1.7K
Seperti kata Maya Angelou, kecemburuan itu seperti garam. Kalau sedikit bisa menambahkan rasa, namun kalau terlalu banyak malah merusak rasa dan bahkan bisa merengut nyawa. Nah, itu berarti kecemburuan tidak selalu buruk, bahkan bisa menambahkan rasa dalam hubunganmu!

Semua perempuan yang pernah menjalin hubungan pasti pernah merasakan cemburu. Emosi ini memang emosi yang normal. Memang rasanya nggak enak, sih, tapi tetap saja kita pasti akan mengalaminya. Apalagi dengan kehadiran media sosial, rasa cemburu ini pasti akan lebih mudah muncul! Tapi ternyata, kecemburuan itu tidak selamanya buruk. Memang kalau terlalu berlebihan bisa membunuh hubunganmu, tapi pengalaman akan kecemburuan ini bisa menguntungkan bagi kalian.

photo credit: lmt-lss

Cemburu adalah sebuah perasaan, bisa jadi sedih atau marah, yang didasari ketakutan akan kehilangan sesuatu yang kita miliki. Seseorang takut kehilangan perhatian, cinta, atau komitmen dari seseorang yang sangat dihargainya. Nah, bagaimana cara kita tahu kecemburuan yang baik dan yang menghancurkan? Hal ini bisa dilihat bagaimana kedua belah pihak menyatakan dan menerima rasa cemburu itu.

Kecemburuan dan keposesifan itu beda-beda tipis, lho! Kecemburuan yang tidak sehat akan berujung kepada ketidakpercayaan, banyaknya tuduhan, perkelahian, kontrol dan bahkan bisa membuat pasangan yang cemburu merasa tidak penting dan tidak berharga untuk pasangannya. Sedangkan cemburu yang baik adalah apabila ada komunikasi di dalamnya. Pasangan yang cemburu bisa memberitahu kepada pasangannya bahwa ia merasa cemburu, dan mereka mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Kecemburuan yang sehat akan membawa hubungan kalian pada keuntungan dan bisa mempererat kepercayaan satu sama lain.

1. Kalian Jadi Lebih Berkomunikasi

photo credit: Paired Life

Hal paling utama yang harus dilakukan ketika cemburu adalah menyampaikannya kepada pasangan. Pasangan yang mengkomunikasikan tentang perasaan cemburunya akan lebih puas dengan hubungan tersebut dibandingkan dengan yang malah menjauh dan diam saja. Kalau diam saja, kemungkinan emosi ini malah akan menumpuk dan menyebabkan penyampaian yang kurang enak ketika nanti dikeluarkan. Sampaikan dengan baik-baik bahwa kamu cemburu dan tidak nyaman dengan perlakuan dia atau orang lain. Nah, apabila pasanganmu yang cemburu, kamu harus menghormati itu. Dengarkan apa yang ia rasakan dan yang ia mau. Dengan begitu kalian berdua bisa menghadapi kecemburuan ini bersama dan mencari solusinya. Hal ini akan membuat hubungan kalian makin rukun.

2. Bukti Bahwa Seseorang Sangat Mencintai dan Komitmen Terhadap Pasangannya

photo credit: Lipstick Alley

Kalau pasanganmu atau kamu tidak pernah cemburu sama sekali sepanjang hubungan kalian, rasanya aneh juga. Hanya orang-orang yang menganggap pasangannya penting dan berharga baginya. Kecemburuan membuktikan bahwa seseorang berkomitmen terhadap pasangannya dan memiliki rasa kepemilikan yang kuat. Jadi, apabila pasanganmu cemburu, itu berarti ia benar-benar sayang kepadamu.

3. Memperbaiki Hal yang Salah Sebelum Menjadi Lebih Besar

photo credit: Let's Mend

Daripada menunggu semuanya menumpuk dan malah menjalar ke mana-mana, lebih baik sampaikan dan selesaikan sekarang. Mungkin hal ini bukan masalah kecemburuan saja, namun pertanda hal-hal yang lebih berbahaya. Cari akar masalah dari kecemburuan itu agar tidak merembet ke hal lain. Selain itu, membiarkan kecemburuan terpendam malah bisa merusak hubungan kalian.

4. Melindungi Hubungan Kalian

photo credit: Framepool

Percayalah pada insting satu sama lain. Apabila kamu merasa perempuan lain seperti ingin mendekati pasanganmu, biasanya kamu benar. Hal itu juga berlaku sebaliknya. Pasanganmu lebih tahu laki-laki daripada kamu, jadi ia pasti tahu ketika mereka menginginkan sesuatu darimu. Jadi percaya saja padanya. Hal ini akan melindungi hubungan kalian dari ancaman-ancaman luar yang tidak diinginkan. Selain itu, apabila kamu atau pasanganmu merasa salah satu dari kalian tidak setia atau selingkuh, 9 dari 10 kali biasanya hal itu benar. Jadi percayalah dengan instingmu.

5. Memotivasi untuk Menjadi Lebih Baik

photo credit: Huffington Post

Bagi yang cemburu dengan pasangannya, kecemburuan bisa mengingatkan dan memotivasi kalian untuk menjadi lebih baik untuk hubungan kalian. Buat kamu yang cemburu, kamu jadi lebih ingin berbuat banyak kepada pasanganmu. Kamu menjadi ingin lebih baik agar pasanganmu tidak berpindah ke lain hati, bukan?

BACA JUGA


Cemburu Tak Selalu Cinta, Berikut 5 Tanda Kalau Kamu Adalah Orang yang Posesif

Cemburu Tak Selalu Cinta, Berikut 5 Tanda Kalau Kamu Adalah Orang yang Posesif

Rasa cemburu selalu dianggap sebagai bentuk cinta. Padahal kenyatannya tak selalu demikian

Read more..

Kecemburuan memang buruk, tapi apabila dilandasi dengan komunikasi dan kepercayaan, malah bisa menguntungkan untuk kalian. Apakah kecemburuan itu baik atau buruk untuk kalian, semua bergantung bagaimana kalian menyikapinya. Kalau kamu cemburu, jangan ragu untuk sampaikan hal tersebut kepada pasanganmu, dan kalau ia yang cemburu, jangan marah! Itu juga tanda bahwa ia sangat menyayangimu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cemburu Tidak Selamanya Buruk! Ternyata Kecemburuan Pada Pasangan Malah Bisa Mempererat Hubungan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Khansa Nadhifa | @khansanadhifa

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar