1K
Dari sekian banyak persiapan pernikahan, biaya alias budget pernikahan merupakan faktor utama yang jadi kendala, mengingat setiap keluarga punya keinginan masing-masing yang ingin diwujudkan.
Photo credit: pinterest.com

Pernikahan menjadi sebuah momen istimewa, yang mana persiapannya memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya. Dari sekian banyak persiapan pernikahan, biaya alias budget pernikahan merupakan faktor utama yang jadi kendala, mengingat setiap keluarga punya keinginan masing-masing yang ingin diwujudkan. Bahkan seringkali biaya pernikahan yang cenderung “dipaksakan” membawa masalah di kemudian hari. Apalagi kalau bukan menumpuk utang. Jangankan untuk membeli rumah, keperluan bulan madu pun harus ditunda atau dilaksanakan ala kadarnya, karena budget terkuras untuk resepsi. Buat kamu yang bingung karena budget resepsi terbatas, berikut 8 tips hemat yang bisa kamu coba agar kantong tetap aman dan kamu masih bisa liburan berdua setelah menikah.

1. Hilangkan rasa “nggak enakan”, lalu sortir jumlah tamu

Salah satu hal yang membuat budget kamu membengkak adalah jumlah tamu. Dengan mengurangi 50 orang tamu, maka kamu menghemat konsumsi sejumlah 100 porsi. Coba hitung jika biaya konsumsi sebesar 100 ribu per porsi. Hilangkan rasa sungkan dan nggak enak untuk melakukan seleksi siapa saja yang kamu undang untuk bisa hadir di hari istimewa RulaWoman. Ingat, orang lain bebas berkomentar dan memberi masukan, tapi keputusan mutlak ada di tanganmu.

2. Kerahkan keluarga, teman, dan kerabat yang “berbakat”

Untuk menghemat anggaran sewa-menyewa jasa profesional, kerahkan keluarga, teman, dan kerabat. Untuk jasa fotografer atau untuk dekor ruangan. Selain lebih murah dari segi biaya, hubungan kamu pun akan semakin dekat. Bahkan jika kamu punya waktu luang yang cukup, kamu bisa ikut serta dalam persiapannya, urusan dekorasi misalnya. Ditambah banyaknya ide pernikahan dari Instagram atau YouTube tentu sedikit banyak akan membantu kamu berhemat.

3. Sewa gedung saat weekdays

Photo credit: pinterest.

Biaya sewa gedung saat weekend tentu lebih mahal dibandingkan hari biasa, mengingat tingginya permintaan ketika weekend. Untuk itu jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan hari kerja sebagai hari resepsi kamu untuk menghemat biaya sewa gedung.

4. Gaun pengantin kamu hanya akan digunakan saat hari-H, berpikirlah rasional

Tak masalah memang menggunakan jasa perancang busana ternama untuk hari spesial RulaWoman. Yang jadi masalah adalah ketika budget kamu pas-pasan, tapi gengsi setinggi langit. Gaun pernikahan kamu hanya akan digunakan saat hari-H saja, jadi sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

5. Biaya cetak undangan itu tidak murah, gunakan fasilitas paperless

Photo credit: thehendricksphoto

Alokasi dana lain yang bisa kamu pangkas adalah biaya cetak undangan. Kamu bisa menggunakan fasilitas paperless, melalui e-mail atau WhatsApp misalnya. Apalagi saat ini hampir setiap orang bisa menjangkau internet dengan sangat mudah.

6. Katering pernikahan adalah hal yang sangat krusial dalam pernikahan

Hidangan yang lezat akan jadi pujian, tapi hidangan yang tidak enak atau porsi yang kurang akan jadi bahan perbincangan dan diingat orang.

Makanan menjadi hal yang penting dalam sebuah acara resepsi pernikahan. Untuk itu, persiapkan dengan baik agar tak mengecewakan banyak orang. Mengingat biaya katering yang semakin mahal, kamu bisa mengerahkan keluarga atau kerabat yang berpengalaman untuk masak-memasak. Porsi yang didapat akan lebih banyak, harga lebih murah, dan rasa tak kalah enak asalkan kamu memilih orang yang tepat.

7. Keperluan seragam yang sebenarnya tidak wajib bisa membuat budget pernikahan membengkak

Adanya “kewajiban” untuk memakai pakaian yang sama membuat RulaWoman dan pasangan harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli kain yang jumlahnya tidak sedikit. Untuk memangkasnya, kamu bisa menyewa baju jadi dalam jumlah besar atau tidak menggunakannya sama sekali.

8. Ada kalanya kamu harus memilih, pesta kecil yang berkesan atau pesta besar yang ala kadarnya

Photo credit: thehendricksphoto

Ketika kamu punya uang lebih, pilihan menjadi tidak terbatas. Tapi lain halnya saat budget kamu terbatas, kamu hanya punya 2 pilihan, menyelenggarakan pesta kecil sesuai impian kamu atau pesta besar yang “ala kadarnya”. Keputusan ada di tanganmu dan pasangan, karena pada akhirnya kalian yang menjalani dan juga menanggung biayanya.

BACA JUGA


Bikin Mantanmu Iri! Inilah 6 Lokasi Favorit dan Romantis di Bali untuk Foto Prewedding

Bikin Mantanmu Iri! Inilah 6 Lokasi Favorit dan Romantis di Bali untuk Foto Prewedding

Kamu yang segera menikah pasti tak ketinggalan membuat foto prewedding. Sudah tahu 5 lokasi favorit dan romantis di Bali ini

Read more..

Bagaimana RulaWoman? Semoga bermanfaat ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bingung dengan Budget yang Mepet? Berikut 8 Tips Jitu Nikah Hemat Biaya yang Bisa Kamu Coba". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar