912
Mulai dari kebaya, beskap, batik, kain songket, sampai riasan rambut dan wajah yang khas Indonesia, inilah busana pengantin putra dan putri presiden RI dari masa ke masa.

Bulan ini Presiden Jokowi punya hajat besar menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu. Pernikahan yang dihadiri para kerabat, pejabat negara, selebriti, sampai sahabat kedua mempelai ini mengundang minat para wartawan dan reporter, baik lokal maupun internasional, untuk liputannya.

Sebagai representasi sebuah negara, pernikahan anak presiden jelas mendapat sorotan dunia. Pernikahan merupakan momen sakral yang mencerminkan seperti apa passion, kepribadian, sampai asal-usul dan kebudayaan sang mempelai beserta keluarganya. Termasuk di dalamnya adalah busana pengantin. Saat sang pengantin mengenakan busana tradisional dari daerah masing-masing, maka secara tidak langsung mereka juga memperlihatkan kebudayaan Indonesia kepada dunia.

Nah, Presiden Jokowi bukan satu-satunya yang menggelar pernikahan sang anak saat menjabat sebagai kepala negara. Yuk, cek sama-sama busana pengantin tradisional anak presiden RI dari masa ke masa berikut ini.

1. Megawati Soekarno Putri dan Taufik Kiemas

Image source: Twitter/imanbr

Busana yang dipakai kedua mempelai ini memang sederhana, namun mengungkapkan banyak identitas bangsa. Mulai dari kebaya tanpa banyak aksen yang dikenakan putri Presiden Soekarno, Megawati, sampai riasan sanggulnya yang sederhana merupakan ciri khas masyarakat Jawa pada masa dulu. Uniknya lagi, kebaya ini tidak dipadu dengan batik melainkan kain songket halus yang mengkilap, menambah anggun sang mempelai perempuan. Adapun sang suami, Taufik Kiemas memakai sarung dan kopiah khas orang Indonesia.

2. Guruh Soekarno Putra dan Guseynova Sabina Padmavati

Image source: Twitter/imanbr

Tampak putra Presiden Soekarno ini mengenakan beskap terbuka di atas kemeja putih yang dipadu dengan bawahan batik. Sementara itu, Guseynova yang berwajah bule makin tampak anggun dengan kebaya motif bernuansa merah dan riasan serta sanggul yang penuh hiasan aksesori serta bunga melati.

3. Tommy Soeharto dan Ardhia Pramesti Regita Cahyani

Image source: Twitter/imanbr

Saat putra Presiden Soeharoto, Tommy, menikahi Tata, ia memakai busana dodotan alias kemben kain batik yang langsung dibalutkan ke tubuh. Demikian pula dengan Tata yang penampilannya dilengkapi dengan riasan khas pengantin Jawa lengkap bersama bunga-bunga melati. Busana tradisional yang ini lekat dengan kesan megah raja dan ratu berkat lilitan di pinggul yang mengembang dengan indah.

4. Puan Maharani dan Hapsoro Sukmonohadi

Image source: Twitter/imanbr

Putri Presiden Megawati Soekarno Putri ini memakai kebaya bernuansa kuning pada hari pernikahannya. Warnanya yang terang, semakin mencerahkan senyum kebahagiaan mempelai beserta keluarganya. Dan lagi-lagi bunga melati tak luput dari riasan, bunga ini memang salah satu bunga nasional yang dibanggakan Indonesia.

5. Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan

Image source: Instagram/agusyudhoyono & IDN Times

Pasangan yang ini serasi memakai busana berwarna putih yang melambangkan kesucian pada hari pernikahannya. Selain itu, putra sulung dari Presiden SBY ini juga menjalani prosesi pedang pora sehingga ia pun mengenakan atribut militer Indonesia. Sementara Annisa Pohan tetap terlihat anggun dengan kebaya hijau dan riasan khas pengantin Jawa yang bercahaya.

6. Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Radjasa

Image source: One Thousand Loves & Forum Detik

Terdapat dua budaya yang bertemu pada pernikahan putra bungsu Presiden SBY ini. Alhasil, Ibas dan Aliya mengenakan busana adat Jawa dan Palembang secara bergantian. Kedua busana ini tampak serasi berkat pemilihan warna yang senada yaitu merah sebagai kebaya maupun kain songketnya. Masih ditambah lagi aksesori, riasan wajah, hiasan kepala, serta penutup kepala bagi kedua mempelai ini juga mencerminkan latar belakang budaya masing-masing. Keduanya sama-sama apik bersanding di pelaminan, menunjukkan bhinneka tunggal ika yang nyata.

7. Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

Image source: Antara & Bintang

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran, mengenakan beskap putih dengan dasi kupu-kupu ketika menikahi Selvi, membuktikan bahwa budaya tradisional bisa menyatu dengan budaya modern. Warna putih yang senada dengan busana mempelai laki-laki juga diterapkan pada kebaya sang mempelai perempuan. Lalu pada saat resepsi pernikahan, keduanya berganti dengan busana khas pengantin Jawa bernuansa hitam. Bunga melati yang beraroma wangi tentu saja setia menjadi pelengkap riasan wajah sang mempelai perempuan dan Selvi tampak semakin anggun dengan modifikasi ekor panjang pada gaunnya.

8. Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Photo credit: Bridestory/All Seasons Photo

Terakhir, ada putri semata wayang Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang menikah dengan Bobby Nasution. Keduanya baru saja resmi menjadi suami istri pada 8 November kemarin.

Photo credit: Bridestory/All Seasons Photo

Sederhana tapi elegan, Kahiyang memilih busana yang sama untuk akad maupun resepsi yaitu busana pengantin khas Jawa bernuansa hitam. Detail gaun yang hanya sebatas betis, menampakkan kaki yang jenjang. Tentu saja tak ketinggalan riasan khas pengantin Jawa yang bertabur bunga aksesori dan melati.

BACA JUGA


Menebak Tempat Bulan Madu Kahiyang dan Bobby. Nggak Perlu Jauh-jauh, di Indonesia Banyak yang Luar Biasa!

Menebak Tempat Bulan Madu Kahiyang dan Bobby. Nggak Perlu Jauh-jauh, di Indonesia Banyak yang Luar Biasa!

Dari sekian tempat di Indonesia yang jadi favorit pasangan pengantin baru ini, manakah yang menurutmu akan dikunjungi oleh Kahiyang dan ...

Read more..

Mulai dari kebaya, beskap, batik, kain songket, bunga melati sampai riasan rambut dan wajah yang khas Indonesia, putra dan putri presiden RI ini memperkenalkan budaya Indonesia pada dunia dengan cara yang menyenangkan dan apik. Tak lupa, ucapkan selamat untuk Kahiyang dan Bobby atas pernikahannya.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Busana Pengantin Tradisional Anak Presiden dari Masa ke Masa, Tunjukkan Keindahan Budaya Indonesia Pada Dunia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar