10.9K
Anak tunggal itu manja, karena selalu bisa mendapatkan apa yang mereka mau! Apa iya RulaWoman?

Kamu anak tunggal, atau pernah mendengar bunyi kalimat di atas, RulaWoman? Bener nggak, sih, anak tunggal itu selalu manja dan banyak maunya? Atau malah ada sisi positif dari anak tunggal yang selama ini tidak banyak diketahui orang lain? Meski terkadang anak tunggal terkesan manja dan egois karena terbiasa sendirian tanpa harus berbagi dengan saudara, tapi ternyata ada beberapa karakter seorang anak tunggal yang cukup baik menurut para ahli, lho. Tapi secara garis besar, kira-kira hal berikut inilah yang mungkin familier dengan kamu sebagai anak tunggal!

Apa saja, ya?

Credit photo: www.pexels.com

1. Anak tunggal sangat menghormati privasi

Karena sedari kecil terbiasa sendiri, anak tunggal umumnya memiliki benda-benda atau hal tertentu untuk dirinya sendiri. Mereka tidak terbiasa berbagi dengan orang lain, apalagi berbagi kamar, sehingga umumnya anak tunggal akan tumbuh menjadi orang yang sangat menjaga privasi pribadi. Mereka tidak terlalu suka membagikan hal-hal rahasia kepada sembarang orang, dan tahu bagaimana cara menghargai privasi orang lain juga!

2. Terbiasa berjuang sendiri, sehingga menjadikan mereka lebih mandiri

Tidak memiliki saudara kandung membuat anak tunggal terbiasa berjuang sendirian selama hidupnya. Hal ini akan menciptakan pribadi yang lebih mandiri dan terlatih untuk tidak bergantung pada siapa-siapa. Mereka akan berusaha mencapai apa yang mereka inginkan meski tanpa bantuan orang lain.

3. Agak keras kepala

Tapi anak tunggal kadang keras kepala, karena mereka terbiasa memiliki satu argument saja dalam hidupnya. Tidak ada kakak atau adik yang mendebat argument mereka selama ini, dan sebuah kebiasaan serupa ini bisa terbawa hingga mereka beranjak dewasa, RulaWoman!

Credit photo: www.pexels.com

4. Punya banyak keinginan

Mereka punya banyak cita-cita yang ingin mereka capai dan umumnya punya prinsip hidup yang kuat. Selain itu, mereka juga akan dewasa dalam berpikir, sehingga bisa menjadi panutan atau teman yang bisa kamu andalkan. Selain itu, mereka juga punya jiwa petualang dan suka jalan-jalan. Hihi.

5. Tidak kekurangan kasih sayang

Anak tunggal tidak pernah kekurangan kasih sayang, sebab kasih sayang dari kedua orangtua selalu tercurah untuk mereka. Dan dengan cara ini, bisa membuat anak lebih dekat dengan orangtuanya, melebihi kedekatan anak-anak yang punya saudara kandung dalam keluarganya.

6. Percaya diri

Dan karena selalu mendapatkan kasih sayang serta perhatian dari orangtuanya, anak tunggal biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi dibanding anak lainnya. Orangtua yang selalu menyemangati bisa mendatangkan dampak positif bagi perkembangan anak ke depannya. Dengan dukungan orangtua, anak-anak akan lebih percaya diri dengan banyak hal yang mereka lakukan atau yang ingin mereka capai.

Credit photo: www.pexels.com

7. Tidak selalu manja

Banyak orang mengatakan bahwa anak tunggal identik dengan manja, sebab mereka bisa mendapatkan apa pun yang mereka inginkan. Tapi sebenarnya semua itu tergantung bagaimana didikan orangtua, RulaWoman. Sebab tidak semua orangtua memanjakan anaknya secara berlebihan. Dan tidak semua anak tunggal adalah anak yang manja. Malah sebaliknya, banyak pula di antara mereka yang lebih kuat ketimbang anak-anak yang hidup bersama saudara, sebab mereka terbiasa memperjuangkan segalanya sendiri.


Nah, itulah beberapa fakta mengenai anak tunggal yang mungkin kamu tidak tahu, namun sering kali terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana pun, didikan orangtua adalah salah satu hal yang paling berperan penting dalam perkembangan anak di masa depan –terlepas dari status sang anak sebagai anak tunggal, atau bukan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cuma Anak Tunggal yang Familier dengan 7 Hal ini! Kamu Salah Satunya, RulaWoman?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar