi negatif orang-orang terhadap kita juga mampu membuat kita merasa down dan gak cukup alias "not enough". Mirisnya, kata-kata, perlakukan, dan reaksi negatif tersebut seringnya datang dari orang-orang terdekat.

Akibatnya secara nggak sadar kita meyakini kalo kita benar-benar tidak berharga...

(sumber: Giphy.com)

Ya, kita mulai merasa rendah diri dan tidak berharga. Bersamaan dengan turunnya self esteem, kualitas hidup kita pun terasa ikut menurun. Sulit sekali untuk bisa merasa bahagia, life is just black and blue. Tapi, kita bisa apa sih selain pura-pura kalo kita baik-baik saja di depan banyak orang?

Namun, ada kalanya kita terlalu frustasi dengan diri kita sendiri...

(sumber: Giphy.com)

Semua yang sudah kita tahan-tahan, akhirnya keluar juga... Siapa sih yang nggak lelah berpura-pura kalau semua baik-baik saja? Kita harus lebih jujur dengan perasaan kita sendiri, kan nggak sehat memendam perasaan negatif lama-lama.

Sayangnya memang tidak semua orang bisa mengerti apa yang kita rasakan...

(sumber: Giphy.com)

Mereka cuma bisa mengkritik kita dan heran sendiri melihat diri kita sebegitu frustasinya... Walau ada juga orang-orang yang mengerti perasaan kita, tapi tetap ada orang-orang yang cuma bisa judging. Huft, coba mereka bisa merasakan apa yang kita rasakan.

Menghabiskan waktu sendiri menjadi hal yang paling kita tunggu-tunggu...

(sumber: Giphy.com)

Di saat sendiri, nggak akan ada yang mengkritik kita, nggak ada ekspektasi dari luar yang perlu kita penuhi, dan nggak perlu lagi berpura-pura! Me time? It's the definition of heaven!

Namun demikian, kan ada satu titik di mana kita sadar bahwa apapun yang kita lakukan, memang nggak akan pernah cukup...

(sumber: Giphy.com)

Walau selalu berusaha menyenangkan dan membuat bangga orang lain, semua selalu berakhir dengan kekecewaan... Sadarlah kalau kita memang nggak akan pernah bisa memuaskan semua orang, RulaWoman!

Dan selamanya kita memang nggak akan pernah cukup!!

(sumber: Giphy.com)

Karena kita memang manusia yang nggak dan nggak akan pernah bisa sempurna, kan??

Jadi... buat apa terlalu dipikirin?

(sumber: Giphy.com)

Stop overthinking about it! Saatnya bilang ke dunia kalo kita... NGGAK PEDULI!!! Saatnya kita bebas dari hal-hal yang mengekang kita dari kepercayaan diri!

Karena yang paling penting bukan pendapat orang tentang diri kita, tapi...

(sumber: Giphy.com)

Pandangan kita terhadap diri kita sendiri! :)

RulaWoman, jangan tunda-tunda lagi! Sekarang adalah waktu yang paling tepat buat jatuh cinta sama diri sendiri!! S e k a r a n g ! ! Last but not the least, pesan buat RulaWoman di manapun kalian berada: Believe you are wonderful because yes, YOU ARE WONDERFUL!! ;)

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Banyak Perempuan yang Sulit Mencintai Diri Sendiri. Kamu Juga? Yuk, Baca Mantra Berikut!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Michele Gracia | @michelegrc

Creative Writing & Visual Design Enthusiast. Self Love Practitioner. A mad part time blogger on www.gegegila.com. Occasionally release my narcissism on instagram @gegegrc.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar