403
Hijab bukanlah pengganti rambut, tapi untuk melindungi rambut. So, pilih tameng yang baik ya untuk melindungi rambut indahmu

RulaWoman, apakah kamu termasuk yang mengenakan hijab? Bila iya, tentunya kamu sangat memahami kenyaman itu sangat penting dalam berhijab kan? Oleh sebab itu, kamu pasti pilih-pilih kalau akan mengenakan hijab. Bukan hanya modelnya, tapi juga bahannya. Nah oleh sebab itu, kamu harus mengenali bahan hijab kamu ya agar kamu bisa menyesuaikannya dengan kenyaman dan kebutuhan kamu. Ya sudah, langsung dibaca deh artikel di bawah ini.

1. Satin


Satin adalah bahan jilbab yang licin dan umumnya kenampakannya mengkilat. Nah karena bahannya licin, maka untuk menggunakannya kamu harus menggunakan bandana atau ciput ya RulaWoman, agar mudah dipakai. Bahan satin ini memiliki efek mewah karena kemengkilapannya. Oleh sebab itu bahan satin biasa digunakan untuk keperluan acara formal. Bila dipakai untuk sehari-hari, agak kurang nyaman karena bahannya yang tidak menyerap keringat, pun licin jadi kamu akan selalu kerepotan menjaga kenampakannya agar tetap rapi.

2. Katun

Nah kalau katun akan nyaman dipakai karena karakter kainnya yang adem dan menyerap keringat. Umumnya bahan katun digunakan untuk jilbab bergo (jilbab instant), namun ada juga jilbab pashmina atau segi empat yang menggunakan bahan katun. Jilbab dengan jenis bahan ini cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, namun harganya agak lebih mahal karena menilik bahannya yang nyaman dipakai.

3. IMA

Baham selanjutnya adalah IMA. IMA adalah salah satu jenis katun, namun agak lebih tebal dan kaku. Umumnya jilbab dengan jenis bahan ini sering beredar di toko-toko baik yang berbentuk segi empat maupun pashmina. Nah bahan IMA ini cukup tebal, sehingga memiliki dua efek yakni bisa menutupi rambut dengan sempurna namun bisa juga kegerahan. Selain tebal, jilbab dengan bahan IMA juga kaku sehingga tatanannya tidak akan mudah berubah. Sehingga jilbab jenis ini cocok dipakai untuk keperluan sehari-hari, pun untuk acara semi formal.

4. Chiffon

Jilbab dengan bahan chiffon memiliki karakter yang hampir sama dengan satin, yakni licin. Bedanya bahan chiffon tidak memberi efek mengkilap melainkan efek jatuh yang ringan. Umumnya jilbab ini juga dipakai di acara resmi karena karakternya yang licin, ringan dan cukup tembus pandang, kurang cocok bila digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, bahan chiffon umumnya digunakan untuk jilbab instant seperti pashmina instant, meski ada juga yang digunakan sebagai bahan jilbab segi empat, pashmina dan jenis bergo.

5. Ceruti

Bahan jenis ini umumnya dipakai sebagai bahan jilbab pashmina baik yang instant maupun tidak. Bahan ceruti memiliki karakterk agak elastis dan permukaannya berkerut seperti kulit jeruk. Jilbab dengan bahan ceruti dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun acara semi formal.

BACA JUGA


Rina Nose Lepas Hijab! Begini Langkah Bijak Menerima Perubahan Seorang Teman Agar Tidak Berujung Pada Permusuhan

Rina Nose Lepas Hijab! Begini Langkah Bijak Menerima Perubahan Seorang Teman Agar Tidak Berujung Pada Permusuhan

Perubahan drastis seorang teman, seperti yang dialami oleh Rina Nose, mungkin membuatmu kecewa berat. Supaya kekecewaanmu mereda dan ...

Read more..

Nah itu dia RulaWoman, beberapa jenis bahan jilbab yang umum digunakan. Kalau kamu nyaman pakai yang mana RulaWoman?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Buat Kamu yang Berhijab, Pilihan Bahan Hijab Kamu Sangat Mempengaruhi Kenyamanan, Loh! Yuk Kenali Bahan Hijabmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar