628
Artikel ini semoga dapat menjawab pertanyaan kamu seperti "setelah wisuda, harus ngapain, nih?"

Setelah lulus, kamu pasti merasa tidak siap memasuki kehidupan dewasa sesungguhnya. Kamu mulai dituntut untuk lebih mandiri dan serius. Apalagi tuntutan untuk segera mencari kerja yang memiliki penghasilan yang mapan. Namun padahal dalam hati, kamu nggak tahu harus memulainya dari mana.

Nah RulaWoman, jangan panik dulu. Berikut ini lima tahap persiapan mental kamu setelah lulus kuliah.

1. Ambisius boleh, tapi rilex sejenak dulu, RulaWoman

Setelah berjuang sekuat tenaga melewati proses pembuatan skripsi dan tugas akhir, berikan pikiran dan tubuhmu untuk istirahat sejenak dulu, RulaWoman. Berikan juga waktu kepada teman, pacar, dan keluargamu yang selama ini kamu tidak hiraukan karena kamu sibuk untuk urus kelulusan kamu. Kamu buth istirahat, untuk mengusung kembali energi kamu melewati masa-masa mencari pekerjaan nantinya. Relax, RulaWoman. Isi energimu dengan libur dulu sejenak ya.

2. Tentukan target realistis dan impulsifmu dari sekarang

Kamu sudah harus mulai membuat agenda kemana kamu akan membawa dirimu dalam 5 tahun dan 10 tahun ke depan. Pertama, kamu harus mempersiapkan target realistis, target yang setidaknya dapat kamu jalani dalam jangka waktu dekat. Misalnya dalam mencari pekerjaan, dan jangan terlalu expect mendapatkan gaji langsung di atas 20 juta atau posisi manager ketika kamu baru lulus satu bulan.

Ada banyak fresh graduate yang terlalu idealistis hingga memilih untuk menganggur dalam waktu yang lama. Setidaknya, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang mampu menghidupi kebutuhan harian kamu. Ini bukan hanya buat kamu loh, RulaWoman, tapi juga buat orang tua kamu.

Selanjutnya, target impulsif, target yang sesungguhnya sangat kamu inginkan namun kamu rasa mustahil. Misalnya, kamu ingin menjadi influencer bidang make up di media sosial. Kamu bisa mulai mencicil mimpi tersebut dari sekarang, dari belajar praktikal seperti tutorial make up dan belajar membangun konten yang menarik di media sosial.

3. Cari inspirasi dan perluas koneksi

Source: Alamedans

Saatnya mencari inspirasi dengan mengeksplorasi diri sendiri, seperti baca buku, nonton TED Talks, ikut kegiatan volunteer atau workshop, atau berliburan beberapa minggu ke pulau antar pulau dan ke luar negeri. Selain itu, perluas koneksimu dengan banyak bergaul dengan orang-orang lain atau ikut event tertentu. Inspirasi atau kesempatan juga bisa diperoleh dari koneksi, lho. Siapa tahu, orang yang kamu kenal di acara workshop bisa memberikan awal karir kamu.

4. Jangan pernah iri dan tetap percaya diri

Terkadang saat mau lulus, kamu pasti iri dan pesimis dengan IPK atau prestasi dan pengalaman kamu selama di kampus. Apalagi di zaman sekarang, para RulaWoman pasti suka kepoin para selebgram sambil berpikir, "hmm enak ya jadi mereka...". Padahal kamu nggak tahu 'kan struggle yang mereka lewati?

Hal-hal tersebut harus dihindari, RulaWoman. Sebaliknya, jadikan hal ini sebagai motivasi. Coba kamu ikuti juga langkah-langkah awal mereka, entah selebgram ataupun tokoh lain yang kamu minati. Pasti ada yang memulai dari titik yang sama seperti kamu saat ini. Kalimat 'telat untuk memulai' yang selama ini menjadi alasan iri dan pesimis kamu dapat dikalahkan dengan kata 'niat', kok. Trust me!

5. Last but not least, berdoa

Karena apapun rencana yang kita persiapkan, semua akan kembali kepada jalan-Nya. Selain itu menurut pengalaman pribadi, berdoa juga dapat membuat diri menjadi lebih tenang, percaya diri dan tentunya menjadi semangat! Tuhan selalu memberikan apa yang terbaik untuk kamu. Tapi kamu harus memintanya terlebih dahulu. Maka dari itu berdoalah, dan percaya kalau semua akan terjadi dengan sempurna pada waktunya.

Kamu mungkin akan melewati masa-masa yang sulit dan membuat kamu putus asa. Tetaplah berdoa RulaWoman. Ingat saja satu hal, kalau kamu mendapatkan segala sesuatunya dengan mudah, apa kamu akan bersyukur? Tuhan pasti mendengar doamu, dan jangan pernah berhenti percaya kalau semua akan berakhir sempurna, karena pasti yang terbaik hanya untuk kamu.

Semoga bermanfaat RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bingung Harus Apa Setelah Lulus Kuliah? Jangan Panik Dulu, Simak Lima Tahap Persiapan Mental Yang Perlu Kamu Ikuti Setelah Lulus Kuliah". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Catharine Silitonga | @kathchelsea

Political science undergraduate. I also sell stuff here @graziebox @thebadgyalstore

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar