1.5K
Setelah menunggu berhari-hari, akhirnya kosmetik pesanan datang juga! Tapi pas dipakai, kok nggak cocok ya? Malah bikin wajah terlihat kusam, padahal sudah memerhatikan puluhan review vlogger di YouTube yang punya kulit yang tampaknya setipe. Eits, ini tandanya kamu belum kenalan banget sama skin tone-mu, RulaWoman.

Ternyata, deskripsi warna kulit seperti putih, kuning langsat, sawo matang, atau dark skin nggak cukup untuk mendeskripsikan warna kulit kamu. Warna kulit putih juga macam-macam warnanya, seperti Kathleen Lights dan Harumi PS, keduanya memiliki kulit yang putih namun preferensi makeupnya pasti berbeda karena keduanya memiliki skin tone yang berbeda.

Untuk mengenali kulitmu, ada dua hal yang perlu kamu teliti: your skin tone dan undertone. Kalau kamu mengenal betul skin tone kamu, bakal sepuluh kali lebih mudah untuk kamu membeli produk kosmetik online karena, ya namanya juga online, there's no free tester.

Daripada buang-buang rupiah untuk warna lipstick atau foundie yang nggak sesuai (apalagi kalau belinya high-end makeup, duh patah hati banget kan?), yuk cek langkah-langkah mengenal warna skin tone supaya kamu nggak nyesel beli makeup online!


1. To determine your skintone, lihat cermin!

Source: The Weekly Knob

Kalau kamu sedang berkaca sebelum memulai rutinitas skin caremu, kamu pasti sudah bisa menilai sendiri apakah kulitmu terang, gelap, atau medium. Tapi kalau masih bingung, coba perhatikan kondisi kulitmu ketika lagi di bawah paparan sinar matahari. Kalau kulit kamu gampang banget "gosong" atau langsung belang saat main ke pantai padahal sudah memakai sun block, maka kamu memiliki fair skin. Kalau kulit kamu berwarna terang pada umumnya tapi terlihat agak lebih kuning atau beige daripada fair skin, maka tipe kulit kamu adalah light. Kalau terlihat way more olive dari fair skin, maka kulitmu tergolong medium, sedangkan kalau kulit kamu nggak berubah di bawah paparan sinar matahari, maka kulitmu tergolong dark skin.

2. Lihat pergelangan tanganmu, cermati urat nadimu


Source: Pinterest

Yes, langkah paling mudah untuk menentukan undertone-mu adalah dengan memeriksa warna urat nadi yang ada di pergelangan tanganmu, RulaWoman. Warna urat nadi dapat menunjukkan undertone kulitmu, apakah cool, netral, atau, warm. Coba cek pergelangan tanganmu di bawah sinar matahari, jika berwarna biru atau ungu maka undertone kulit kamu adalah cool. Kalau yang terlihat warnanya adalah biru dan hijau, maka undertone kamu adalah netral. Tapi kalau yang terlihat warnanya hijau atau cenderung coklat, maka undertone kamu adalah warm.

Masih bingung? Cek kuis pada link di bawah ini untuk mengetahui skin tone dan under tone kulitmu:


Nah, kamu sudah nggak bingung lagi kan membeli foundation atau concealer yang tepat untuk kulitmu?

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Beli Makeup Online, Pas Datang Kok Warnanya Nggak Cocok Ya? Oops! Mungkin Kamu Belum Mengenal Dengan Baik Skin Tonemu, RulaWoman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar