2.1K
Bosan dan pengin jalan-jalan? Nggak perlu jauh dan mahal, traveling ke tempat-tempat terdekat dengan budget murah meriah pun bisa kamu coba!

Rutinitas Ibukota kadang membuatmu jenuh, RulaWoman? Berangkat bekerja di pagi hari dan baru pulang menjelang malam barangkali membuat kamu sesekali ingin menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota besar, tapi terkadang waktu dan dana yang membatasi keinginanmu. Nah, nggak perlu khawatir, RulaWoman, sebab ternyata ada banyak destinasi seru dan cantik seputaran Jawa Barat yang bisa jadi alternatif pilihan untuk berlibur di akhir pekan. Bahkan beberapa di antaranya bisa kamu datangi hanya dengan menghabiskan waktu seharian penuh saja! Dengan begitu, selain menekan biaya perjalanan, kamu juga tidak perlu pusing lagi dalam mengatur waktu liburanmu.

Di mana saja ya, destinasi tersebut?

Psstt, inilah 7 di antaranya!


1. Taman Bunga Nusantara, Cipanas

Photo Credit: febriaming.blogspot

Taman Bunga Nusantara berlokasi di sekitar Kebun Teh Bogor dan Gunung Gede Pangrango, RulaWoman. Dengan luas 23 hektar, dijamin kamu akan puas banget deh menjelajahi keindahan taman ini! Untuk mencapainya, kamu hanya perlu melakukan perjalanan sekitar 2 atau 3 jam dari ibukota. Tiket masuknya pun masih terjangkau di kantong yaitu antara Rp 30.000,- hingga Rp 40.000,- saja. Taman ini jarang sepi pengunjung, bahkan di akhir pekan atau libur nasional. Jika kamu membawa anak atau adik yang masih kecil, kamu bisa juga mengajak mereka keliling taman dengan Dotto Train atau Garden Tram. Selain itu, kamu tidak perlu takut lapar atau kehausan selama berada di taman, sebab di dalamnya ada kafe dan restoran yang bisa jadi pilihan asyik untuk makan siang bersama keluarga dan teman-teman. Selain untuk tempat wisata, taman cantik ini juga kerap digunakan untuk tempat prewedding, lho!

2. Gunung Padang Megalithic Site, Cianjur

Photo Credit: karienass.

Bagi kamu yang suka wisata sejarah, Gunung Padang Megalithic Site adalah salah satu peninggalan purbakala dari kebudayaan Megalitikum berupa bangunan punden berundak. Situs ini berada di area seluas 3 hektar, cukup luas untuk ukuran bangunan sejenis di Asia Tenggara, RulaWoman! Untuk mencapai kawasan puncak Gunung Padang Megalithic Site, kamu bisa berjalan kaki menaiki anak tangga atau pun menyewa ojek setempat. Biasanya, dibanderol Rp 40.000, per orang untuk naik dan turun lagi, jika kamu memilih berkendara dengan ojek-ojek tersebut. Selain itu, di kawasan ini kamu bisa mendengarkan langsung kisah-kisah menarik dari juru kuncinya, dan pemandangan yang bisa kamu temukan di atas puncaknya nggak akan bikin kamu menyesal sudah menempuh perjalanan ke sana, RulaWoman! Tertarik mencoba?

3. Pantai-pantai di Sukabumi

Photo Credit: ragamtempatwisata

Sukabumi memang satu-satunya daerah dengan wilayah terkecil se-Jawa Barat, tapi kalau kamu jenuh dengan Ancol, pantai-pantai di Sukabumi adalah pilihan menarik. Di antaranya yang paling terkenal adalah Pantai Ujung Genteng dan Pantai Pelabuhan Ratu. Selain itu, Pantai Pelabuhan Ratu juga erat kaitannya dengan mitos penguasa Pantai Selatan yang ceritanya hidup dan turun temurun di Indonesia. Jika kamu menyukai area pantai yang lebih luas, coba mampir ke Ujung Genteng –pantai berpasir putih yang memiliki pesona menarik.

4. Desa Sejuta Batu, Purwakarta

Photo Credit: desawisatasajutabatu blog

Kalau kamu suka wisata yang menantang, Desa Sejuta Batu bisa jadi pilihan tepat, RulaWoman. Tebing yang memacu adrenalin bisa kamu temukan di sini. Desa ini disebut Sejuta Batu karena terdapat banyak batu-batuan alam yang sayang untuk kamu lewatkan. Para pemanjat tebing biasanya enggan melewatkan pesona Desa Sejuta Batu ini, lho, RulaWoman.

5. Situ Patenggang, Ciwidey

Photo Credit: Kompas

Danau yang terletak di sekitar hamparan kebun teh ini memiliki pemandangan asri yang cocok untuk menyegarkan akhir pekanmu, RulaWoman. Harga tiket masuknya pun terjangkau, untuk wisata akhir pekan kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 20.000,- per orangnya. Tak jauh dari kawasan ini, kamu bisa menemukan kawasan wisata Kawah Putih yang terkenal itu, RulaWoman! Biasanya, orang-orang akan mendatangi keduanya sekaligus karena jalurnya searah.

6. Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta

Photo Credit: Website Purwakarta

Pertunjukan air mancur di Sri Baduga bisa kamu nikmati setiap akhir pekan dan ternyata Taman Air Mancur Sri Baduga ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara, lho! Tiap Sabtu malam, kamu bisa menikmati keindahan air mancur tanpa dipungut biaya. Tapi jika kamu ingin menikmati air mancur ini di siang hari, tanpa pertunjukan apa pun, kamu bisa datang mulai pukul 05.00 pagi, girls.

7. Keraton Kasepuhan, Cirebon

Photo Credit: indonesianindustry

Keraton Kasepuhan ini adalah cikal bakal penguasa Islam di tanah Cirebon, RulaWoman. Sebab tempat ini merupakan pusat pemerintahan dari Kesultanan Cirebon. Selain itu, tempat ini cukup bersejarah dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pendatang, hampir di tiap tempat di wilayah ini –seperti pendopo, singgasana raja, ruang tamu, dan lainnya, memiliki makna tertentu. Selain itu, Keraton Kasepuhan juga dilengkapi dengan museum yang memajang benda-benda pusaka dari Kerajaan tersebut. Cirebon bisa kamu jangkau dengan menaiki kereta dari Jakarta, RulaWoman!


Itulah beberapa destinasi dalam negeri yang terdekat dari Jakarta dan nggak kalah menarik dengan destinasi luar, RulaWoman! Traveling termasuk hal yang cukup bermanfaat untuk menyegarkan pikiran dan membuatmu kembali semangat bekerja di awal minggu nanti, lho. Jadi, kamu berencana ke mana akhir minggu ini?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bosan dan Ingin Keluar Sejenak dari Jakarta dengan Budget Murah Meriah? Inilah 7 Destinasi Seru dan Cantik Seputaran Jawa Barat yang Wajib Kamu Kunjungi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar