1.6K
Menjalani bisnis online dengan Instagram? Nggak sulit, kok. Tapi pastikan kamu melakukan hal-hal berikut ini untuk menambah pelanggan, RulaWoman!

Dulunya Instagram hanya digunakan untuk berbagi gambar dan banyak pula para penggemar fotografi menjajal aplikasi satu ini, RulaWoman. Tapi semakin hari, tak sedikit pula online shop yang tumbuh dan besar karena Instagram. Hal ini terutama tentu disebabkan karena banyaknya jumlah pengguna Instagram. Dari Indonesia saja, per bulan Juni 2016 kemarin, tercatat sebanyak 22 juta pengguna aktif Indonesia di Instagram! Sebuah angka yang memang tidak kecil, dan kamu pun bisa menggunakannya sebagai peluang untuk memajukan bisnis online-mu, lho, RulaWoman!

Mungkin bukan sesuatu yang baru pula jika ada komentar-komentar berbentuk spam dari berbagai jenis online shop tampak memenuhi akun Instagram selebriti lokal. Para pemilik bisnis online kerap berlomba-lomba untuk meraup pelanggan dengan cara yang paling ekstrem sekali pun seperti spam. Tapi tahu nggak, sih, RulaWoman, bahwa sebagai owner kita pun harus punya etika sendiri ketika berjualan di Instagram. Instead of spam sana-sini, masih banyak kiat yang bisa kamu lakukan agar orang melirik tokomu. Apa saja? Yuk, simak!

Photo Credit: Social Media Today

1. Lengkapi profil Instagrammu

Pastikan kamu mencantumkan hal-hal penting di bio akun Instagram-mu. Misalnya; lokasi, jenis bank yang digunakan, kontak yang bisa dihubungi, serta deskripsi singkat mengenai toko yang kamu kelola. Dengan begitu, pelanggan yang baru saja mampir ke akunmu bisa mendapat gambaran mengenai barang apa yang kamu jual. Terlebih jika kamu mengunci akun! Mereka tidak akan tahu apa yang kamu jual, jika tidak ada keterangan atau penjelasan di bio profil, kan?

2. Ubah ke Instagram business account

Pada update terbaru Instagram, kita juga bisa mengubah akun menjadi Instagram for business alias akun bisnis! Dengan mengubah akunmu menjadi akun bisnis, kamu juga secara otomatis akan menampilkan jenis bisnis yang kamu lakoni, beserta alamat (jika kamu punya toko offline, misalnya). Ini bermanfaat banget, lho, RulaWoman! Sebab bio profil Instagram for business notabene lebih lengkap daripada Instagram account biasa. Dan, ada satu lagi manfaat Instagram for Business ini, yaitu kamu juga akan memiliki pilihan ‘contact’ pada akunmu. Ketika pengguna Instagram memilih opsi tersebut, mereka akan langsung dialihkan ke nomor kontakmu (baik kantor maupun ponsel), dan dengan sekali dial, akan tersambung segera. Voila!

Photo Credit: Elle

3. Posting foto secukupnya, namun berkala

Instagram merupakan sebuah galeri foto. Usahakan agar kamu hanya memposting foto secukupnya, tidak terlalu banyak dan malah akhirnya spam di beranda orang lain. Meski demikian, lakukan hal ini secara berkala agar para followers-mu bisa terus tahu bahwa kamu merupakan online shop yang aktif! Dan jika merasa perlu, berikan juga watermark pada fotomu agar tidak dicuri orang serta digunakan untuk hal-hal yang tak diinginkan.

4. Promosikan juga akun Instagram-mu ke media sosial lainnya

Kamu punya web atau media sosial lain? Yap, jangan lupa untuk promosikan Instagram milikmu ke akun media sosial lainnya, untuk meningkatkan awareness-nya. Dengan begitu, barangkali teman-temanmu di Facebook –misalnya, akan tahu bahwa kamu punya sebuah toko di Instagram. Siapa tahu juga, mereka dengan sukarela akan ikut membagikan iklan tokomu di media sosial mereka sendiri, RulaWoman.

Photo Credit: Blog Shoop

5. Manfaatkan tagar (hastag)

Di Instagram, tagar atau hastag merupakan hal yang sangat berpengaruh. Ketika pengguna Instagram ingin mencari tahu tentang suatu hal, mereka akan mencarinya lewat tagar. Untuk itu, jangan lupa ketikkan tagar yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Manfaatkan adanya fitur tagar ini dengan sebaik-baiknya. Tagar yang sedikit banyak juga tidak masalah, kok, RulaWoman!

6. Jangan ragu untuk memberi diskon!

Gimana sih caranya biar pembeli betah dan kembali lagi untuk belanja di toko kita? Salah satunya adalah dengan menjadi seller yang royal dan tidak segan memberikan diskon. Meski kecil, namun jika dilakukan berkala, itu akan menjadi sebuah nilai lebih yang diingat oleh pelangganmu. Apalagi jika kamu memberinya surprise discount, yaitu potongan harga yang tidak kamu beritahukan sebelumnya, wah kebayang dong gimana senangnya mereka? Hihi.

Photo Credit: vapourtine

7. Ramahlah kepada pembeli

Pembeli adalah raja, ungkapan itulah yang seringkali kita dengar. Terkadang pembeli tidak perlu diladeni benar-benar seperti raja, kok, RulaWoman. Para pembeli atau pelanggan kadang hanya ingin kamu bersikap ramah dan menjawab pertanyaan/merespon keluhan mereka dengan baik. Karena jelas nggak akan ada pelanggan yang betah kalau seller shop-nya judes! Iya, kan?

8. Minta testimoni pembeli

Setelah seseorang belanja di tokomu, ucapkan terima kasih dan jangan lupa mengingatkan mereka untuk memberikan testimoni jika berkenan –saat barang telah mereka terima dengan baik. Biasanya, buyer akan nge-tag akunmu juga, atau minimal mention kamu ketika mereka sudah menerima paket dan mencobanya sendiri. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi tokomu, sebab dengan begitu tokomu akan dianggap sebagai toko yang trusted di mata calon pembeli lainnya!

Photo Credit: maximize social business

9. Usahakan untuk selalu fast response

Pembeli itu kadang nggak sabaran, memang. Apalagi saat mereka benar-benar butuh barangnya dikirim dalam waktu dekat. Siapa tahu mereka memang sangat butuh dan ingin menggunakannya segera. Nah, jika kamu sudah mencantumkan kontak di profil, maka usahakanlah bahwa kontak tersebut aktif selalu dan kamu memberikan fast response kepada tiap pelanggan yang menanyakan suatu hal terkait produk.


Selain itu, usahakan untuk tidak mengganti ID atau nama toko jika tidak terpaksa, RulaWoman. Sebab ini berhubungan dengan branding. Ketika pelanggan sudah mengenal nama tokomu dengan baik, akan aneh rasanya jika mereka melihat nama-nama toko yang tidak dikenal seliweran di beranda Instagram mereka! Dan saya pula testimoni yang sudah susah payah kamu kumpulkan melalui nama tokomu tersebut, jika mendadak kamu malah berpikir untuk menggantinya dengan nama baru! Nah, ternyata tidak terlalu sulit, kan, RulaWoman? Jika kamu tekun dan rajin berusaha, bukan tidak mungkin bahwa bisnis online-mu akan berkembang dengan baik! Goodluck!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berbisnis Via Instagram? Inilah 9 Hal Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Agar Kamu Bisa Mendapatkan Banyak Pelanggan Via Instagram". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar