2K
Yaps! Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan beragamnya media yang tersebar, berita apapun dengan mudah dapat Rula Woman akses tanpa perlu takut tertinggal atau kurang up to date. Tetapi, dengan banyaknya berita yang tersebar, Rula Woman harus lebih teliti lagi dalam membaca setiap berita itu. Yuk, intip 7 fakta menarik tentang berita hoax yang harus banget diketahui oleh RulaWoman!

Sumber Foto: Milik Pribadi

1. Sebenarnya Berita Hoax itu Apa Sih?

Menurut hasil observasi terhadap 100 responden, 30.8% pembaca mengartikan berita hoax sebagai berita yang berisi kebohongan. Hasil observasi selanjtnya, posisi kedua, para pembaca mengartikan berita hoax sebagai berita yang tidak benar dan menyimpang. Terakhir, para pembaca juga menyatakan bahwa berita hoax adalah berita yang menyimpang dan belum jelas kebenarannya. Oleh sebab itu, para pembaca menjerumuskan berita hoax bersifat negatif. Kalau di mata RulaWoman sendiri, berita hoax itu apa sih?

Sumber Foto: Milik Pribadi

2. Media Penyebaran Berita

Ternayata, berbagai media yang tersebar luas di masyarakat telah dijadikan sebagai alat penyebaran berita hoax loh, RulaWoman. Posisi pertama ditempati oleh media online, posisi kedua oleh televisi dan yang terakhir ialah koran. Kabar baiknya, menurut hasil observasi yang telah dilakukan, para pembaca berita tidak langsung 100 persen percaya dengan berita yang beredar dan yang hebatnya pula, para pembaca masih tetap menelusuri kebenaran dari berita tersebut. 4 Jempol deh buat para pembaca pintaaar!

Sumber Foto: Milik Pribadi

3. Tanggapan Pembaca terhadap Berita

Biasanya, setelah memperoleh berita baru, 34.1% pembaca secara langsung membaca berita dengan judul yang sama dari portal media yang berbeda. Mereka ingin memastikan apakah berita tersebut layak untuk diperbincangkan. Mereka juga menanggapi berita tersebut menarik dan informatif, walaupun ada sebagian yang biasa saja dan merasa bingung dengan berita tersebut. 10.6% pembaca menanggapi bahwa berita tersebut subjektif dan provokatif yang dibuat untuk kepentingan terselubung. Menarik sekali bukan, RulaWoman?

Sumber Foto: Milik Pribadi

4. Kebenaran Berita yang Sebenarnya

Setelah membaca berita secara berulang-ulang, para pembaca langsung mencari kebenaran dan berita yang ada. Mereka melakukannya dengan berbagai cara, antara lain diskusi mengenai berita yang ada untuk memastikannya, dan biasanya menjadi bahan pembicaraan pada saat hang out dengan teman. Banyak dari para pembaca langsung percaya dan menerima informasi maupun berita yang ada. Dengan mempercayai dan menerima secara langsung RulaWoman harus lebih berhati-hati akan kebenarannya.

Sumber foto: https://www.flickr.com

5. Kemajuan Teknologi = Berita Hoax, Bener Nggak Sih, Rula Woman?

Semakin bertambah tahun, semakin canggih pula teknologi yang ada. Semakin canggihnya teknologi juga berdampak pada penyebaran berita juga loh, RulaWoman. Semakin canggih dan semakin maju teknologi, semakin mudah bagi kamu dalam mengakses berita-berita terkini, ini mengakibatkan kamu sebagai pembaca berita semakin melek terhadap berita-berita terkini. Tetapi kamu juga tetap harus waspada, karena semakin banyak berita yang simpang siur. Tips nya nih, RulaWoman, tetap terus membaca berita yang terkait dengan topik tersebut, supaya nggak jauh dari kebenaran.

Sumber Foto: Milik Pribadi

6. Berita Hoax sebagai Trend ?!

Ternyata berita hoax bisa jadi sebuah trend juga loh, RulaWoman. Tetapi santai saja, Rula Woman, 53,1% pembaca berita menyatakan ini bukan sebuah trend kok, karena berita hoax termasuk pembohongan publik. Ada juga pembaca berita yang menyatakan bahwa berita hoax sebagai sebuah trend, karena terlalu mudahnya masyarakat percaya pada berita yang tersebar.

Sumber Foto: Milik Pribadi

7. Berita Hoax yang Menguntungkan Pihak Tertentu

Menurut hasil penelitian, 85.8% pembaca menyatakan bahwa berita hoax dapat menguntungkan pihak tertentu saja. Biasanya, oknum tersebut ingin menutupi berita dengan menimbalinya dengan berita hoax demi mendapatkan keuntungan materiil, yaitu komisi. Tetapi 14.2% pembaca masih mengatakan bahwa berita hoax tidak menguntungkan pihak tertentu, karena berita yang disebar merupakan berita hoax yang pastinya akan merugikan semua pihak.

Nah RulaWoman, cerdas dulu bersikap dan membaca ya sebelum kamu tanpa sengaja membantu penyebaran berita hoax.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berita Hoax? Menguntungkan atau Merugikan? Intip 7 Fakta Menarik Tentang Berita Hoax yang Harus Rula Woman Ketahui!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Farah Refina Hidayati | @farahee

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar