2.2K
The only way you get that fat off is to eat less and exercise more. - Jack Lalanne

Kamu sering mendengar kutipan serupa kalimat di atas, RulaWoman? Atau mungkin kamu sendiri juga berkeyakinan bahwa satu-satunya cara untuk lebih sehat dan mengurangi berat badan adalah dengan diet atau menahan diri untuk tidak makan di waktu-waktu tertentu? Aktivitas sehari-hari menuntut tubuh kita agar tidak kekurangan energi. Menahan makan dalam waktu lama sementara aktivitas sehari-hari yang berjalan normal, malah bisa membuatmu sakit, RulaWoman. Selain menahan makan dan olahraga yang rutin, sebenarnya ada kok cara lain untuk berdiet. Inilah 5 jenis diet sehat yang bisa membuatmu tetap mengonsumsi makanan, sekaligus menjaga tubuh agar lebih bugar.

Photo Credit: hamilplus.com

1. Diet mayo

Diet mayo adalah diet yang dilakukan dengan tidak mengonsumsi garam pada tiap makanan yang dimakan. Diet jenis ini juga menganjurkan kita untuk minum air putih secara teratur setiap hari, minimal 2 liter per harinya. Jenis-jenis makanan dan minuman yang biasanya dikonsumsi selama masa diet mayo adalah teh/kopi dengan gula putih, telur setengah matang, sayur-sayuran, tomat, dan sebagainya. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, maka diet mayo bisa membuat berat badan turun hingga 8 kg dalam waktu kurang lebih 13 atau 14 hari.

2. Mengganti nasi putih dengan nasi merah

Walau dalam keseharian orang lebih banyak mengonsumsi nasi putih, tapi sejatinya nasi merah atau beras merah memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi. Tekstur beras merah juga tak selembut nasi putih, tapi jika kamu ingin diet dan mengganti nasi putihmu dengan nasi merah maka hal ini juga bisa membantu menurunkan berat badan, RulaWoman. Nasi merah juga boleh dimakan dengan lauk biasa seperti tahu atau tempe, tapi sebaiknya jangan lupa mengonsumsi sayur-sayuran juga.

Photo Credit:hamilplus.com

3. Food Combining

Sederhananya, food combining adalah pengaturan pola makan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika diet mayo dilakukan selama kurang lebih dua minggu, maka food combining biasanya selama 10 hari. Ada banyak sekali contoh menu food combining yang bisa kamu dapatkan di internet, biasanya selain sarapan, makan siang, serta makan malam, ada juga saran untuk mengonsumsi selingan seperti air lemon di pagi hari, dan yoghurt di sore hari.

4. Nasi merah dan dada ayam

Dalam diet jenis ini, kita diperbolehkan untuk makan lebih banyak, RulaWoman! Sebab dalam sehari boleh saja makan hingga 5 sampai 6 kali, tapi jenis makanannya yang harus diperhatikan. Misalnya, untuk nasi hanya boleh makan nasi merah, sedangkan untuk daging dianjurkan untuk mengonsumsi daging ikan atau dada ayam.

Credit Photo: smart--detox.web.id

5. Detoksifikasi

Secara umum, detoks dimaksudkan untuk membersihkan tubuh dari racun-racun yang ada. Biasanya, detoks dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan selama minimal 3 hari. Meski ada juga yang melakukan proses detoks selama dua minggu, tapi biasanya hanya bagi orang-orang yang memiliki penyakit dan ingin menetralkan tubuhnya dari racun atau zat yang tidak diharapkan. Beberapa hal yang bisa dikonsumsi untuk mendukung proses detoks adalah bawang putih, brokoli, dan air lemon.


Itulah beberapa jenis diet yang mungkin bisa kamu coba. Mungkin akan ada yang cocok dan ada juga yang kurang cocok dengan kondisi tubuh dan kebiasaanmu sehari-hari. Tapi pastikan diet yang kamu lakukan tidak menyiksa bagi tubuhmu sendiri, ya, RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Daripada Menahan Lapar, 5 Jenis Gaya Hidup Sehat ini Bisa Kamu Coba untuk Membuat Tubuh Lebih Bugar!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar