3.1K
“Pay attention to your good feelings. No matter how good something looks, if it doesn’t feel right, then walk away...”

Mengadapi batalnya pernikahan memang tidak pernah segampang membalikkan telapak tangan. Berbagai persiapan yang telah diupayakan seolah hanya bualan. Alih-alih bisa lenyap dari kehidupan, justru pertanyaan hingga cibiran memberondong kita yang masih butuh waktu menerima kenyataan.

RulaWoman, seringkali kita berharap sesuatu namun hidup seolah mengajak kita bercanda terlebih dahulu; dikabulkan dengan lancar, dikabulkan dengan melewati bebatuan terjal, atau harus total digagalkan dan putar balik mencari jalan keluar. Depresi, kehilangan, rasa tertolak dan terbuang tentu acap dirasakan RulaWoman yang pernah batal menuju pernikahan. Belum lagi merasa malu sebab undangan terlanjur disebarkan. Wait, jangan buru-buru menyalahkan takdir dan berburuk sangka pada kehendak Tuhan. Bisa jadi, inilah jalan terbaik yang akan memuluskan jalan RulaWoman meraih kesuksesan dan memahami alur kehidupan.

Pernah merasakan demikian? 10 hikmah ini bisa membuat RulaWoman bersyukur karena Tuhan menjauhkan dari pilihan yang salah!


Cerdas membedakan cinta dan memberi kepercayaan

Cerdas Membedakan Cinta Dan Memberi Kepercayaan - Source: www.huffingtonpost.com
Source: www.huffingtonpost.com

Ketika jatuh cinta, semua terasa begitu indah. Otak seolah berhenti bekerja digantikan perasaan yang lebih banyak berkata. Padahal, perasaan jarang objektif dan cenderung impulsif. Buat kamu yang pernah merasakan pedihnya luka, tentu sudah pandai membedakan cinta yang layak dipercaya.


Memantapkan karir

Memantapkan Karir - Source: www.sheknows.com
Source: www.sheknows.com

Tak dapat dipungkiri bahwa menikah adalah tahapan penuh dilema yang mengharuskan RulaWoman memilih antara keluarga atau bekerja. Dengan batalnya pernikahan, anggaplah sebagai ‘tambahan waktu’ bagi RulaWoman untuk memantapkan karir yang lebih maksimal. Buktikan dan tunjukkan bahwa ketangguhanmu pantang diremehkan dan karirmu lebih menjulang.


Memilih jodoh yang benar-benar sesuai, bukan bermodal cinta buta

Memilih Jodoh Yang Benar-benar Sesuai, Bukan Bermodal Cinta Buta - Source: www.pixabay.com
Source: www.pixabay.com

Saat dimabuk asmara, wanita sering terjebak dalam cinta buta. Segala yang terhidang di depan mata nampak sempurna, padahal bisa jadi hanya kamuflase belaka. Batal menikah adalah hikmah bagi RulaWoman agar terhindar dari jodoh yang salah. Pernah berpikir demikian?


Lebih tabah menghadapi tantangan hidup selanjutnya

Lebih Tabah Menghadapi Tantangan Hidup Selanjutnya - Source: www.muscleandfitness.com
Source: www.muscleandfitness.com

Benar kan? Tujuan dari cobaan hidup tak lain adalah membuat kita semakin tangguh menghadapi apa saja, termasuk tantangan hidup selanjutnya. Seorang wanita tegar tidak mudah terpatahkan oleh sebuah permasalahan di saat wanita lain sudah hancur berantakan. Bukankah pengalaman adalah guru paling hebat? 


Mengenali dan menjadi diri sendiri

Mengenali Dan Menjadi Diri Sendiri - Source: www.pinterest.com
Source: www.pinterest.com

Memiliki seseorang yang selalu mendampingi kemana saja kadang membuat kita lebih fokus kepadanya ketimbang mendengarkan hati nurani. Tak jarang kita memanipulasi agar menjadi sosok yang diinginkan olehnya hingga kehilangan jati diri. Maka, berakhirnya hubungan adalah tonggak awal RulaWoman menjadi lebih mandiri, penuh inisiatif, serta mengenali dan menjadi diri sendiri.


Mewujudkan cita-cita yang tertunda

Mewujudkan Cita-cita Yang Tertunda - www.instagram.com/maudyayunda
www.instagram.com/maudyayunda

Adakah di antara RulaWoman yang ingin lanjut S2 tapi terhalang rencana pernikahan? Atau ingin studi ke luar negeri tapi bimbang setelah bertunangan? Sadarkah bahwa Tuhan mengambil salah satu milik kita untuk menggenapkan mimpi kita yang lainnya?


Belajar memaafkan dan tidak egois

Belajar Memaafkan Dan Tidak Egois - Source: www.walldevil.com
Source: www.walldevil.com

Ada banyak orang yang masih sulit memaafkan masa lalunya. Namun bagi RulaWoman yang pernah batal menikah, memaafkan dan mengampuni sudah jadi menu sehari-hari. Bukankah tak ada yang sempurna di dunia ini? Bukankah luka sulit sembuh bila tak diobati sendiri?


Lebih dekat dengan orangtua, lebih banyak waktu untuk mereka

Lebih Dekat Dengan Orangtua, Lebih Banyak Waktu Untuk Mereka - Source: www.themoneypages.com
Source: www.themoneypages.com

Begitulah. Tak jarang keberadaan pasangan justru menjauhkan kita dari orangtua yang kasihnya sepanjang masa. Cheer up! Inilah kesempatan bagi RulaWoman untuk kembali mendekatkan diri pada mereka dan meluangkan banyak waktu bersama mereka.


Berkesempatan menjelajahi tempat-tempat impian

Berkesempatan Menjelajahi Tempat-tempat Impian - Source: www.dailymail.co.uk
Source: www.dailymail.co.uk

Setelah menghadapi masa-masa terberat dalam hidup, tak ada salahnya memberi reward pada diri sendiri yang telah tabah bertahan sejauh ini. Jelajahi tempat-tempat impian yang belum kesampaian, temui banyak orang, nikmati segala sudut yang mampu memberimu banyak pengalaman serta membangun kembali kepercayaanmu pada alur kehidupan. 


Lebih mantap menjalani pernikahan nantinya

Lebih Mantap Menjalani Pernikahan Nantinya - Source: www.huffingtonpost.com
Source: www.huffingtonpost.com

Suatu saat nanti, yakinlah! Akan datang hati yang tak perlu melukai untuk menuju kebahagiaan sejati. Trial and error sudah kamu lewati, kini saatnya menatap masa depan dengan pasti.

Percayalah pada waktu, lebih baik menunggu daripada jatuh karena terburu-buru. Masa lalu adalah pelajaran, masa depan adalah saat untuk menerapkan pelajaran, maka jangan menyerah di tengah perjalanan.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Depresi Karena Batal Menikah? RulaWoman, Inilah 10 Hikmah yang Bisa Dipetik Sesudahnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Puput Palipuring Tyas | @poetsoenarjo

Editor at Zetta Media. Nomadic storyteller based in Bali and East Java. Travel for local food, culture, people, arts, and traditional market.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar