3.7K
Cinta yang ditunggu sering terlihat tidak ada yang datang. Malah status jomblo rasanya sudah terlalu lama untuk disandang. Namun daripada kamu memaksakan dan berakhir dengan perceraian, bukankah baiknya ada pembelajaran yang kamu mengerti dahulu?

RulaWoman, apakah kamu benar-benar mengerti tentang cinta atau masih hanya sebatas konsep pacaran? Ketika status jomblo kamu sandang, sementara teman-teman dan saudara kamu di sekeliling kamu sudah memiliki pacar, dan bahkan mulai menyebar undangan pernikahan, tekanan sosial karena status lajang menjadi hantumu.

Tapi sebelum kamu salah langkah dengan memaksakan hubungan, ada 9 hal yang kamu harus tahu sebagai pembelajaran yang saya dapatkan dari sebuah perceraian.

1. Cinta itu tidak bisa dipaksakan

Sewaktu saya masih berusia 20-an, saya berkata pada diri saya sendiri kalau saya akan menikah di usia 25 tahun. Saya menetapkan timeline yang dipaksakan sesuai dengan keinginan saya, dan mengabaikan kalau sebenarnya cinta itu bukan yang sesuai dengan saya karena saya yang mengatur.

Ada tanda-tanda yang jelas sebenarnya hubungan itu akan kandas. Hati nurani memang tidak bisa dibohongi, tapi saya memilih untuk mengabaikannya. Akhirnya, dengan berpaku pada timeline yang saya tetapkan, saya menikah, kehilangan arah dan akhirnya bercerai.

photo credit huffingtonpost.com

2. Cinta itu nggak ada waktunya

Dengan kata lain, cinta itu nggak dibatasi oleh jarak dan waktu. Ada ikatan yang selalu terjadi antara kamu dengan pasangan kamu. Namun seringkali karena kamu tidak sabar untuk menunggu, laki-laki yang dekat dengan kamu, kamu jadikan acuan sebagai dialah jodoh kamu dan ternyata, kamu nggak bahagia tapi terus memaksakan untuk bertahan.

Cinta yang sebenarnya nggak hanya membuat kamu bahagia. Namun juga membuat kamu merasa nyaman dan kamu tahu, kamu dicintai. Kamu adalah tim berdua yang saling mengisi, sehingga dengan bersama, kamu menjadi utuh.

3. Cinta itu bukan konsep pemikiran tentang bagaimana kamu punya pasangan dan tampil di muka umum

Peer pressure atau tekanan sosial seringkali akan mengaburkan pandangan kamu tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam sebuah hubungan. Pikiran kamu menjadi bias antara tuntutan yang terjadi di sekeliling kamu, dengan apa yang seharusnya terjadi, dan membuat kamu membantin, "Akan sangat menyenangkan memang kalau ada yang mendampingi,dan sekedar mengantar jemput dalam suatu acara dan kegiatan."

Perasaan bahwa kamu adalah "milik seseorang" membuat kamu merasa nyaman dan bahagia. Padahal, itu bukan cinta dan kamu nggak butuh itu. Cinta adalah perasaan yang membuat kamu utuh, nggak peduli kamu berada di mana. Dan bukan masalah apa kata orang, namun bagaimana kebersamaan kamu bersamanya yang penting.

4. Cinta itu datang dalam berbagai macam bentuk untuk meninggalkan pembelajaran

Mungkin kamu merasakan hubungan percintaanmu kandas beberapa kali. Namun selalu ada pembelajaran yang ditinggalkan di sana. Kamu akan menjadi tahu apa yang kamu inginkan dan tidak inginkan dalam sebuah hubungan. Kamu belajar mengerti diri kamu sendiri dan menetapkan standard untuk hubungan yang kamu inginkan.

Dan setiap cerita cinta yang kamu alami, itu akan seperti anak tangga yang kamu naiki. Semakin kamu mengerti apa yang kamu inginkan, maka anak tangga itu akan menempatkan kamu semakin tinggi dan semakin dekat dengan belahan jiwamu, RulaWoman.

5. Cinta itu datang pada saat kamu siap dan tidak siap

Kriteria siap atau tidak seseorang akan cinta itu menjadi bias karena waktu yang nggak jelas. Namun yakinlah satu hal, RulaWoman, pada saat kamu membutuhkannya, dan benar-benar membutuhkannya, maka cinta itu akan datang untukmu. Sekarang hanya masalah kesiapan kamu akan cinta, dan kamu benar-benar paham: apa sih yang sebenarnya kamu butuhkan dan inginkan?

Cinta akan membantu kamu mendapatkannya.

6. Kamu bisa mendapatkan cinta, kalau kamu mau

Dan bukan hanya sekedar memiliki pasangan, atau melepas status lajang. Tapi kadang sadar atau tidak kamulah yang memasang tembok setinggi langit agar tidak ada laki-laki yang mendekatimu semata karena kamu skeptis dan percaya kalau nggak ada laki-laki yang cukup baik untukmu.

Baik karena kamu terlalu sering dikecewakan, atau pengalaman batin lain yang menyakiti hatimu.

Kamu harus sembuh dahulu, RulaWoman. Ada luka batin yang tertinggal akibat rasa sakit yang timbul. Nah sebelum kamu bisa menyembuhkan luka batin kamu, tanpa sadar kamu memasang tanda not available untuk cinta. Jadi apakah yang kamu inginkan RulaWoman?

7. Dalam seiring jalannya waktu, kamu akan paham cinta tanpa pamrih itu apa

Kesendirian kadang adalah blessing in disguise, yang menyamar untuk membuat kamu merasa kembali dan mengerti apa yang sebenarnya dimaksud dengan cinta tanpa pamrih. Kamu hanya perlu melihat dan merasakan di sekeliling kamu, dan menyadari cinta tanpa pamrih itu apa. Pada saat kamu sudah bisa mencintai seseorang tanpa pamrih, maka kamu akan tahu cinta yang kamu miliki sangatlah besar.

Bayangkan laki-laki yang menjadi belahan jiwamu. Dengan besarnya cinta yang kamu miliki, cinta yang sama pulalah yang akan kamu terima. Karena cara kamu mencintai diri kamu sendiri, adalah cara belahan jiwamu mencintai kamu sepenuhnya. Sekarang, apakah yang kamu mau lakukan untuk diri kamu agar kamu merasa sangat dicintai?

8. Cinta itu mema'afkan dan terus mema'afkan

Ada kalanya memang perselisihan itu ada. Namun dengan mudah kamu akan melupakan dan mema'afkan semata karena kamu tahu, cinta kamu lebih berharga daripada hanya menghabiskannya dengan marah dan rasa kesal.

Dengan mudah, kamu membuang rasa kesal dan marahmu. Kamu bahkan hanya bisa mengingat rasa cinta kamu untuknya. Dan maklum, memang ada hal-hal yang mengundang perbedaan, namun bukan berarti tidak bisa diselesaikan.

Kalau kamu masih merasa segala masalah itu adalah masalah dan sulit rasanya untuk mema'afkan, maka itu bukan cinta. Apalagi kalau kamu masih suka mengungkitnya.

photo credit livemans.com

9. Cinta itu layak untuk ditunggu

Ada kalanya saya sendiri suka merasa putus asa dan berpikir kalau cinta itu nggak ada untuk saya. Sikap apatis dan penolakan akhirnya membuat hati saya beku dan cuek. Sampai akhirnya, saya benar-benar merasakan jatuh cinta lagi.

Dengan siapa? Tokoh fiksi. Tapi rasa yang ditinggalkan yang membuat hati saya hangat kembali, itu yang saya ingat dan membuat saya percaya kalau cinta itu ada dan layak ditunggu.

Then love come to me like the midnight mist that is full of mystery. And my heart starts to beat, with a warm shades of love that wash away my pain and misery. A little light called hope, start shinning down only for me, and now matter how hard my life is, how difficult my day is, that simple love that I have for you, strengthened me. - FSP

Kalau misalnya semua sedihmu, dan rasa berat serta masalah yang menghimpitmu bisa hilang karena kamu memiliki kekuatan karena cinta, bukankah artinya cinta itu layak untuk ditunggu? Bayangkan besarnya cinta yang ada untukmu nanti, dari seseorang yang hanya ingin membahagiakan kamu dan hidup untukmu, maka kamu nggak akan ingat lagi dengan segala masa di mana kamu sendiri.

Dan semuanya menjadi sangat worth it.

Jadi RulaWoman, percayalah kalau cinta itu ada untukmu dan bahagia itu adalah milik kamu, ya. Masalah kapan, percayalah kalau semua ada timeline-nya.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berapa Lamakah Kamu Bersedia Menunggu Untuk Cinta? 9 Hal Pembelajaran Yang Saya Pelajari Tentang Cinta Setelah Perceraian". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Fioney Sofyan | @fioneysofyan

I'm the Managing Editor at Rula.co.id., a marathoner in training, forex and IDX stock market trader, a writer, a dreamer and a mother of 2 Angels.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar