4.6K
Tujuannya adalah menjadi kaya, bukan terlihat kaya. Dan kalau kamu seseorang yang boros, ada loh cara ampuhnya agar kamu juga bisa cepat kaya.

Kaya itu relatif. Ada yang beranggapan kaya itu berarti serba berkecukupan. Yang lain menganggap kaya itu bisa pergi ke manapun tanpa pusing memikirkan isi kantong. Apapun definisi kaya, yang jelas kaya selalu mengarah pada satu hal, jadi lebih sejahtera dan kondisi keuangan yang prima.

Buat kamu yang boros, kadang hidup berkecukupan hanya keinginan semata. Bagaimana tidak, belum habis bulan saja, isi dompet sudah menipis.

Nah RulaWoman, berikut 5 cara ampuh yang bisa kamu coba untuk bisa membuat pundi-pundi kamu bertambah dengan cepat.

1. Ganti mata uang kamu

photo credit: Wylie News

Setelah terima gaji, alokasikan sebagian uangmu untuk ditukar dengan mata uang asing. Dengan demikian kamu akan berpikir ulang saat ingin memakai uangmu untuku berbelanja, karena kamu harus menukarkannya dahulu dalam bentuk rupiah.

2. Paksa dirimu dengan sistem autodebet rekening

Buat kamu yang gajinya selalu habis tak bersisa, sistem autodebet rekening ini patut kamu coba. Kamu akan “dipaksa” untuk menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk ditabung, atau membayar tagihan-tagihan rutin secara langsung. Perlahan tapi pasti kamu-pun akan punya simpanan yang tak bisa kamu ambil seenaknya.

3. Beli emas

Kini emas menjadi andalan banyak orang untuk berinvestasi. Untuk kamu yang baru mulai bekerja, kamu bisa membeli emas langsung atau melalui program tabungan emas yang disediakan oleh bank dan pegadaian. Melalui program tersebut, setelah uangmu terkumpul, kamu akan mendapatkan emas yang bisa jadi asset investasi untuk jangka menengah, lima tahun misalnya. Harga emas yang terus naik tentu akan sejalan dengan jumlah kekayaan RulaWoman.

4. Coba menabung saham yuk!

photo credit: Financial - MNC Securities

Banyak orang beranggapan main saham itu menakutkan dan penuh resiko. Padahal jika kamu tahu ilmunya, menabung saham memberi keuntungan yang lumayan loh RulaWoman. Tak perlu dana besar, hanya dengan Rp 200.000 saja kamu sudah bisa membeli saham. Atau buat kamu yang tak mau ambil resiko, kamu bisa mencoba reksadana sebagai instrument investasi. Kamu bisa membelinya di bank-bank yang bertugas sebagai agen penjual reksadana.

5. Jadilah sekreatif mungkin

photo credit: Getty Images

Cara lain untuk menjadi kaya adalah jadi kreatif. Buat kamu yang suka jalan-jalan, perluas network dan pengalaman. Temukan peluang apa yang tersembunyi di sana, di mana peluang itu bisa jadi sumber pendapatan kamu. Atau kamu yang suka dengan dunia digital dan fotografi, dan mungkin sebagian besar uangmu kamu alokasikan untuk hobi yang satu ini, coba bagikan karyamu, lewat Youtube misal. Buat blog dan sebarkan di sosial media. Siapa tahu, suatu hari kamu akan tertangkap oleh seseorang yang melihat kebisaan kamu dan akan memakai jasamu untuk kebutuhannya.

Jaman sekarang orang muda juga bisa berjaya. Bukan karena mereka lebih pintar atau lebih pengalaman, tapi karena mereka mampu melihat sesuatu yang tak dilihat oleh orang lain.

Bagaimana RulaWoman? Selamat mencoba ya.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Buat Kamu yang Boros, Berikut 5 Cara Ampuh Untuk Bisa Cepat Kaya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar