3K
Gengsi jadi alasan orang enggan minta maaf. Padahal kalau kamu melakukannya, kualitas berikut ini dipastikan ada pada diri kamu.
photo credit: Revise Labs Blog

Gengsi dan harga diri seringkali jadi alasan mengapa orang merasa enggan untuk minta maaf duluan. Ada juga yang beranggapan pihak yang minta maaf duluan adalah yang salah. Padahal minta maaf bukan soal benar atau salah. Berikut 5 kualitas pribadi yang ada pada diri RulaWoman jika kamu bersedia minta maaf duluan.

1. Bukan soal siapa yang benar atau salah, bersedia minta maaf menandakan kalau kamu berbesar hati

Minta maaf memang bukan perkara mudah. Bersedia mengakui kesalahan, menunjukkan adanya tanggung jawab dan kesediaan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Keberanian minta maaf meski sebenarnya tidak berbuat salah menunjukkan kalau kamu orang yang berbesar hati.

2. Minta maaf adalah upaya untuk memperbaiki dan mempertahankan hubungan

photo credit: The Odyssey Online
Mengalah bukan berarti kalah.

Tentu hubungan apapun akan memanas dan menjadi renggang karena adanya konflik dan pertengkaran. Kesediaan untuk meminta maaf duluan akan membantu memulihkan hubungan.

3. Minta maaf duluan berarti kamu mampu mengendalikan ego yang kamu punya

photo credit: The Odyssey Online
Musuh yang paling sulit dikalahkan adalah diri sendiri.

Tanpa memandang siapa benar dan siapa yang salah, kamu pun bersedia untuk meminta maaf duluan. Musuh yang paling sulit dikalahkan adalah diri sendiri. Dengan kesediaan kamu untuk mengakui kesalahan, berarti kamu berhasil mengalahkan ego yang kamu miliki.

4. Kesediaan minta maaf menggambarkan ketulusan

photo credit: Seduce With Personality

Bersedia mengalah agar keadaan membaik menunjukkan adanya sikap yang tulus dan jauh dari kepura-puraan. Selain itu, kesabaran kamu juga patut diacungi jempol.

5. Kedewasaan

Bersedia untuk minta maaf duluan adalah salah satu bentuk sikap yang dewasa. Kamu mampu untuk mengendalikan emosi, sehingga amarahmu tak meledak-ledak, tapi justru bisa mengambil jalan tengah agar situasi lebih kondusif.

Kata “maaf” memang terlihat sederhana dan sebuah kata “maaf” memang tak menjamin masalah bisa selesai. Tapi dengan kesediaan untuk minta maaf berarti ada upaya untuk memperbaiki keadaan.

Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bukan Soal Benar dan Salah, Berikut 5 Kualitas yang Ada Pada Dirimu Saat Kamu Bersedia Minta Maaf Duluan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rahajeng | @rahajengkurniawati

Life is a pleasure when we share it.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar